Demam Korea, entah dari film sampai make-up-nya hingga kini masih terasa di Indonesia. Baik K-Pop maupun K-Drama telah setia menjadi ‘sahabat karib’ para anak muda. Ditambah lagi segala khas tentang Korea seperti kuliner dan tempat wisatanya selalu menarik buat dibicarakan. Nggak heran kalau apapun yang terkait dengan Korea ini jadi menarik bagi siapapun termasuk konsep maupun dekorasi rumah yang suka diperlihatkan dalam dramanya.

Mau rumah modern atau tradisional a la Korea, kamu dibuat takjub dengan penataan maupun furniturnya. Nah daripada kamu cuma ngiler melihat drama Korea dari cerita atau para pemerannya, mendingan coba ambil sisi lainnya, yuk. Misalnya saja, sontek seperti apa rumah dalam drama-drama yang suka bikin kamu mupeng. Dan Hipwee Tips udah merangkumnya khusus untukmu!

1. Jika kelak kamu bisa punya rumah sendiri, mulailah dengan cat-cat berwarna kalem seperti putih atau pastel. Simpel, tapi tetap berharga

dimulai dengan cat simpel via idesignarch.com

Bukan cuma tren fashion-nya saja yang didominasi warna natural seperti putih dan hitam. Namun, warna natural ini sering dijadikan sebagai warna utama untuk bangunan rumah. Kamu bisa lihat dalam beberapa drama Korea (Full House dan Secret Garden), hampir seluruh bagian rumah diwarnai dengan warna putih. Kemudian, baru pada beberapa ruangan dicat dengan warna lain. Nah, warna lainnya pun lagi-lagi bukan sembarang warna yang dipakai, tapi tetap warna natural atau minimal warna pastel.

Hal ini dikarenakan konsep rumah Korea selalu mengedepankan ketenangan jiwa yang bisa didapatkan dari warna natural maupun pastel.

2. Meski rumah impian nggak sebesar dalam drama Full House atau Secret Garden yang berjendela besar, cukuplah jendela berukuran sedang agar sirkulasi udara tetap lancar

Advertisement

jendela buat udara via homedesigning.com

jendela buat udara via interiordesign.com

Selain warna natural, rumah a la Korea juga identik dengan penggunaan kaca-kaca berukuran besar. Hal ini baik untuk pergantian sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke dalam rumah.

Walau nggak sebesar dalam drama, paling tidak ukuran jendela rumahmu nanti cukup banyak jumlahnya, atau disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ruangan, ya!

3. Untuk kamar dan ruangan khusus lainnya, kamu tak perlu cat tembok untuk memperindah tampilannya. Yup, cukup wallpaper saja!

pilih wallpaper yang cantik via opel5.anondns.net

Tren wallpaper hingga kini masih marak digunakan, terutama buat kamu yang ogah banyak pajangan atau ribetnya mengecat tembok. Orang Korea sendiri biasa memasang wallpaper untuk kamar atau ruangan privasi lain agar tampilannya catchy, sehingga penghuninya merasa nyaman di dalamnya.

Demi kenyamanan di rumah, orang Korea lebih memilih wallpaper berwarna pastel bermotif bunga atau titik-titik kecil supaya tidak terlalu ramai.

4. Penting untuk dipikirkan mulai sekarang; mengisi setiap sudut rumah dengan beberapa tanaman

Keberadaan tanaman di sekitar rumah memang punya banyak manfaat. Tak hanya membuat rumah menjadi sejuk, tapi mampu menciptakan nuansa alam dan kerindangan yang menyegarkan mata. Kelelahanmu seharian juga pasti sirna ketika pulang rumah yang dipenuhi tanaman, entah itu di dalam pot atau rerumputan hijau. Inilah yang jadi salah satu andalan orang Korea selalu membuat taman atau paling tidak, meletakkan beberapa tanaman di sekitar rumah.

Ciri khas mereka menempatkan tanaman di sekeliling rumah atau menciptakan taman mungil di tengah-tengah rumah. Patut ditiru!

5. Soal perabot rumah, orang Korea sangat teliti sekali. Mereka selalu mengutamakan kualitas, dibanding harga atau menuruti gengsi

paling tidak jangan terlalu ketinggalan zaman via www.home-designing.com

Selain kepopuleran K-Pop dan K-Drama, Korea juga terkenal dengan produk-produk furnitur dan barang elektroniknya. Hipwee Tips bukan bermaksud agar kamu membeli barang yang serba produksi Korea, tapi kualitas dan fungsinya paling tidak sedikit menyerupai.

Seperti kursi kayu, vas bunga sampai peralatan dapur, perlu lho kamu pikirkan dari sekarang supaya esok hari kamu nggak gampang tergiur dengan perabot mahal yang kualitasnya belum tentu maksimal. Murah nggak apa-apa, asal jelas kegunaannya!

6. Kamu mungkin takjub dengan rumah tradisional Korea yang banyak aksen kayunya. Dengan trik ini, kamu bisa kok mewujudkannya 🙂

kayu via artnmeal.com

woody via decpot.om

kayu via casakids.com

Pernah nonton drama Korea Personal Taste? Kamu pasti ngiler deh sama konsep tradisional tapi tetap apik pada rumahnya!

Ya, kamu butuh budget yang lumayan kalau mau mewujudkan rumah dengan banyak furnitur kayu di dalamnya seperti orang Korea. Eits, tapi jangan khawatir dulu karena semuanya belum terlambat. Gini nih trik yang bisa kamu cicil mulai sekarang jika kelak ingin memiliki rumah Korea idaman:

  • rajinlah bertanya pada arsitek, atau minimal baca-baca majalah tentang dekorasi rumah modern
  • menabunglah mulai sekarang dan sisihkan uangmu untuk sedikit demi sedikit menyicil KPR
  • nggak harus semewah di drama Korea, kamu cukup menyiapkan beberapa furnitur kayu untuk rumah masa depanmu; kursi, meja, lemari dan bingkai-bingkai foto dari kayu
  • niat. Kalau cuma mimpi tapi nggak ada eksekusi, angan-anganmu akan menjadi basi 🙂

Kira-kira begitu trik sederhana untuk mewujudkan dekorasi rumah a la Korea yang bisa kamu wujudkan segera. Selamat menabung, ya! 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya