Daripada curhat ke orang lain dan nggak pernah dapat solusi, lebih baik curhat ke diri sendiri biar kedepannya lebih baik lagi.

Gimana, apakah kamu tipe orang dengan segudang permasalahan dan bingung apa cara yang tepat untuk menyelesaikannya? Atau, kamu adalah sosok yang tertutup dan terlalu segan untuk bercerita ke orang lain entah karena alasan takut atau nggak enak hati? Hmmm… kalau iya, artikel ini sepertinya cocok buatmu.

Ya, kamu nggak perlu kok sering-sering membagi masalah ke orang lain atau di sosmed kalau kamu sedang galau dan pusing-pusingnya. Di sini, Hipwee Tips menyarankanmu untuk ‘curhat’ pada diri sendiri melalui media cermin, walau meski pada awalnya kamu bakal merasa aneh. Daripada bingung dan penasaran, yuk simak penjelasannya!

1. Sebelum benar-benar yakin curhat ke orang lain, ada baiknya kamu intropeksi dulu. ‘Apa sih masalahku, siapa sih penyebab dari semua ini?’

intropeksi via pexels.com

Hal satu ini bisa dilakukan saat kamu lagi me time. Tanpa harus andelin kerabat terdekat, kamu bisa ajak ngobrol diri sendiri tentang berbagai problematika yang dialami. Di sinilah kamu bisa selami masalahmu lebih dalam dan detail lagi.

Advertisement

Pertanyaan-pertanyaan semacam inilah yang harusnya kamu jadikan bahan intropeski:

  • apa sih masalahku yang sebenarnya?
  • siapa sih penyebabnya?
  • aku atau orang lain sih yang salah?
  • apa yang bisa aku lakuin supaya masalah ini nggak semakin membesar?

2. Menghadap cermin sambil bilang ‘besok aku harus lebih baik lagi!’ adalah formula ampuh untuk mensugesti positif diri sendiri

harus lebih baik lagi via pexels.com

Kamu tidak perlu muluk-muluk untuk menjadi seseorang yang wah dan banyak disukai. Kamu cukup menjadi pribadi yang berpikiran positif dan nggak gampang membuat janji, kalau sekiranya nggak bisa menepati. Bersama cerminmu di kamar, cobalah untuk mensugesti hal-hal positif pada diri sendiri.

3. Ngomong pada diri sendiri itu ibarat obat yang nggak bisa kamu dapat di apotek. Bikin lega, tapi tanpa keluar biaya

talk to your self via pexels.com

Kadang kamu butuh waktu buat sendiri tanpa ada satupun orang lain yang mencampuri. Nah, di sinilah saatnya kamu memberanikan diri untuk berbicara pada diri sendiri demi mood dan keadaan jiwa yang lebih baik lagi. Jika diibaratkan obat, berbicara pada diri sendiri mampu membuatmu merasa lega dan nggak uring-uringan lagi.

4. Selanjutnya, cermin bisa jadi mediamu untuk selalu berpegang teguh pada prinsip ‘don’t worry be happy’ di hidup yang cuma sekali ini

don’t worry be happy saja via id.pinterest.com

Jika bukan untuk berbahagia, hidupmu yang cuma sekali ini mau buat apa?

Meski bahagia itu banyak sekali wujudnya, kamu bisa menata paling tidak satu kriteria kebahagiaan yang wajib kamu miliki sendiri. Misalnya; kamu bisa dengan bebas makan makanan apa yang kamu sukai, tanpa takut gemuk atau dikatai chubby. Well, intinya sih nggak usah kuatir soal kebahagiaan, karena itu hak yang patut untuk kamu dapatkan.

5. Daripada membiarkan orang lain mengenal dirimu lebih dalam, mengapa bukan kamu sendiri dan cermin kesayangan yang melakukannya?

cermin oh cermin… via pexels.com

Sebelum tidur, kamu bisa memanfaatkan cermin di kamarmu untuk me-rivew kejadian apa saja yang kamu alami hari itu. Baik atau buruknya bukan masalah, yang penting adalah intropeksinya.

Menurut penelitian, berbicara sendiri di depan cermin pun bisa meningkatkan kepercayaan dirimu di setiap harinya. Pembangunan emosional dalam dirimu pun bisa menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

6. Di depan cermin kamu bisa mengatai, berkeluh kesah bahkan mengumpat sepuas hati

ini pribadimu via coolerlifestyle.com

Bukankah nggak ada yang lebih menardibanding mengumpat sepuasnya tanpa ada yang mendengar atau tersinggung?

Pada dasarnya sikap setiap orang berbeda, misalnya saja dalam menghadapi sebuah masalah. Ada yang melepas kepenatan melalui umpatan atau sebaliknya berdiam diri sambil menangis. Dan dengan mengeluarkan isi hati dan pikiran seorang diri, kamu bakal merasa lebih bebas lantaran nggak ada yang menegur atau memarahimu.

Karena sejatinya, sedekat apapun kamu dengan seseorang, tetap yang mengenal diri sendiri sebenarnya adalah kamu. Oleh karena itu, jangan malu ngomong bahkan mengumpat sama ke diri sendiri deh!

Demi hidup yang lebih baik, kini nggak ada salahnya kamu sesuka hati mau lakukan apapun, termasuk berbicara sama diri sendiri. Biarkan saja mereka menganggap kamu ini gila atau stres, toh mereka ini nggak tahu apa-apa. Kalau mereka tahu 6 manfaat tersembunyi dari berbicara di depan cermin tadi, jangan heran kalau mereka juga ingin mempraktikannya. 🙂