Mendengar nama-nama makanan seperti spaghetti bolognese, fettuccine carbonara, atau spaghetti aglio olio, kamu mungkin membayangkan makanan mewah dengan harga yang selangit mahalnya. Mungkin juga kamu menganggap hanya koki-koki kelas dunia saja yang bisa membuat makanan semacam itu.

Kalau kamu berpikir seperti itu, wah, kamu sudah salah besar. Menu olahan pasta semacam itu bisa dibuat oleh siapa saja kok, termasuk kamu yang nggak sekolah masak atau bahkan nggak bisa masak sama sekali. Nih, Hipwee kasih beberapa resep pasta yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Tenang saja, gampang dan murah, kok!

1. Fettuccine Carbonara: Saus Krim Lembut yang Menggoda Selera

Pasta dengan saus krim yang menggoda selera via www.blackpen.net

Saus pasta satu ini memang sudah terkenal kelezatannya. Menemukannya pun mudah, hampir seluruh kafe dan restoran masakan western pasti menyajikan menu pasta carbonara ini. Tekstur lembut dari saus creamy-nya itu, lho! Nggak bisa untuk dilewatkan.

Tapi, nggak hanya restoran western atau kafe saja kok yang bisa menyajikannya. Kamu pun bisa membuatnya dengan mudah di rumah, tanpa perlu merogoh kantong terlalu dalam.

Advertisement

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • Pasta fettuccine secukupnya; kamu juga bisa pakai pasta jenis lain (1 x 500 gr = Rp 11.000)
  • 2 sendok makan margarin (2 sachet mini = Rp 1.500)
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus (1 x 100 gr = Rp 6.000)
  • 2 siung bawang putih, cincang halus (1 x 100 gr = Rp 2.000)
  • 2 bungkus susu putih bubuk, larutkan dengan air pada 2 gelas berbeda (2 x 40 gr = Rp 6.000)
  • Keju cheddar secukupnya, parut (2 bungkus mini = Rp 9.000)
  • Garam dan merica bubuk secukupnya (1 sachet = Rp 500)
  • 3 buah sosis sapi (1 bungkus isi 6 pcs = Rp 10.000)

Cara membuatnya:

  • Rebus pasta dalam air mendidih. Tambahkan 1 sendok makan margarin supaya tidak lengket.
  • Setelah 8-9 menit, matikan api dan tiriskan pasta.
  • Siapkan wajan dan panaskan 1 sendok makan margarin untuk menumis.
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
  • Masukkan sosis sapi yang telah dipotong-potong. Aduk-aduk hingga tercampur dengan bawang.
  • Tuangkan 2 gelas susu yang sudah dilarutkan. Aduk hingga merata.
  • Tambahkan keju parut, garam, dan merica secukupnya. Tunggu hingga susu mulai panas.
  • Masukkan pasta yang sudah ditiriskan ke dalam saus. Aduk hingga merata.
  • Matikan api dan sajikan pasta ke atas piring yang sudah disediakan. Beri sedikit taburan keju parut untuk menambah rasa gurih.

Mudah, ‘kan? Nggak sampai 10 langkah dan hanya sekitar 20 menit saja, fettuccine carbonara-mu sudah siap disantap. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga cukup hemat, hanya Rp 46.000. Itupun sudah bisa untuk 4-5 porsi fettuccine carbonara. Cocok banget untuk jadi menu masak-masak sama teman-teman.

2. Rasa Gurih Sederhana Spaghetti Aglio Olio yang Membuat Kita Nggak Bisa Berhenti Menyantapnya

Pedas dan gurihnya bikin kamu nggak bisa berhenti makan via passionandcooking.com

Kalau carbonara memiliki tekstur yang creamy, aglio olio ini justru memberikan rasa gurih yang cenderung “kering”. Tapi bukan berarti nggak terasa enak. Justru aglio olio ini memberikan rasa nikmat nan sederhana yang membuat kita nggak bisa berhenti menyantapnya.

