Untuk sebagian orang, menulis mungkin bukan sebuah pekerjaan. Tapi, orang manapun pasti harus menulis, untuk berbagai tujuan. Mungkin pula, era modern ini telah mengubah segalanya menjadi lebih mudah. Seperti buku bacaan yang telah tergantikan oleh e-book, atau buku tulis yang telah digeser posisinya oleh Microsoft Word, dan sebagainya.

Tapi, kamu akan lebih merasakan esensi dan sensasi dalam menulis ketika kamu bisa menyapukan penamu pada selembar kertas atau buku catatan.

Nah, kalau kamu bosan dengan buku catatan yang modelnya gitu-gitu aja, tenang. Hipwee Tips akan memberikanmu beberapa jalan untuk menjadikan notebook-mu jauh lebih menarik untuk terus kamu gunakan. Prinsipnya cuma satu; jadikan menulis sebagai budaya!

Buat kamu yang suka menulis dan jago gambar, nggak perlu repot. Cukup hiasi buku catatanmu dengan beragam gambar lucu seperti ini

Coret, coret, coret, jadi! via dalyredmetyellow.wordpress.com

Mungkin cara ini yang paling susah di antara DIY yang lainnya tentang sampul notebook. Sebab kamu harus memiliki kemampuan gambar yang mumpuni. Setidaknya, kamu bisa membuat sampulmu menjadi lebih artsy.

Advertisement

Atau, kamu bisa mewarnai dan menggambari sampul bukumu dengan coretan yang menarik. Minimal hasil coretanmu itu menarik menurut dirimu sendiri.

Bosan dengan sampul notebook yang gitu-gitu aja? Kerlap-kerlip glitter ini dijamin bikin sampul bukumu terlihat lebih ‘seksi’

Glitter notebook via www.youtube.com

Kamu nggak perlu repot-repot membuat buku catatanmu untuk menjadi cantik. Kalau bosan dengan sampul yang biasa-biasa aja, coba deh manfaatin glitter. Caranya dan bahannya cukup gampang untuk kamu racik.

Alat yang kamu butuhkan:

  • Glitter sesuai selera
  • Lakban atau kain
  • Gunting
  • Penggaris (kalau kamu pengen bikin bentuk yang simetris)

Setelah semua alat dan bahan terkumpul, begini eksekusinya:

  • Berilah batasan untuk daerah sampul yang ingin kamu taburi glitter dengan menutupnya menggunakan lakban atau kain.
  • Sisanya, berilah perekat atau lem. Lalu taburi daerah yang telah kamu beri perekat tadi dengan glitter warna-warni sesuai seleramu. Setelah glitter menempel erat, lepas lakban atau bagian yang sengaja kamu tutup tadi.

Dan, simsalabim! Jadi deh sampul kerlap-kerlip untuk notebook-mu!

Kalau selama ini menjahit itu identik dengan baju, maka cobalah untuk belajar menyulam di atas kertas. Seperti kreasi notebook yang satu ini

Sulam buku. via www.pinterest.com

Untuk kamu yang tahunya menjahit itu di baju, coba deh cara satu ini. Mengadopsi dari teknik menjahit, kamu bisa menyulam sampul buku catatanmu dengan berbagai bentuk.

Alat yang kamu perlukan:

  • Jarum dan benang
  • Pensil atau pena untuk menggambar desain
  • Kesabaran 🙂

Caranya pun sangat mudah, asal kamu telaten.

  • Langkah pertama, kamu harus membuat desain gambar yang pengen menghiasi sampul bukumu dengan menggunakan alat tulis.
  • Setelah itu, berilah lubang-lubang kecil sesuai dengan alur atau garis gambar untuk jalan keluar-masuknya benang.
  • Selesai dengan lubang-lubang kecil, mulailah untuk menyulamnya.
  • Eits, jangan lupa untuk memberi kain pada bagian belakang sampulmu, ya. Biar jahitannya nggak gampang lepas gitu.

Taraaaa! Notebook hasil ‘jahitanmu’ sudah jadi dengan sempurna 🙂

Notebook dari peta-peta bekas ini pun bisa kamu kreasikan. Yup! Cocok untukmu yang suka sekali melakukan perjalanan

diy buku catatan dari peta via buzzfeed.com

ulala ~ via crafthubs.com

Siap keliling dunia? via www.pinterest.com

Sampul dengan variasi gambar peta ini yang paling mudah. Daripada peta duniamu menumpuk di rak buku atau di gudang rumah, mending jadikan dia sebagai sampul buku catatanmu. Toh, sekarang kamu udah nggak pernah buka peta dunia versi cetak, ‘kan?

Caranya pun paling mudah dibanding yang lain. Kamu tinggal membuatnya sebagai sampul aja, udah. Jadi deh. Simpel, ‘kan?

Kalau kamu nggak terlalu jago dalam mewarnai dan berkreasi, coba deh bikin gradasi warna. Ternyata ini cukup lucu lho untuk sampul buku

Tinggal kuasin aja ~ via www.brit.co

buat gradasi via crafthubs.com

Buat kamu yang nggak jago lukis atau gambar sama sekali tapi kamu punya cat air, manfaatkanlah alat lukis cair ini untuk menghias sampul bukumu.

Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyapukan kuasmu pada sampul buku catatanmu yang berbahan agak tebal.

Kalau sampulmu tipis, upayakan jangan menggunakan teknik ini, karena berisiko tembus. Dan kamu nggak perlu jago lukis untuk menghias sampul buku catatanmu ini. Yang penting happy dan telaten aja 🙂

Daripada potongan celana jeans kamu buang, mending sulap dia jadi sampul. Lebih bermanfaat dan lebih lucu!

Dibuang sayang. via bluejanesbags.blogspot.co.id

Memanfaatkan kain perca untuk sampul notebook bisa jadi alternatif yang apik! Pertama kamu bisa menjahitnya seperti sulam (poin atas) dengan berbagai variasi bentuk. Kedua, kamu bisa membuatnya langsung menjadi sampul buku. Caranya cukup mudah.

Kamu tinggal membuatnya menjadi presisi atau pas seukuran bukumu:

  • Jahitlah setiap sudutnya untuk menjadi penyangga sudut buku (seperti membuat kantong baju)
  • Setelah itu, jadilah sampul dari kain perca atau jeans yang menawan. Faktanya, ini lebih elegan daripada sampul biasa sih.

Nah, itulah beberapa contoh membuat sampul notebook menjadi lebih lucu dan elegan tanpa perlu menggunakan berbagai peralatan yang susah didapat. Dengan begitu, paling tidak, kamu akan lebih bergairah untuk menulis kembali di buku catatanmu. Bukankah tulisan tangan akan membuat seorang penulis lebih terkesan?

Selamat berkreasi orang-orang kreatif!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!