Bagi kebanyakan orang, momen pernikahan adalah titik penting dalam hidup yang paling dinantikan. Di kesempatan itu, hubungan yang diharapkan bisa memberi kebahagiaan di masa depan akhirnya diresmikan. Namun, ada juga orang yang tidak kunjung menikah karena dua alasan, belum ada calon pendamping atau belum ada modal untuk menyelenggarakan pesta.

Sah-sah aja sih kalau kamu udah punya pacar lantas menunggu punya banyak uang buat bikin pesta besar. Namun, daripada si dia nunggu kelamaan, gak ada salahnya kamu coba menerapkan ide-ide kreatif yang bisa memangkas biaya nikahmu. Nah, berikut ini Hipwee berikan 6 tips, agar biaya nikahmu lebih enak dikantong.

1. Undangan Konvensional = Pasti Dibuang = Buang-buang Uang

Undangan pernikahan kreatif dan murah via www.weddinginvitations21.com

Sebelum memesan undangan, pastikan kamu membagi para tamu undanganmu menjadi dua kategori yaitu penerima undangan fisik dan undangan online. Calon penerima undangan fisik adalah orang-orang yang (1) jadi prioritas karena kedekatan mereka denganmu atau keluarga (2) tidak aktif berselancar di media sosial. Semisal: saudara-saudaramu yang sudah tua, kolega orang tuamu, kolega kerja yang posisinya lebih tinggi darimu.

Untuk menghemat biaya, pilihlah desain undangan yang tidak terlalu mahal namun tetap unik. Misalnya saja undangan seperti yang ada pada gambar di atas. Coba buat wedding invitation dengan desain seperti label pakaian dari kertas samson. Lalu kamu masukkan ke amplop bertema vintage. Undangan macam ini unik, murah, dan lebih bisa dikenang orang jika dibandingkan dengan undangan konvensional berbentuk persegi panjang.

Advertisement

Selain itu, kamu juga bisa lebih menghemat budget dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, atau bahkan Path. Buatlah video invitationmu, lalu tag calon tamu-tamumu. Selain itu kamu juga bisa menjajal undangan online semacam ini. Undangan jarang sekali disimpan orang, jadi kamu tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk hal ini.

2. Sewa Seragam dan Sistem Bikin-Sewa Bisa Jadi Pilihan Untuk Menghemat Dana Pakaian

Seragam pernikahan, bisa sewa kok via myhoneygirl.blogspot.com

Gak jarang, dana pesta bisa bengkak untuk membeli baju seragam seluruh keluarga besar yang jumlahnya tidak cukup dihitung dengan jari. Apalagi ada dua keluarga besar. Sebenarnya hal ini bisa diakali, kok. Manfaatkan jasa wedding organizer yang menyediakan persewaan baju sekaligus make up. Sewa seragam keluarga demi menghemat biaya. Tapi tentunya kamu perlu mengkomunikasikan keputusan ini dengan keluarga. Apakah mereka sepakat, atau merasa menyewakan baju untuk anggota keluarga lain dianggap sebagai bentuk kurang hormat.

Selain sewa, ada juga sistem lain yang sering disebut bikin-sewa. Lewat cara ini, kamu berkolaborasi dengan wedding organizer mu untuk membuat pakaian yang sesuai dengan kebutuhan pestamu. Namun kemudian, pakaian ini tidak kamu miliki melainkan diambil oleh pihak WO untuk disewakan ke klien mereka yang lain. Cara ini cukup bisa menghemat biaya lho, biasanya kamu hanya perlu membayar 50% saja dari ongkos total.

Kalau pun akhirnya keluarga besarmu menghendaki untuk membuat seragam sendiri, pastikan kamu membeli bahan tidak mendekati hari-hari besar, karena saat hari besar seringkali harga kain akan naik drastis.

3. Dengan Sedikit Kreativitas, Pesta Di Luar Ruangan Jitu Untuk Menghemat Anggaran

Pesta di halaman rumah? why not? via www.instagram.com

Kini, harga sewa gedung kian mencekik leher. Untuk kapasitas 500 orang saja kamu harus merogoh kocek puluhan juta. Itu baru gedung ya, belum katering-dekor-dan tetek bengek lain. Pernahkah kamu mempertimbangkan pesta pernikahan yang tidak harus melulu di dalam gedung?

