Sebagian besar orang memang gemar jajan kudapan ringan. Makanan kemasan seperti permen cokelat, wafer, dan cookies biasanya laku keras di pasaran. Dari mulai pendamping sebagai minum teh hingga teman di kala bosan maupun  ketika sedang disibukkan dengan berbagai pekerjaan.

Bahkan, gak cuma anak kecil saja yang menggandrungi snack kemasan, banyak juga orang dewasa yang gemar makan kudapan ringan ini. Tapi kamu tahu gak sih, sebenarnya makanan kemasan ini bisa dijadikan bahan baku dan diolah untuk membuat camilan lainnya lho. Penasaran gimana cara membuatnya? Yuk, simak penjabarannya!

1. Daripada menaburkan choco chip yang sudah terlalu biasa, kamu bisa menggantinya dengan permen cokelat warna warni yang nampak lebih menggoda.

Membuat cookies sendiri dengan taburan choco chips tentu sudah biasa. Jika kamu ingin membuatnya lebih istimewa, ganti saja choco chip yang biasanya digunakan untuk topping dengan permen cokelat warna-warni. Gak hanya lebih lezat karena isian dari permen cokelat bisa meleleh sempurna, penampilan dari cookies ini juga jadi lebih menggoda!

Bahan yang dibutuhkan :

Advertisement
  • 1 butir telur
  • 200 gram mentega
  • 150 gram gula halus
  • garam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 300 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram tepung maizena
  • ½ sdt vanili
  • permen cokelat warna warni bisa dibeli di minimarket

Langkah :

  • Kocok mentega dan gula halus hingga ringan, masukkan telur dan kocok hingga mengembang
  • Kemudian masukkan tepung terigu, baking powder, maizena, dan garam secukupnya lalu aduk rata
  • Tambahkan vanilla bubuk supaya aroma kue kian harum, lalu masukkan permen warna warni dan campur rata
  • Ambil adonan menggunakan sendok dan cetak dengan bentuk bulat di atas loyang
  • Panggang selama 15 menit selama 160′ c

Voila! Jadi deh cookies lezat dengan taburan cokelat warna-warni!

2. Sereal ternyata gak hanya bisa dicampur susu untuk sarapan, kamu bisa menyulapnya jadi bahan baku untuk membuat kudapan.

cornflake snack via oscarslunch.blogspot.co.id

Apakah kamu biasanya sarapan dengan cornflake dan semangkuk susu? Wah, padahal sebenarnya cornflake bisa dijadikan bahan baku untuk membuat kudapan enak lho! Bahkan, bahan yang dibutuhkan hanyalah cornflake dan cokelat batangan. Caranya juga mudah banget karena kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk membuatnya.

Langkah pertama, lelehkan cokelat batangan. Lalu masukkan cornflake ke dalamnya dan aduk merata. Setelah itu ambil dengan sendok dan tempatkan di dalam cup kertas. Dinginkan dan cornflake cookies pun siap dilahap!

3. Jadikan juga sereal cokelat favorit sebagai aksesoris. Voila! Jadi deh, biskuit berbentuk anjing lucu.

Selain cornflake, sereal cokelat lainnya juga bisa digunakan sebagai topping kue kering. Untuk membuatnya pun gak susah kok, karena bahan dan langkah pembuatan sama seperti ketika kamu membuat kue kering biasanya.

Bahan I :

  • 150 g tepung terigu
  • 1/2 sdt baking powder
  • Kocok keduanya hingga benar-benar mengembang

Bahan II :

  • 100 g gula halus
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt vanili
  • kocok hingga tercampur sempurna

Bahan tambahan :

  • 50 g butter
  • 100 g margarin
  • messes cokelat
  • Sereal cokelat
  • Choco chips

Cara membuatnya :

  • Campur dan aduk merata bahan I dan bahan II
  • Masukkan butter dan margarin lalu aduk hingga tercampur sempurna
  • Ambil adonan dengan sendok dan buat menjadi bulatan-bulatan kecil
  • Susun choco chips sebagai mata, messes sebagai hidung, dan sereal cokelat sebagai telinganya
  • Panggang selama kurang lebih setengah jam dalam suhu 160′ c
  • Dinginkan dan sajikan

4. Jangan langsung makan cookiesmu begitu saja, kamu bisa menjadikannya sebagai bahan baku utama.

cupcake cookies via javacupcake.com

Cupcake memang saat ini sedang naik daun. Bukan hanya karena toppingnya yang lucu-lucu, rasanya pun juga beragam. Mulai dari cupcake vanilla, matcha, hingga red velvet. Jika kamu ingin membuatnya lebih istimewa dan beda dari lainnya, masukkan saja cookies yang bertabur choco chips sebagai dasaran kue sebelum dipanggang. Bisa bayangin gak betapa crunchy-nya cupcake bikinanmu?

Bahan :

  • Biskuit bertabur choco chips secukupnya
  • 150 gr dark cooking chocolate
  • 30 gr cokelat bobok
  • 130 gr tepung terigu
  • 130 gr mentega
  • 3 butir telur
  • garam secukupnya
  • 120 ml susu cair, plain

Langkah mudahnya :

  • Masak susu cair dengan cokelat bubuk sambil diaduk rata supaya gak menggumpal
  • Kemudian masukkan setengah mentega dan gula aduk sebentar kemudian tambahkan kuning telur dan kocok hingga rata
  • Masukkan tepung terigu perlahan-lahan sambil aduk adonan
  • Di dalam wadah lain, kocok garam, sisa gula, dan putih telur hingga mengembang
  • Masukkan adonan pertama ke dalam adonan kedua lalu aduk
  • Letakkan kepingan biskuit cokelat di dasar alas kertas yang merupakan cetakan kue lalu tuangkan adonan di atasnya
  • Panggang selama 30 menit di dalam oven bersuhu 180′ c
  • Setelah matang, dinginkan. Kamu bisa menambahkan whipe cream kemudian berikan kepingan biskuit cokelat sebagai toppingnya.

Selamat berkreasi ya!

5. Wafer cokelat memang enak, tapi lebih lezat lagi jika bisa diolah menjadi brownies cokelat legit

tim tam brownies via www.arnotts.com.au

Brownies memang salah satu cake yang digemari. Gak hanya karena cokelatnya yang begitu pekat dan lezat. Namun, kue ini juga memiliki tekstur yang crispy dan berbeda dari cake lainnya. Pingin browniesmu lebih crispy dan lebih lezat dari biasanya? Kamu bisa menambahkan wafer berselimut cokelat ke dalam daftar bahan baku utamanya!

Bahan :

  • 3 butir telur
  • 200 g dark cokelat
  • 180 g butter
  • 200 g gula pasir
  • 110 g tepung terigu
  • biskuit cokelat secukupnya

Langkah membuatnya :

  • Lelehkan cokelat dan butter, aduk rata kemudian sisihkan
  • Di dalam wadah lain, campur dan aduk rata telur dan gula pasir
  • Masukkan adonan cokelat ke dalam adonan telur dan gula lalu aduk merata, masukkan tepung terigu sambil diaduk perlahan
  • Sementara itu, panaskan oven hingga 180’c dan siapkan loyang dan lapisi dengan kertas roti
  • Susun biskuit cokelat di dalam loyang dengan 2 tingkat lalu siram dengan adonan kue sampai tertutup semuanya
  • Panggang selama 30 menit, dinginkan dan nikmati

Kamu bisa intip resep lengkapnya di sini.

6. Remukkan cookies kegemaranmu, campurkan dengan susu dan bekukan. Voila! Jadi deh es krim bikinan sendiri.

ice cream cookies via hip2save.com

Bosan dengan es krim berperisa itu-itu saja? Kamu bisa bikin sendiri kok! Bahkan dijamin es krim buatanmu lebih sehat karena gak mengandung pemanis buatan.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Cookies
  • Susu putih

Langkah :

  • Hancurkan cookies dengan menggunakan blender
  • Masukkan ke dalam cup kertas
  • Tuangkan susu ke dalamnya dan tambahkan stik es krim
  • Masukkan ke dalam freezer hingga benar-benar beku

Nom nom! Es krim lezat dari cookies siap menemani siangmu!

Jadi, resep nomor berapa yang bakal kamu bikin terlebih dulu?