Cara membuatnya nggak kalah sederhana, bahkan bahan-bahannya pun sebagian besar pasti kalian miliki di dapur.

  • Pasta spaghetti secukupnya (1 x 500 gr = Rp 11.000)
  • 3 sendok makan minyak zaitun; kamu juga bisa menggunakan minyak sayur biasa (ada di rumah = Rp 0)
  • 3 buah cabai rawit, iris dan pisahkan bijinya (1 x 100 gr = Rp 3.000)
  • 3 siung bawang putih, cincang halus (1 x 100 gr = Rp 2.000)
  • Garam dan merica secukupnya (1 sachet = Rp 500)
  • 3 buah sosis sapi (1 bungkus isi 6 pcs = Rp 10.000)
  • Keju parut secukupnya untuk taburan (1 bungkus mini = Rp 4.500)

Setelah semua bahan tersedia dengan lengkap, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini untuk membuat spaghetti aglio olio:

  • Rebus pasta dalam air mendidih. Tambahkan 1 sendok makan minyak supaya tidak lengket.
  • Angkat pasta setelah dimasak selama 9 menit. Tiriskan agar panasnya menguap.
  • Siapkan wajan anti lengket. Panaskan 2 sendok makan minyak dan tumis bawang putih hingga harum.
  • Masukkan cabai rawit. Aduk-aduk hingga menyatu, tapi jangan sampai terlalu layu. Lalu, masukkan sosis sapi dan masak hingga matang.
  • Masukkan pasta yang sudah ditiriskan ke dalam tumisan. Aduk-aduk hingga menyatu dengan bumbu.
  • Tambahkan garam dan merica secukupnya. Aduk kembali hingga benar-benar merata.
  • Tuangkan pasta ke atas piring saji dan tambahkan keju parut untuk menambah cita rasa.

Voila! Nggak sampai 20 menit, spaghetti aglio olio-mu sudah jadi dan siap disantap. Rasanya juga pasti nggak kalah sama yang ada di restoran mahal. Kabar baiknya lagi, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 31.000 saja dan jadilah spaghetti aglio olio untuk 5 porsi. 😀

3. Karena Versi Instannya Nggak Baik Untukmu, Buat Sendiri Macaroni ‘n Cheese Favoritmu Ini, Yuk!

Masaknya mudah, tiap hari juga nggak masalah via de.wikipedia.org

Menyantap menu pasta satu ini nggak susah, sudah banyak beredar versi instannya dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, kandungan sodiumnya cukup tinggi, nggak baik jika disantap terlalu sering. Lagipula, kamu bisa membuatnya sendiri, kok. Hanya perlu 5 bahan utama saja dan rasanya… nggak kalah nikmat deh dengan yang versi instan. Ini nih bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 250 gr pasta jenis elbow macaroni (1 x 250 gr = Rp 7.000)
  • 2 sendok makan mentega (2 sachet mini = Rp 1.500)
  • 100 ml + 200 ml susu putih cair (2 x 200 ml = Rp 7.000)
  • 1 boks keju cheddar 180 gr, parut (1 x 180 gr = Rp 20.000)
  • 3 sendok makan tepung terigu (ada di rumah = Rp 0)
  • Garam dan merica secukupnya (1 sachet = Rp 500)

Oke, setelah semua bahan siap, sekarang kamu sudah bisa mulai membuatnya.

  • Pertama, rebus pasta dalam air mendidih selama 9 menit. Jangan lupa tambahkan 1 sendok makan minyak.
  • Tiriskan pasta jika sudah masak dengan baik.
  • Tuang tepung terigu dan 100 ml susu putih cair ke dalam sebuah mangkuk berukuran sedang. Aduk merata sampai tidak ada gumpalan.
  • Panaskan wajan anti lengket di atas api sedang. Tuang 200 ml susu putih cair ke dalamnya. Aduk perlahan sampai suhunya memanas, bukan mendidih.
  • Kecilkan api, lalu masukkan campuran tepung dan susu ke dalam wajan. Aduk selama 4 menit sampai mengental.
  • Tambahkan keju cheddar yang telah diparut ke dalam larutan susu. Terus aduk perlahan sampai teksturnya berubah lembut dan creamy.
  • Masukkan pasta yang sudah ditiriskan ke dalam saus. Aduk-aduk sampai semua pasta terlapisi saus dengan sempurna.

