Es krim kok digoreng sih? Emangnya bisa?

Bisa, lah! Malah justru, es krim goreng ini bisa kamu buat sendiri di rumahmu. Kalau kamu penggemar berat es krim, sesuka apapun kamu, pasti pernah bosan juga dengan cara penyajiannya yang cuma gitu-gitu aja. Makanya, kali ini Hipwee akan mengupas tentang beberapa teknik membuat es krim goreng yang bisa kamu bikin sendiri di rumah. Pastinya praktis, irit, dan dijamin tetap yummy. Yuk disimak apa saja macam-macamnya!

1. Es krim vanila goreng ini terasa makin sedap, jika kamu siram dengan sirup cokelat

dengan ice cream vanila lembut didalam berbalut roti gurih diluar, jadi nggak sabar pengen makan via boulderlocavore.com

Lihat deh es krim goreng di atas. Kalau di kafe pasti harganya mahal, ya. Jangan cemas, karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuatnya, kamu harus menyiapkan beberapa bahan ini dulu ya:

  • 2 scoop es krim vanila
  • 1 1/2 cangkir remahan kue/ biskuit (kamu bisa memilih biskuit kesukaan lalu hancurkan)
  • 3/4 cangkir remahan corn flakes/ sereal
  • 2 butir telur (disesuaikan dengan berapa jumlah bola es krim yang akan dibuat)
  • 1/2 cangkir gula halus
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • Minyak bunga matahari (jika tidak ada kamu bisa menggunakan minyak goreng biasa)
Advertisement

Cara membuatnya:

  1. Sediakan loyang kue yang telah dilapisi plastik. Bentuklah es krim vanila menjadi bola-bola dengan ice cream scoop, masukkan dalam freezer hingga keras sekitar 2-3 jam. Jika ingin tekstur keras yang maksimal, kamu bisa mendiamkannya semalaman.
  2. Tempatkan remahan kue/biskuit ke dalam mangkuk. Ambil bola-bola es krim satu per satu, lalu gulung-gulung es krim ke remahan kue/biskuit. Tipis saja, tak perlu terlalu tebal. Setelah itu, masukkan lagi bola-bola yang berbalut remahan kue/biskuit tipis ke dalam freezer dan diamkan selama 30 menit.
  3. Pecahkan 2 butir telur dan kocok di dalam mangkuk. Guling-gulingkan es krim ke telur dan ke mangkuk berisi remahan kue/ biskuit dengan merata dan tebal. Masukkan lagi ke freezer selama 1 jam. Setelah itu, masukkan lagi ke telur dan gulungkan ke mangkuk berisi remahan corn flakes/ sereal, kembalikan lagi ke freezer dan diamkan 30 menit.
  4. Menggoreng es krim: panaskan minyak dengan suhu mencapai 375 derajat, lalu goreng es selama 20 detik. Segera tiriskan. Campurkan gula halus dan kayu manis di mangkuk kecil. Taburkan campuran gula dan kayu manis ke bola-bola goreng hingga merata ke semua sisi.
  5. Bola-bola es krim goreng pun siap dinikmati. Kamu bisa menambahkan sirup cokelat atau rasa lain yang kamu suka untuk dilumurkan di bagian atas untuk penyajian dan memberi tambahan sensasi rasa.

Gimana? Gampang ‘kan ternyata buatnya? Kalau kamu punya kafe kecil-kecilan, menu es goreng ini bisa kamu jadikan salah satu menu di kafemu. Sekadar dibuat untuk camilan di rumah, bisa juga.

2. Crunchy ice cream bar, renyahnya permukaan berpadu dengan lembutnya es krim di dalam

ice cream bar juga bisa dikreasikan jadi es goreng kok via www.yummly.com

Membuat ice cream bar goreng ini tak sesulit yang terlihat. Es krim ini pun cocok dinikmati bersama keluarga atau disajikan untuk teman dan kerabat yang datang berkunjung ke rumah kamu. Es krim ini memang lebih dikhususkan untuk menemani acara-acara pertemuan dan menjadi favorit keluarga.

Bahan:

  • 3 cangkir corn flake/sereal/oat yang sudah dihancurkan
  • 1/2 cangkir mentega (untuk 1 stick)
  • 3/4 cangkir gula
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 1 setengah galon es krim vanila (galon disini dimaksudkan untuk ice cream bucket ya)

Langkah-langkah membuatnya:

  1. Panaskan penggorengan, lelehkan mentega. Tambahkan corn flake/sereal/oat dan goreng sekitar 3-5 menit. Tips: terus diaduk ya agar tak menggumpal.
  2. Angkat penggorengan, kemudian tambahkan gula, garam, dan kayu manis, lalu aduk rata.
  3. Siapkan loyang dengan ukuran tinggi antara 10-15 cm. Masukkan setengah dari corn flake/sereal/oat goreng ke dasar loyang, lalu ratakan dan masukkan ke freezer 15 menit.
  4. Jika sudah, masukkan es krim dan ratakan. Setelah itu, tambahkan setengah corn flake/sereal/oat goreng sisa ke atas es krim.
  5. Masukkan kembali ke freezer selama minimal 3 jam.

Es krim pun siap dihidangkan dengan cara dipotong kotak-kotak. Kamu juga bisa memberi hiasan dengan whipped cream dan potongan stroberi, atau bisa juga dengan sirup cokelat, karamel, dan madu.

3. Ada juga es krim goreng dengan sensasi rasa buah yang menyegarkan.

es krim vanila yang lembut dibalut dengan sereal rasa buah yang renyah via www.sweetcharli.com

Sekarang kamu bisa membuat es krim vanila goreng dengan sensasi buah yang menyegarkan. Caranya super mudah, kamu hanya perlu 2 bahan utama, yaitu: es krim vanila (jumlah scoop bisa sesuka hatimu) dan seral rasa buah. Di Indonesia, sereal rasa buah ini bisa kamu dapatkan di beberapa pusat perbelanjaan di bagian sereal atau barang-barang impor. Kalau memang tidak ada, kamu bisa menggantinya dengan permen rasa buah.

Pertama, hancurkan dulu sereal rasa buah ini. Kedua, cetak es krim dengan scoop dan guling-gulingkan ke remahan sereal buah. Setelah itu, diamkan bola-bola es krim lucu ini di freezer paling tidak semalam. Panaskan minyak 375 derajat, lalu celupkan bola-bola es krim satu per satu selama 3-5 detik saja. Voila! es krim goreng berbalut sereal buah ini siap dinikmati. Kamu bisa menambahkan topping sesuka hati, bisa dengan whipped cream atau potongan buah segar kesukaanmu.

4. “Kriuk, kriuk!” es krim goreng renyah ini dijamin membuat hari-harimu jadi makin bersemangat

terlihat seperti bola-bola ayam goreng yang berbalut brown sauce, siapa sangka ternyata ini es krim via www.brit.co

Kreasi es krim goreng memang bermacam-macam, tak heran jika mungkin sekilas gambar di atas terlihat seperti potongan ayam goreng dengan kulit crunchy berbalut brown sauce. Es krim goreng kali ini memang terinspirasi dari penyajian ayam goreng dengan kulit crispy. Cara membuatnya juga mudah, yuk siapkan bahan-bahan ini dulu:

  • 1/4 cangkir mentega
  • 1/2 cangkir gula merah (dihaluskan)
  • 1/3 cangkir krim kental
  • Garam secukupnya
  • 4 sendok es krim (sesuaikan sendiri)
  • 1 bungkus besar keripik kentang (usahakan rasa original dan pilih yang bertekstur gelombang. Tapi jika tak ada, yang biasa juga tak masalah)
  • Brown Butter Topping

Cara membuatnya:

  1. Pertama kamu harus membuat Brown Butter Topping terlebih dahulu. Panaskan panci ukuran kecil, lelehkan mentega. Setelah kecokelatan, masukan gula merah dan garam. Campur rata dengan api kecil hingga lengket selama 5 menit. Angkat, lalu masukkan krim kental dan aduk rata.
  2. Hancurkan keripik kentang, lalu letakkan di piring. Bentuklah es krim menjadi bola-bola dengan scoop atau tangan. Guling-gulingkan bola-bola es krim ke piring berisi remahan keripik kentang.
  3. Tarraaa! Sudah selesai. Kamu tinggal menempatkan bola-bola ke wadah yang menyerupai bungkus ayam goreng atau mangkuk yang lucu lalu tuangkan Brown Butter Topping dengan sendok ke atas es krim.