Gak ada salahnya kamu coba membuat pesta outdoor minimalist seperti di halaman, lapangan, kebun ataupun di sekitar rumahmu. Harga sewa lahan terbuka cenderung lebih terjangkau di banding sewa gedung. Untuk dekor, kamu bisa gunakan bekerja sama dengan anak Jurusan Seni atau kawanmu yang hobi menghias kamar. Pesta outdoor itu gak perlu dekor yang heboh. Asal propertinya unik, pestamu pasti akan dikenang.

Keuntungan lain dari konsep pesta outdoor semacam ini adalah membuat tamu menjadi lebih akrab satu sama lain. Demi kenyamanan tamu undangan, pasang tenda di beberapa titik seperti tempat antrian makanan dan ucapan selamat agar para tamu tidak kepanasan. Dijamin aura pesta pernikahanmu lebih friendly dan sejuk dengan hamparan rumput hijau.

4. Pesta Kecil Dengan Jumlah Undangan Sedikit? Jangan Takut Adakan Pesta Di Hotel. Harga Wedding Package di Hotel Cukup Bersaing, Kok!

Pesta pernikahan dan pesta kembang api di resepsi pernikahanmu via galleryhip.com

Pesta pernikahan di hotel tidak selalu identik dengan biaya besar. Asal kamu tahu, kini hotel sedang berlomba-lomba menarik tamu untuk menyelenggarakan wedding di hotel mereka. Ini adalah upaya menutup biaya operasional di sepanjang masa non-peak season (masa di mana tamu hotel paling banyak, misal waktu liburan –Red.)

Kalau kamu berkeinginan menyelenggarakan pesta yang intimate dengan jumlah undangan 100-250 orang atau bahkan kurang dari itu, wedding package di hotel bisa jadi pilihan. Selain praktis, memudahkan tamu mencari venue, pesta di hotel juga cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membayar Rp 100.000,00 /undangan. Biaya tersebut sudah mencakup dekorasi, MC, hiburan, make-up, sampai kamar untuk malam pengantin. Hmmmm…menggiurkan ‘kan?

5. Pangkas Budget Katering Dengan Memanggil Gerobak Jajanan Langganan

Asik juga kalau kamu ajak angkringan langgananmu hadir di resepsi via malbonsmobilefoods.com

Gak ada salahnya kamu mencoba mengundang para pedagang jajan keliling kesukaanmu untuk mengambil bagian dalam pesta pernikahanmu. Gerobak angkringan langgananmu? Atau tukang eskrim kesukaanmu? Tukang bakso yang sering mangkal didepan rumah? Kamu bisa coba negosiasi harga dengan mereka untuk mengisi stand makanan di pestamu. Pasti bakal lebih merakyat dan hommy.

Selain itu, pilihlah satu main course, dan perbanyaklah variasi camilan, kue kering, ataupun buah segar. Maka budget kateringmu tidak membengkak.

6. Tak Usah Terlalu Ambisius Memberikan Souvenir yang “WOW”. Fokus Pada Souvenir yang Bisa Digunakan Kemudian

Souvenir bibit, bisa jadi? via idoidoido.co.za

Sekarang, souvenir adalah barang yang tidak terpisahkan dari resepsi pernikahan. Benda satu ini diberikan sebagai kenang-kenangan dan ucapan terima kasih. Jadi pilihlah sesuatu yang bermanfaat, unik, dan akan meninggalkan kesan. Tak usah terlalu ambisius memberikan souvenir yang mahal, fokuslah ke souvenir yang bermanfaat dan bisa digunakan kemudian.

Misalnya, kamu bisa berikan berbagai macam bibit tanaman, mug, atau tote bag. Kemaslah dengan cantik dalam bungkus yang eksklusif. Atau kamu bisa berikan pajangan terarium dari botol ukuran lima sentimeter. Pastikan kamu tidak mencantumkan foto dan namamu terlalu besar ya, karena hal ini kadang membuat mereka segan untuk menyimpan souvenir yang kamu berikan.

Nah, sudah cukup ada bayangan dalam menggelar pernikahan? Masih bingung gimana cara memangkas biaya? Gak ada salahnya kamu coba cara-cara ini agar biaya pernikahanmu tidak terlalu membengkak. Jadi uangmu juga bisa kamu simpan untuk kehidupan pasca menikah. Karena sebenarnya untuk menuju hidup bahagia kamu tidak harus menyelenggarakan pesta yang megah kok.

Semoga hubungan kalian lancar sampai pelaminan ya.