Siap dihidangkan, deh! Menu ini cocok banget untuk kamu yang pecinta keju. Rasanya lebih kaya dari yang versi instan, dan jelas lebih sehat. Kamu hanya perlu sekitar 20 menit untuk memasaknya dan Rp 36.000 untuk membeli bahan-bahannya. Mahal? Nggak, kok. Resep ini cukup untuk 5 porsi, jadi kamu bisa “patungan” deh membeli bahannya.

Resep diolah dari situs Cook n Share.

4. Ngemil Jadi Semakin Nikmat Dengan Macaroni Schotel Kukus Buatan Sendiri

Nggak harus dipanggang via www.pronas.co.id

Pasta nggak hanya identik sebagai makanan berat saja, tapi bisa juga dijadikan camilan saat sedang menonton TV atau mengerjakan tugas. Nah, salah satu menu pasta yang bisa dijadikan camilan adalah macaroni schotel. Untuk membuatnya, kamu nggak harus punya oven, kok, karena bisa diakali dengan mengukusnya.

Bahan-bahan yang kamu perlukan nggak banyak, cuma ini saja:

  • 250 gr pasta jenis macaroni (1 x 250 gr = Rp 7.000)
  • 100 gr kornet sapi (1 kaleng 120 gr = Rp 12.000)
  • 1 buah bawang bombay, potong kotak (1 x 100 gr = Rp 6.000)
  • 5 siung bawang putih, cincang halus (1 x 100 gr = Rp 2.000)
  • 1 sendok makan margarin (1 sachet mini 17 gr = Rp 700)
  • 2 butir telur (2 x Rp 1.200 = Rp 2.400)
  • 200 ml susu putih cair (1 x 200 ml = Rp 3.500)
  • 2 bungkus keju cheddar 35 gr, parut (2 bungkus mini = Rp 9.000)
  • Garam dan merica secukupnya (1 sachet merica bubuk = Rp 500)

Cara membuatnya:

  • Rebus pasta dalam air mendidih selama 9 menit. Tambahkan 1 sendok makan minyak supaya tidak lengket.
  • Setelah masak dengan sempurna, angkat dan tiriskan pasta.
  • Panaskan margarin pada wajan, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
  • Masukkan kornet ke dalam tumisan. Tambahkan garam dan merica sesuai selera.
  • Masukkan pasta yang sudah ditiriskan ke dalam tumisan. Aduk sampai merata.
  • Siapkan loyang kaca atau keramik tahan panas.
  • Tuangkan susu dan telur ke dalamnya. Aduk keduanya sampai benar-benar rata. Perhatikan telurnya dengan baik.
  • Tuangkan tumisan pasta dan kornet ke dalam loyang tersebut. Campur seluruh bahan tersebut sampai semuanya terlapisi telur dan susu.
  • Taburkan parutan keju di atasnya. Kemudian, kukus selama 30 menit.

Macaroni schotel-nya sudah siap deh buat jadi camilanmu. Hanya memakan waktu 1 jam dan biaya Rp 43.100, kamu sudah bisa membuat camilan lezat ini untuk seluruh penghuni rumah atau kostan. Hemat dan mudah, ‘kan?

5. Spaghetti Bolognese Classic: Cinta Pertamamu Pada Pasta

Saus pasta pertama yang kamu coba via creme-de-la-crema.net

Bolognese mungkin menjadi saus pasta pertama yang kamu ketahui. Dan begitu mencicipnya, kamu langsung jatuh cinta dan ketagihan sama saus ini. Nggak heran sih, rasa asam dari saus tomatnya memang membuat mulut terasa segar dan nafsu makan bertambah besar.

