Kamu pasti pernah mengalami telinga berdengung. Tanpa tahu penyebabnya apa, kamu berpikir hal itu terjadi berdasarkan mitos yang merebak di masyarakat. Katanya sih kalau ada yang membicarakan kamu saat itu, maka telinga akan berdengung. Padahal ini hanya hanyalah sebuah mitos, sedang faktanya jelas jauh berbeda.

Untuk mengurangi berbagai spekulasi yang belum tentu benar, ada baiknya kamu simak penjelasan yang telah Hipwee Tips siapkan berikut ini. Dilansir dari Reader’s Digest, terdapat 6 fakta di balik terjadinya telinga berdengung. Silahkan disimak baik-baik, ya!

1. Salah satu penyebab telingamu berdengung adalah terlalu sering mendengar suara-suara keras

Nonton konser misalnya via www.bandwagon.asia

Telinga berdengung disebabkan oleh suara-suara keras yang kamu sering dengar. Mulai dari suara bising jalanan atau terpaan musik dalam sebuah konser besar, bisa jadi penyebab telingamu berdengung.

Atasinya dengan menggunakan penutup telinga seperti head phone saat sedang terkena terpaan suara yang keras. Ketika mendengarkan musik, sebisa mungkin setel volume suara standar dan jangan terlalu kencang. Jika tidak, maka telingamu akan terus berdengung dan mengalami kerusakan perlahan.

2. Telinga berdengung adalah tanda kalau sudah waktunya dibersihkan atau check up rutin. Yuk, buruan ke dokter!

Advertisement

Sudah waktunya dibersihkan dan check up via thehimalayantimes.com

Selain disebabkan karena terlalu sering mendengar suara keras, telinga berdengung terjadi karena telah lama nggak dibersihkan. Namun, kamu nggak boleh asal membersihkan menggunakan cotton bud misalnya, karena bisa berbahaya jika nggak hati-hati. Selain itu, telinga berdengung juga mengindikasikan kalau tekanan cairan tidak normal di telinga bagian dalam, tumor non-kanker, hipertensi, diabetes, atau alergi.

Untuk itu, sangat disarankan buatmu untuk membersihkan telinga dengan memeriksakannya ke dokter. Peralatan dokter yang digunakan lebih higienis, masalah telingamu akan tertangani dengan baik.

3. Adanya kelainan TMJ (temperomandibular joint) juga bisa menjadi faktor munculnya suara dengung dalam telinga

Coba kamu cek via vdental.co.uk

Kelainan TMJ (temperomandibular joint) terjadi ketika tulang rahang terhubung ke tengkorak. Hal ini memang bukan terjadi di dalam telinga, tapi berpengaruh terhadap munculnya suara dengung. Konsultasikan ke dokter gigi supaya tahu kepastian penyebabnya, ya. Daripada menduga-duga yang belum tentu benar ‘kan?

4. Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan juga jadi penyebab telinga berdengung. Saat kamu berhenti mengonsumsinya, ada kemungkinan dengungannya akan berhenti

Obat-obatan bisa jadi penyebabnya via www.besthealthmag.ca

Hal lain yang memengaruhi munculnya suara dengung dari dalam telinga adalah pengaruh obat-obatan. Seperti penggunaan antibiotik, antidepresan, atau aspirin yang berlebihan. Dosisnya yang tinggi akan membahayakan dan bikin telingamu jadi berdengung karenanya. Untuk menghentikan dengungannya, cobalah untuk stop dulu mengonsumsi obat, ya!

5. Tak hanya kelainan TMJ, tapi kelainan otosclerosis – pertumbuhan tulang di telinga tengah yang nggak normal, juga bikin telinga berdengung

pertumbuhan tulang di telinga via health.spectator.co.uk

Sebetulnya tak hanya kelainan TMJ saja yang bisa menyebabkan telinga berdengung, tapi juga kelainan otosclerosis bisa menjadi salah satu faktornya. Kelainan berupa pertumbuhan tulang di telinga tengah yang nggak normal bisa menyebabkan telinga berdengung, bahkan mengganggu pendengaran. Hal ini biasa terjadi pada usia pertengahan 30-an. Jika hal ini terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan operasi. Untuk itu, nggak ada salahnya kamu ketahui dulu apakah anggota keluargamu ada yang pernah mengalami kelainan otosclerosis atau tidak agar kelainan ini bisa ditangani lebih dini.

6. Kondisimu yang sedang stres juga bisa jadi penyebabnya. Coba deh, rileks dulu sebentar

Pikiran yang sedang stres, ditambah tubuh yang lelah bisa jadi penyebab telinga berdengung. Keadaanmu yang tertekan lantaran banyak tugas yang belum terselesaikan menyebabkan telinga berdengung. Untuk itu, cobalah untuk rileks barang sebentar. Jangan lupa periksakan diri ke dokter untuk memastikan kalau kondisi telingamu baik-baik saja, ya.

Keenam fakta yang telah Hipwee sebutkan di atas bisa menjadi penyebab telingamu yang berdengung. Daripada terus-terusan menduga-duga, lebih baik segera periksakan ke dokter biar tahu apa yang sedang terjadi dengan telingamu itu, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya