Sebagai makhkuk sosial, bisa dibilang kamu selalu berinteraksi dengan orang sekitar. Untuk itu, kamu perlu memahami dengan baik tentang hal-hal yang mereka sukai maupun tidak. Bukan mencoba jadi seorang penjilat, ini demi hubungan kalian di setiap harinya, supaya lebih harmonis. Kamu juga perlu mendapatkan perhatian dari mereka agar apapun yang kamu lakukan dapat berjalan lancar.

Oleh karena itu, kamu harus ketahui hal-hal apa saja yang bisa membuat mereka menghindar, sehingga kamu nggak dijauhi bahkan dibenci. Kalau kamu paham dan terapkan 6 hal berikut ini, tak perlu khawatir lagi untuk sulit berinteraksi dengan orang sekitar. Yup, berikut penjelasannya!

1. JANGAN PERNAH menutup diri dari dunia luar. Kamu harus ingat bahwa dirimu adalah makhluk sosial

jangan menutup diri dari dunia luar via www.emptykingdom.com

Dalam menjalani hidup, kadang kamu terlalu asyik dengan dunia sendiri. Berbagai hal yang telah kamu dapatkan seperti fasilitas di tempat tinggal maupun informasi dari internet bikin kamu jarang berinteraksi dengan dunia luar. Padahal jika kamu tak menutup diri, ada banyak hal-hal berharga yang didapat.

Pengetahuan dan cara berpikirmu makin bertambah dan kaya untuk menyikapi berbagai permasalahan sekitar, bahkan seluruh dunia. Orang lain pun jadi sungkan untuk mengajakmu berinteraksi saat ada perlu. Dengan begitu, kamu jadi melewatkan kesempatan yang bisa saja bermanfaat buat kamu di masa mendatang.

2. Sampai saat ini, apakah kamu masih mendewakan penampilan? Jika iya, justru kamu yang ketinggalan zaman

Advertisement

grow up! via sroupon.com

Manner mah belakangan, yang penting baju bagus dan selalu wangi.’

Hal seperti ini mungkin bukan masalah berarti buatmu, orang yang selalu ‘diperbudak’ gengsi dan penampilan. Kamu bahkan rela nggak makan dua hari demi sepotong baju bagus di mall, atau di butik-butik langgananmu. Kepedulianmu terhadap lingkungan sekitar sangat minim, dan hampir tidak ada.

Prinsipmu di sini, persetan dengan anggapan orang tentang tingkah lakumu, asal tak ada yang berani mencela baju atau penampilanmu.

3. Punya ambisi besar itu bagus, bahkan dianjurkan. Tapi kalau terlampau ambisius?Apakah ini bagus?

ambisius via rebelcircus.com

Untuk bisa meraih segalanya, kamu seringkali berambisi besar dan berlebihan. Di satu sisi, menjadi orang yang ambisius memang diperlukan, agar kamu pribadi yang bisa diandalkan. Namun di sisi lain, jika hal itu tak dikontrol, maka kamu akan jadi orang yang menyebalkan bagi orang lain.

Bukan tidak mungkin kalau mereka nantinya menjauhimu karena kamu terlalu menonjolkan pribadimu yang lebih unggul dibanding yang lain. Aturlah dirimu agar nggak terlalu terlihat selalu ingin menang sehingga seperti menjatuhkan rekan sendiri.

Ambisimu akan berjalan lebih baik, jika orang lain menyenangi tingkah laku dan kebiasanmu.

4. Terlalu pilih-pilih teman juga nggak ada faedahnya. Tanpa mereka, memang kamu bisa apa?

jangan membeda-bedakan via daily.jstor.org

Menjalin pertemanan tak semudah dan semulus yang dibayangkan. Dari sekian banyak orang yang kamu kenal, biasanya terdapat beberapa yang nggak kamu senangi. Entah karena sikapnya, latar belakang, maupun penampilannya buat kamu menghindari mereka.

Tapi, sadar nggak sih kalau sikap terlalu pemilih ini bisa membuatmu dihindari bahkan dibenci orang lain? Kamu akan dianggap ‘iblis’ karena menakutkan dan nggak bisa bergaul dengan mudah.

Jika sudah begini, kamu harus sadar bahwa geng cheerleader itu nggak selamanya lebih baik dari geng kutu buku!

5. Tak perlu lagi menanyakan pendapat orang lain tentang kamu. Toh, terlalu sering menanyakan malah membuatmu tak disegani

‘eh, bajuku bagus nggak?’ via relationshipsurgery.com

Kamu mungkin pernah menanyakan ke orang lain seperti apa penilaian mereka tentang penampilan atau make-up mu hari itu. Jika kamu tanyakan sekali atau dua kali sebetulnya tak masalah. Tapi kalau sering, hal semacam ini akan sangat mengganggu mereka.

Orang-orang yang kamu tanyakan tadi akan malas dan sebal seketika, karena mereka berpkir kamu adalah sosok yang narsis dan haus pujian sana-sini.

6. Bersikap terbukalah sesuai kapasitas. Bohong atau mengada-ada itu bukanlah sikap yang dewasa

Untuk menjadi orang yang disenangi, kadang banyak hal yang kamu rahasiakan. Tak jarang kamu juga berbohong untuk membuat orang lain bahagia, menghindari masalah, maupun menerimamu. Bukankah lebih menyakitkan jika orang lain tak mengetahui yang sebenarnya, dan kamu dianggap suka berbohong? Jika sudah terlanjur begini, mereka jadi berpikir lagi untuk mempercayaimu terhadap suatu hal.

Jadi orang menarik di mata orang lain memudahkanmu dalam melakukan apapun. Kamu tak akan menghadapi kesulitan yang besar dan apa yang kamu inginkan dapat dengan mudah didapat. Meski menahan diri untuk tak melakukan 6 hal tadi cukup sulit, ada manfaat-manfaat yang sayang dilewatkan. Selamat mencoba!

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!