Kalau lagi kangen sama menu pasta satu ini, mungkin kamu bisa mencoba resep dari Hipwee ini. Dijamin mudah dan pastinya murah. Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk memasak, antara lain:

  • Pasta jenis spaghetti secukupnya (1 x 500 gr = Rp 11.000)
  • Saus tomat botolan (1 x 140 ml = Rp 4.000)
  • 1 bungkus kornet sapi (1 x 50 gr = Rp 5.000)
  • 2 siung bawang putih, cincang halus (1 x 100 gr = Rp 2.000)
  • buah bawang bombay, potong kotak-kotak (1 x 100 gr = Rp 6.000)
  • 1 bungkus margarin (1 sachet mini = Rp 700)
  • Garam, merica, dan minyak secukupnya

Langkah-langkah membuatnya:

  • Rebus pasta selama 9 menit dalam air mendidih. Tambahkan minyak supaya tidak lengket. Segera tiriskan setelah matang.
  • Panaskan margarin dalam wajan. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum.
  • Masukkan kornet. Aduk dengan rata supaya kornet tidak menggumpal.
  • Tambahkan saus tomat, garam, dan merica ke dalam tumisan. Aduk sejenak, lalu tambahkan 2 sendok makan air. Aduk kembali sampai merata.
  • Tata spaghetti yang sudah ditiriskan ke atas piring-piring saji. Kemudian, tuang saus bolognaise ke atas pasta tersebut.

Menu bolognese siap disantap deh selagi hangat. Nggak sulit, ‘kan? Untuk membuatnya, kamu pun hanya perlu meluangkan waktu sekitar 20 menit dan mengeluarkan biaya Rp 28.700 untuk 2-3 porsi. Pokoknya hemat, deh.

Resep diolah dari situs Dapur Masak.

6. Dengan Penne Tuna Saus Tomat, Kamu Nggak Akan Kelaparan Lagi Saat Terjebak Hujan di Kostan

Pas banget untuk musim hujan via saltandbatter.wordpress.com

Resep pasta satu ini dijamin adalah yang paling mudah, apalagi untuk anak kostan sepertimu. Cocok banget untuk mengganjal perut di saat hujan dan nggak bisa pergi mencari makan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya 5 saja:

  • Pasta jenis penne secukupnya; bisa diganti juga dengan macaroni atau fusilli (1 x 250 gr = Rp 7.000)
  • 1 kaleng tuna original (Rp 15.000)
  • 5 sendok makan saus tomat (1 botol 140 ml = Rp 4.000)
  • Minyak goreng secukupnya (ada di rumah = Rp 0)
  • Garam secukupnya (ada di rumah = Rp 0)

Nah, setelah semuanya siap, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah:

  • Rebus pasta dalam air mendidih selama 9 menit. Tambahkan sedikit minyak, lalu tiriskan saat sudah matang.
  • Panaskan minyak pada wajan. Hangatkan tuna kalengan secukupnya.
  • Tambahkan 2 sendok makan saus tomat ke dalam tumisan tuna. Aduk-aduk sampai merata.
  • Masukkan pasta yang sudah ditiriskan. Tambahkan 3 sendok makan saus tomat. Aduk sampai seluruh pasta terlapisi saus dengan sempurna.

Sudah jadi, deh. Praktis ‘kan sebagai makanan dadakan saat terjebak hujan di kostan? Nggak sampai 20 menit, kamu sudah bisa menyantapnya. Biaya yang kamu butuhkan juga hanya Rp 26.000, itupun bahan-bahannya bisa kamu simpan untuk masak berikutnya. 😀

Resep diolah dari situs Dapur Masak.

Nah, itu dia 6 resep olahan pasta yang kamu bisa coba di rumah saat ini juga. Bahan-bahannya mudah didapat dan harganya pun juga murah. Tapi yang pasti, rasanya nggak kalah sama yang di restoran mewah. Selamat memasak!