Aku lagi diet nih, nanti kita makan di tempat yang sehat aja ya!”

“Hah? Kamu diet? Ngapain? ‘Kan udah kurus!”

Pernah ditanyain seperti itu nggak? Kalau pernah, kita sama. Hehe. Tapi kamu bisa jawab: diet itu nggak cuma buat langsing aja, lho. Justru diet yang benar adalah diet yang bertujuan menyehatkan tubuh supaya kebal terhadap penyakit serta tetap bugar. Hmm.. kenapa bisa demikian? Yuk simak penjelasan dari Hipwee berikut ini…

1. Diet itu intinya menjaga pola makan. Diet yang tepat bisa mencegah timbulnya penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes, serangan jantung bahkan stroke.

cegah penyakit dengan diet via telegraph.co.uk

Diet yang asal-asalan saja justru akan berakibat fatal ke tubuh kita ya, girls! Diet yang benar adalah diet yang tetap memperhatikan takaran vitamin nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, tidak asal mengurangi nasi saja, misalnya. Hal ini bertujuan menyeimbangakan kondisi tubuh agar tetap kebal dengan penyakit-penyakit kronis, asalkan vitamin dan nutrisi tadi tetap tercukupi selama diet berlangsung.

2. Saat kamu menjalani diet, tubuhmu lemas, letih dan lesu. Wah, kalau ini sih bukan salah dietnya, tapi penerapannya yang salah!

Diet via tumblr.com

Advertisement

Diet yang benar adalah “mengurangi” porsi makanan bukan “menghilangkannya”. Tetap konsumsi 4 sehat 5 sempurna namun pada porsi yang lebih kecil saja. Jangan ekstrem sampai tidak makan sama sekali. Ini salah! Hal ini akan membuatmu kehilangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, ekstremnya, kamu akan terkena radang pencernaan atau maag. Serem ‘kan?

3. Ternyata diet yang sehat dan benar juga akan menyehatkan paru-parumu, lho!

diet cegah sleep apnea juga lho via healthfamilyplus.com

Jika kamu sedang menjalankan diet yang benar, berarti kamu paham betul bahwa olahraga teratur juga bagian dari pola dietmu. Bukan hanya mengurangi asupan makanan ke tubuhmu, berlari atau berjalan-jalan 1 jam sehari juga merupakan kebutuhanmu saat diet. Hal ini berfungsi menyehatkan jantung dan paru-parumu. Bahkan, kamu akan terhindar dari sleep apnea alias mendengkur saat tidur

4. Percaya atau tidak, diet yang benar juga berpengaruh pada siklus hormonalmu.

mempengaruhi siklus hormonal via sheknows.com

Jika kamu mengalami haid yang tidak lancar atau jerawat yang datang dan pergi sesuka hati, itu pertanda siklus hormonalmu sedang tidak lancar. Tentu saja hal ini bisa dipengaruhi dari pola hidupmu sehari-hari. Mulai dari pola makan, pola tidur dan jarangnya tubuhmu berolah raga. Nah, diet yang benar ini bisa menyelesaikan masalahmu ini (kecuali siklus hormonal yang bersifat genetik atau keturunan). Dengan mengatur pola makan yang sehat, tidur cukup serta olah raga teratur, kamu akan terhindar dari ketidaknormalan siklus hormonal tadi.

5. Jika sudah menjalankan pola diet yang teratur, tentu percaya dirimu akan bertambah seiring bertambahnya pula kesehatan dan kebugaranmu.

nggak harus langsing, tapi sehat dan percaya diri via thebestfatlossguide.com

Mungkin kamu baru berhasil menurunkan bobotmu 1-2 kilogram saja. Tubuhmu belum seindah Angelina Kolie atau Kimmy Jayanti, namun setelah pola diet sehatmu selesai, kamu merasakan tubuhmu lebih sehat, aktif dan bugar. Tentu ini pencapaian yang luar biasa bukan? Segala kegiatanmu tentunya akan berjalan lancar dan kamu punya kesempatan untuk memperluas pergaulanmu. Asyik deh!

6. Kata para pakar kesehatan, jika dietmu adalah diet yang sehat, maka kamu punya kesempatan untuk lebih panjang umur.

panjang umur dengan diet via blog.unicasport.com

Bagaimana tidak? Jika pola hiudpmu terjaga dengan baik, otomatis tubuhmu juga akan dengan “senang hati” untuk ikut menjaga kesehatannya. Pola makan yang sehat misalnya, mengurangi minuman bersoda, atau mengurangi lemak jenuh, tentu saja ini memperkecil resiko kanker atau diabetes yang siap “mematikan” kapan saja bukan?

Nggak usah minder kalau kamu nggak kerempeng, yang penting tubuhmu bugar selalu. Diet yang sehat adalah salah satu bukti kamu cinta tubuhmu, dan hidupmu akan lebih berarti karena kamu mencintai dirimu sendiri!