Sudah pernah dengan Samyang, ‘kan? Ramen instan a la Korea yang katanya paling pedas ini ramai diserbu para penikmatnya hingga sekarang. Rasa mi-nya memang nggak beda jauh dengan mi instan lokal yang sering kamu konsumsi, hanya saja dengan bentuk yang lebih pipih dan kualitasnya yang mungkin lebih bagus. Itulah kenapa harganya lumayan mahal, di samping produk ini diimpor langsung dari Korea.

Satu lagi, bumbu pedasnya yang khas menjadikan Samyang berbeda dengan mi instan lainnya. Pokoknya ada sesuatu hal yang bikin ramen ini istimewa bagi para penggemarnya.

Nah, kali ini Hipwee Tips akan berbagi resep unik berbahan dasar Samyang yang layak kamu coba. Tentunya kamu mau dong, menikmati Samyang dengan cara yang berbeda? Duh, ngiler nih. Yuk, langsung simak saja beberapa resep olahan Samyang berikut ini…

1. Kamu nggak kuat pedas tapi penasaran rasanya makan Samyang? Bikin Samyang Kuah Susu, yuk!

tetep pedes sih kayaknya

tetep pedes sih kayaknya via www.seriouseats.com

Mungkin kamu nggak kuat menahan pedasnya Samyang goreng, sementara Samyang kuah nggak banyak membantu karena sama-sama punya bumbu pedas yang cukup nendang. Nah, resep ini bisa kamu coba.

Bahan-bahan:

  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 200-250 ml susu cair putih full cream
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 1 bungkus ramen Samyang

Cara membuat:

  1. Rebus ramen Samyang dalam air mendidih hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan tomat.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan susu, aduk rata dengan bumbu.
  4. Masukkan ramen, masak hingga kuah mengental. Angkat dan sajikan.

2. Burger pakai roti itu sudah biasa, kenapa nggak coba bikin Burger Samyang? Bahan rotinya diganti mi saja. Indonesia banget, ‘kan?

burger samyang

burger samyang via abcnews.com

Kalau orang barat sana khas dengan burger dengan bahan dasar rotinya, kreasi burger mi atau burger ramen bisa dibilang makanan perpaduan barat dan timur alias fusion. Mungkin kamu pernah dengar atau bahkan mencoba kreasi burger mi. Nah, gimana kalau sekarang cobain Burger Samyang?

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus ramen Samyang
  • 1 butir telur
  • Mentega untuk menggoreng
  • Daging cincang secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya
  • Saus barbeque secukupnya
  • Bawang bombay secukupnya
  • Tomat secukupnya
  • Selada secukupnya
  • Keju slice secukupnya
  • Saus sambal secukupnya
  • Mayones secukupnya
  • Garam, lada, gula secukupnya

Cara membuat:

  1. Untuk burger ramennya: rebus Samyang hingga setengah matang. Campur dan aduk rata dengan bumbu dan telur. Bentuk bulat pipih dan bungkus ke dalam plastic wrap, masukkan ke kulkas selama kurang lebih 15 menit. Keluarkan lalu goreng dengan mentega hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  2. Untuk patty-nya: Campur tepung terigu, daging cincang, lada, garam, gula, dan saus barbeque. Bentuk menjadi bulat pipih. Goreng hingga matang.
  3. Susun Samyang, patty, selada, bawang bombay, tomat, keju slice, mayones dan saus sambal. Burger Samyang siap disajikan.

3. Ini nih, yang lagi hits di kota-kota besar, Martabak Telur Samyang Keju! Ah, nggak perlu beli, kamu bisa kok meraciknya sendiri

ini paling juara!

ini paling juara! via www.diarymakan.com

Jika biasanya kamu makan martabak isi telur, daging dan sayuran, sekarang kamu bisa mencoba kreasi martabak telur dengan isi Samyang. Meski jadi camilan buruan tahun lalu di beberapa kota besar, nggak ada salahnya kamu yang belum kesampaian untuk mencoba juga mencicipinya. Bikinnya gampang ternyata!

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus ramen Samyang
  • 2 butir telur
  • Daging cincang secukupnya
  • Daun bawang secukupnya
  • Garam dan lada secukupnya
  • Kulit lumpia secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Keju parut untuk taburan

Cara membuat:

  1. Masak Samyang hingga setengah matang, angkat.
  2. Campurkan Samyang dengan bumbunya, telur, daging cincang, daun bawang, garam dan lada, aduk rata.
  3. Siapkan kulit lumpia, ambil isian Samyang secukupnya, kemudian lipat rapi.
  4. Goreng martabak dengan api kecil, setelah satu sisi kering, balik dan beri keju tabur di atasnya, masak sampai keju meleleh. Lalu angkat dan hidangkan.

4. Pengganti sosis goreng yang biasa, Sosis Gulung Samyang!

tinggal dicocol sambal pedas

tinggal dicocol sambal pedas via kresep.com

Biasanya jajanan yang banyak mangkal di depan sekolahan ini menggunakan bahan dasar mi biasa. Gimana kalau sekarang kita coba dengan Samyang?

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus Samyang
  • 8 buah sosis
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sdm saus sambal
  • 50 ml air
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Masak ramen Samyang sampai matang, angkat dan tiriskan.
  2. Potong-potong sosis sesuai selera, belah ujungnya menjadi 4.
  3. Gulung sosis dengan ramen Samyang, goreng hingga matang.
  4. Untuk saus: Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan kurang lebih 50 ml air. Tambahkan saus sambal dan bumbu samyang. Masak hingga mendidih.
  5. Nah, campurkan sosis dengan saus atau kamu juga bisa memakannya dengan cara dicocol.

5. Samyang bisa juga dibuat a la-a la pasta, bikin saja Samyang Karbonara. Meski nggak pakai spaghetti, rasanya nggak jauh beda kok!

Kejunya sembunyi nih

Kejunya sembunyi nih via yummyroom.com

Kamu yang belum tahu apa itu karbonara, adalah masakan Italia yang berupa spaghetti yang dimasak dengan saus telur, keju dan daging. Nah, biar kreatif, kamu bisa mengganti spaghetti dengan Samyang.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus ramen Samyang
  • 250 ml Susu UHT
  • 2 potong sosis
  • 2 slice keju

Cara membuat:

  1. Masak ramen Samyang hingga matang, tiriskan.
  2. Didihkan susu, masukkan Samyang beserta bumbunya, sosis dan keju, aduk rata. Masak hingga kuah susu mengental.
  3. Samyang Karbonara siap disajukan.

6. Siapa sih yang nggak tahu omelet? Makanan a la burjo atau warmindo ini bisa lho kamu ganti dengan Samyang dan bumbu pedasnya. Omelet Samyang jadinya…

omelet samyang favorit

omelet samyang favorit via ayobuka.com

Makanan favorti anak kost ini memang gampang bikinnya. Coba-coba yuk, kreasikan omelet dengan mengganti bahan mi instan lokal dengan Samyang beserta bumbunya yang terkenal pedas itu.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus ramen Samyang
  • 1 butir telur
  • Keju secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Masak Samyang hingga setengah matang, tiriskan. Campurkan dengan kocokan telur dan bumbunya, aduk rata.
  2. Panaskan teflon, beri sedikit minyak goreng, masukkan adonan omelet, goreng dengan api kecil.
  3. Setelah satu sisi kering, balik dan beri irisan keju di atasnya, masak sampai keju meleleh. Angkat dan hidangkan selagi hangat.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik?