Lemon dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, buah ini juga kaya akan vitamin B1, antioksidan, kalsium dan kandungan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika biasanya lemon dijadikan sebagai minuman atau diaplikasikan langsung di bagian tubuh tertentu, maka kali ini Hipwee Tips akan mengulas mengenai manfaat irisan lemon yang diletakkan di dekat tempat tidur.

Memang terdengar aneh dan nggak biasa, namun udara yang dikeluarkan oleh lemon lebih baik ketimbang pengharum ruangan. Terlebih, pernapasan kita akan lebih maksimal saat sedang tidur malam. Itulah alasannya, memberikan aromaterapi saat kita tidur memberikan manfaat tertentu. Hal-hal inilah yang akan kamu dapatkan…

1. Menenangkan sistem saraf, mengurangi kecemasan dan membantu meringankan ketegangan setelah lelah beraktivitas

Terbebas dari stres via greatist.com

Lemon memiliki sifat teraupetik yang berperan sebagai anti depresan bagi tubuh. Aroma khas yang terdapat dalam buah lemon segar dapat membantu melepas stres yang ada di otak manusia. Aroma segar dan warna dari buah lemon yang masih segar dan cerah secara nggak langsung akan menstimulus otak supaya lebih tenang dan menghilangkan rasa stres yang dialami, nyaman dan juga meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh manusia yang membuat timbulnya rasa bahagia.

2. Ketika menghirup aroma lemon, pikiran akan lebih terkonsentrasi sehingga ingatannya pun akan meningkat

Lebih bisa berkonsentrasi via www.digitaltrends.com

Advertisement

Selain mengembalikan suasana hati, aroma lemon juga ampuh digunakan sebagai stimulan dalam memperbaiki sistem kognitif. Bahkan menurut seorang ilmuwan di Jepang, saat kita mencium aroma lemon di tempat kerja, maka saat bekerja kita akan lebih sedikit melakukan kesalahan. Itulah kenapa menghirup aroma lemon saat kita tidur akan meningkatkan konsentrasi dan menyehatkan pikiran.

3. Mengatasi hidung tersumbat dan melegakan pernapasan

Mengatasi hidung tersumbat via wellnessdose.com

Saat hidung tersumbat atau sedang mengalami flu, lemon bisa datang sebagai penyelamat. Aroma lembut dari irisan lemon akan menenangkan lubang hidung dan membuat pernapasanmu lebih lega sehingga lebih cepat tertidur. Irisan lemon membantu meningkatkan pernapasan dengan baik.

4. Meletakkan irisan lemon di kamar tidur setiap malam akan membantu menurunkan tekanan darah secara bertahap

Menormalkan tekanan darah via www.verywell.com

Aroma lemon memiliki kinerja baik untuk mengurangi retensi air serta meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh. Lemon juga mengandung senyawa kalium yang membantu menstabilkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Kalium mampu memberikan efek tenang bagi pikiran manusia sehingga buah ini banyak dimanfaatkan sebagai terapi stres, depresi, dan masalah gangguan mental.

5. Irisan lemon membantu dalam menyerap bakteri berbahaya termasuk juga bebas dari serangan nyamuk, sehingga menghasilkan udara segar yang bersih

Udara lebih segar via www.home-designing.com

Lemon diperkaya dengan kandungan sitronelal yang ditakuti serangga seperi nyamuk, lalat, kutu dan sejenisnya. Dengan meletakkan lemon di kamar tidur, maka udara di sekitarnya akan ternetralisir karena bakteri akan diserap habis oleh si buah kuning ajaib ini. Irisan lemon dapat bertindak sebagai obat nyamuk alami yang efektif. Aromanya yang khas dapat melindungi tidurmu dari semua serangga, terutama nyamuk.

6. Irisan lemon akan membuatmu merasa segar dan berenergi saat bangun di pagi hari

Bangun lebih berenergi via www.youtube.com

Aromanya membantu meningkatkan produksi serotonin di otak yang ampuh menghilangkan stres dan depresi. Hal ini membuatmu merasa senang dan puas ketika bangun. Selain itu, lemon juga membantu menghilangkan energi negatif dalam tubuh lho!

Kamu nggak perlu lagi wangi-wangian parfum atau pengharum ruangan untuk membuat kamar tidurmu menjadi wangi dan menenangkan. Cukup gunakan irisan lemon, kamu sudah mendapatkan berbagai manfaat kesehatan. Yuk, coba di rumah!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya