Urutan kegiatan bersih-bersih paling menyebalkan di dunia:

  1. Beres-beres kamar kost setelah mengalahkan kemalasan hampir 1 semester lamanya
  2. Beres-beres kamar kost dengan tebaran rambut rontok di mana-mana

Rambut rontok memang menyebalkan. Bukan cuma mengurangi okenya penampilan, rambut-rambut yang bertebaran itu juga sulit dibersihkan. Demi mengatasinya berbagai tindakan pun kita lakukan. Mulai dari creambath, pakai hair tonic, sampai perawatan ke dokter — sayang, kadang urusan rambut rontok ini masih juga terjadi.

Sudah bosan dengan kerontokan rambut dan ingin punya rambut yang sehat dan tebal? Yuk simak beberapa resep masker rambut yang mudah kamu buat sendiri di rumah yang sudah Hipwee kasih himpun di sini.

1. Mungkin terdengar aneh, tapi masker bawang bisa membantu rambutmu bertahan kuat di akarnya

Masker bawang untuk rambut rontok via www.hairstalk.com

Advertisement

Ya, bawang. Bumbu dapur yang satu ini memang terkenal mengandung senyawa aktif yang banyak sekali manfaatnya. Ternyata bawang juga bisa, lho, mengatasi kerontokan rambut. Kamu bisa pilih mau bawang putih, atau bawang merah. Caranya mudah, kamu bisa melumatkan 3 buah bawang atau lebih dengan blender atau ulekan. Hasil bawang berbentuk krim atau jus ini bisa langsung kamu oleskan pada kulit dan seluruh rambut, lalu diamkan semalaman dengan cara membungkusnya menggunakan handuk.

Setelah semalaman kamu diamkan, bilas dengan air yang banyak lalu hilangkan bekas dan baunya dengan shampo seperti biasa. Untuk hasil terbaik, kamu bisa menggunakan cara ini dua kali seminggu.

2. Buah pisang yang mengandung kalium dan vitamin ini tak hanya baik bagi tubuh, tapi juga rambut

Pisang + kuning telur = rambut kuat via makeuptipsdiary.com

Vitamin dan mineral yang ada pada buah pisang punya khasiat yang baik untuk rambut, yaitu bisa memperkuat akar dan juga melembabkan kulit kepala. Kamu pun bisa membuat masker rambut dari buah pisang dengan tambahan kuning telur yang juga berkhasiat untuk mengatasi kerontokan rambut. Caranya:

  • Lumatkan satu buah pisang dengan menggunakan pisau.
  • Tambahkan 1 butir kuning telur dalam hasil lumatanmu.
  • Oleskan masker ini pada kulit kepalamu dan tunggu hingga 30-40 menit.
  • Bilas dengan air dan cuci dengan shampo yang lembut.

Selalu pakai shampo yang lembut atau mild agar tidak menambah buruk kondisi kulit kepalamu.

3. Campuran kuning telur, bawang, minyak zaitun, dan madu efektif mengurangi kerontokan dan menghaluskan rambutmu

Rambut cantik via manina4teens.wordpress.com

Campuran berbagai bahan bernutrisi bisa banget bikin rambut kamu lembut sekaligus membebaskanmu dari kerontokan rambut.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Kuning telur – 1 butir
  • Minyak zaitun – 1 sendok makan
  • Jus bawang – 2 sendok makan
  • Madu – 1 sendok makan

Caranya:

  • Campurkan semua bahan dan aduk hingga rata.
  • Oleskan masker merata pada rambut.
  • Diamkan selama sekitar 20 menit lalu bilas dengan menggunakan shampo yang lembut.

4. Masker alpukat adalah jawaban buatmu yang rambutnya rontok karena kering dan patah

Alpukat biar rambutmu halus dan lembut via www.pinterest.com

Rambut kasar dan kering milikmu, jelas membutuhkan perhatian yang ekstra. Dengan bantuan beberapa bahan yang melembabkan sekaligus membantu rambut agar tidak rontok bisa banget kamu coba membuatnya sendiri.

Bahannya:

  • Minyak zaitun – 2 sendok makan
  • Madu – 1 sendok makan
  • Alpukat matang yang telah dilumatkan – 1 buah

Caranya:

Tambahkan minyak zaitun dan madu pada alpukat yang telah dilumatkan, lalu aduk sampai kamu mendapatkan tekstur yang creamy. Oleskan pada sepanjang batang rambutmu, kemudian tunggu sampai 20 menit. Setelahnya kamu bisa bersihkan dengan air dan shampo yang lembut.

5. Antioksidan pada teh hijau juga akan berperan baik dalam mengatasi rambut rontokmu

Teh hijau untuk membilas rambut via life.ma

Teh hijau memang banyak manfaatnya, kandungan antioksidannya yang tinggi juga baik bagi rambut. Terutama untuk menguatkan dan merangsang pertumbuhan rambut. Caranya sangat mudah jika kamu ingin perawatan rambut dengan teh hijau. Kamu cukup seduh dua kantung teh hijau dengan satu gelas air. Biarkan air seduhan jadi dingin, lalu kamu bisa kucurkan merata dari kulit kepala hingga batang rambut. Setelah rambutmu basah merata, kamu bisa pakaikan topi mandi atau shower cap dan diamkan sampai 1 jam. Setelahnya kamu bisa bilas dengan air bersih.

6. Rambut rontok bisa terjadi karena banyak hal. Perbaiki pola tidur dan kurangi stres bisa kamu lakukan untuk mengurangi kerontokannya

Redakan stres dengan yoga via www.bokamera.se

Rambut rontok memang normal, karena rambut juga mengalami regenerasi pada selnya. Namun jika jumlahnya sudah sangat banyak itu tandanya kamu punya kerontokan yang tidak normal. Kerontokan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal terutama pola tidur yang kurang baik dan tingkat stres yang tinggi. Coba kurangi begadang dan buat jam tidur dan bangun yang rutin setiap harinya. Lalu tangani stres dengan berbagai aktifitas yang menenangkan seperti olahraga maupun yoga. Kesehatan tubuh juga sangat penting untuk mendukung kesehatan rambut.

Merawat rambut dari kerontokan akan membuat rambutmu kembali tebal seperti sediakala dan kepercayaan dirimu pun akan meningkat. Jadi, kamu pilih cara yang mana?