Kamu yang anak kedua, angkat tangannya!

Dibandingkan anak sulung atau anak bungsu, anak kedua dari tiga bersaudara nggak banyak jadi pembicaraan. Anak kedua ini seringkali dituntut untuk bersikap lebih dewasa dalam segala hal, karena mereka harus menghormati kakaknya dan mengalah pada adiknya. Kondisi inilah yang akan membentuk kepribadian dan sifat bawaannya kelak.

Kepribadian anak kedua memang sulit untuk digambarkan dengan jelas. Tapi tenang, tentu saja anak tengah ini memiliki sifat dan keunikan tersendiri.

Menurut salah satu ilmuan psikologi, Alfred Adler yang juga seorang dokter medis berpendapat bahwa urutan kelahiran punya andil dalam menentukan kepribadian dari seseorang, termasuk anak kedua.

Daripada penasaran, yuk langsung saja simak rangkuman dari Hipwee Tips berikut…

1. Dibandingkan dengan kakak dan adiknya, anak kedua akan menjadi pribadi yang paling berbeda

Advertisement

beda sendiri via pexels.com

Disadari atau nggak, anak kedua selalu menjadi yang paling berbeda diantara dua saudara lainnya. Jika anak sulung atau yang bungsu menjadi perhatian orang tua, maka berbeda cerita dengan anak kedua ini.

Mungkin hal inilah yang menjadi salah satu penyebab anak kedua menjadi pribadi yang paling berbeda dalam hal apapun baik sikap, perilaku maupun gaya hidup. Entah paling jutek, paling murah senyum, paling nakal, paling pendiam, atau paling-paling yang lainnya.

2. Nggak hanya menjadi orang yang paling beda perangainya, anak kedua juga punya daya tarik tersendiri buat lingkungannya

punya kelebihan via nypost.com

Anak kedua biasanya dikategorikan sebagai anak yang memiliki wajah ganteng atau cantik. Meskipun sebenarnya memiliki kemiripan dengan saudaranya, akan tetapi anak kedua memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan saudaranya yang lain. Sehingga nggak mengherankan jika anak kedua menjadi perhatian orang lain.

3. Tapi, anak kedua biasanya susah diatur, mereka punya ego yang tinggi dan cenderung ambisius

si pemberontak via www.huffingtonpost.com

Banyak orang berpendapat dan mengakui bahwa anak kedua merupakan anak yang paling bandel dan susah diatur karena memiliki ego yang cenderung tinggi. Lebih dari itu, terkadang beberapa dari mereka kerap menjadi pembuat masalah alias trouble maker. Ketika mereka menginginkan sesuatu, maka akan berusaha dengan sungguh-sungguh dan fokus untuk mendapatkannya.

Karena pada dasarnya anak kedua punya jiwa gigih dan pekerja keras, kamu sebagai anak kedua hendaknya mengurangi sedikit demi sedikit ego, demi kebaikanmu dan lingkungan sekitar.

4. Anak kedua mudah berinteraksi dan cepat akrab dengan orang lain, mereka punya nilai persahabatan yang kuat

Karena terbiasa dengan keadaan yang ‘sedikit’ tersisih di keluarga, anak kedua ini berusaha mendapatkan perhatian di luar lingkungan rumah. Mereka lebih suka menjalin hubungan dekat dengan orang lain ketimbang dengan keluarganya sendiri. Mereka selalu berusaha untuk membuat orang lain senang agar jalinan persahabatan semakin kuat.

Jeleknya adalah, anak kedua ini nggak berani untuk mengambil keputusan dalam segala hal, terutama yang berkaitan dengan dirinya sendiri karena takut merugikan orang lain.

5. Faktanya, anak kedua memiliki jiwa kreatif dan selalu ingin membebaskan diri

freedom via pexels.com

Anak kedua biasanya lebih senang menyendiri atau bersama teman-temannya daripada berkumpul dengan anggota keluarga lainnya. Seiring dengan kesendiriannya, anak kedua selalu memiliki semangat untuk melakukan sesuatu, sehingga imajinasi yang ada dalam dirinya berkembang dengan sangat baik.

Mereka sangat menyukai fleksibilitas tanpa kekangan. Pekerjaan yang ingin mereka lakukan ialah pekerjaan yang nggak mengikat dari segi peraturan dan waktu.

6. Karena posisinya sebagai anak kedua, mereka terbiasa untuk menjadi mediator atau pendamai antara kedua belah pihak

jadi penengah via pexels.com

Anak kedua memiliki posisi anak yang paling tua setelah anak pertama. Ketika sang kakak putus asa dalam menjalani suatu masalah, dia akan maju sebagai penggantinya. Atau ketika sang adik sedang malas bertegur sapa dengan kakak pertamanya, anak kedua lah yang banyak berperan di sini.

Sifat mandiri yang dimiliki oleh anak kedua membuatnya bisa mengatasi setiap permasalahan yang muncul. Mereka lebih siap untuk menghadapi berbagai situasi dan lebih mudah untuk menyesuaikan diri serta bisa diandalkan. Termasuk menjadi pendamai antara kedua belah pihak yang berseteru.

Jika kamu termasuk anak kedua yang berada di antara kakak dan adikmu, apakah kamu juga memiliki kepribadian yang Hipwee Tips sebutkan di atas? Yuk share, supaya kamu jadi anak kedua yang lebih bisa diandalkan!