Gampang banget ‘kan? Untuk membuatnya kamu hanya butuh 15-20 menit saja. Layak dicoba ya

5. Classic fried ice cream, bentuk es krim yang katanya jadul. Tapi rasanya tak kalah dengan yang kreasi kekinian, patut dicoba!

ini bentuk paling sederhana dari es krim goreng, versi tradisional katanya via www.cookingclassy.com

Es krim dengan sereal yang digoreng sering disebut sebagai versi tradisional. Julukan ini memang sesuai dengan tampilannya yang juga sederhana dan cara membuatnya yang terbilang mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan: 5 cangkir sereal/ corn flakes yang sudah ditumbuk, 1/2 cangkir mentega, 2 sdt kayu manis bubuk dan es krim vanila.

Yang perlu kamu lakukan adalah pertama panaskan penggorengan. Lalu, lelehkan mentega. Masukkan corn flakes dan kayu manis. Aduk rata di atas api sedang kira-kira 2 menit. Letakkan di atas loyang, gunakan garpu untuk memisahkan jika corn flakes menggumpal. Bentuk es krim menjadi bola-bola dengan scoop, lalu gulung-gulung ke loyang berisi cornflakes. Es krim pun siap disajikan.

6. Es krim goreng kayu manis dalam mangkuk tortilla terlihat istimewa dan mahal, padahal mudah dibuat dan murah

mesti terlihat sedikit rumit, tapi kita tetap bisa membuatnya sendiri via www.tasteandtellblog.com

Untuk membuatnya memang butuh kesabaran dan ketekunan, tapi bukan berarti susah ‘kan? Berkreasi dan memasak memang begitu, harus dengan perasaan yang senang dan fokus. Kamu juga pasti bisa, yuk simak langkah-langkahnya!

Bahan es krim goreng:

  • 1 liter es krim vanila (kamu bisa membeli 1 bucket kecil)
  • 7 cangkir cornflake/sereal
  • 1 sendok makan kayu manis
  • 4 putih telur
  • minyak goreng

Bahan tortilla:

  • 6 tortilla 6 inci
  • 3 sendok makan mentega (dilelehkan)
  • 3 sendok makan gula
  • 1 sendok teh kayu manis

prosedur pembuatan via www.tasteandtellblog.com

Cara membuat es krim:

  1. Sendok es krim dengan ice cream scoop. Tempatkan di atas loyang dilapisi dengan kertas minyak. Bekukan sampai padat, sekitar 1 jam.
  2. Hancurkan corn flakes/ sereal di mangkuk besar. Tambahkan kayu manis, aduk rata.
  3. Tempatkan putih telur dalam mangkuk kecil dan aduk hingga berbusa.
  4. Keluarkan bola-bola es krim dari freezer. Lakukan satu per satu, celupkan bola ke dalam putih telur, lalu gulung di remah-remah corn flake. Kembali ke putih telur untuk lapisan kedua, kemudian kembali ke cornflake. Begitu sampai bola-bola telah terbalut corn flakes semua.
  5. Tempatkan es krim kembali pada loyang dan mengembalikan ke freezer.Bekukan sampai benar-benar padat, setidaknya 4 jam, sebaiknya semalam.

Cara membuat mangkuk tortilla:

  1. Panaskan oven sampai 350 F.
  2. Tempatkan tortilla dalam microwave selama 30 detik untuk melembutkan. Letakkan satu tortilla di meja, dan olesi seluruh permukaan dengan mentega cair. Campur gula dan kayu manis bersama-sama dalam mangkuk kecil, lalu taburi permukaan tortilla dengan beberapa kayu manis gula. Lakukan hal yang sama di sisi sebaliknya.
  3. Letakkan tortilla dalam loyang muffin. Pastikan datar di bagian bawah, dan lipat sisi yang diperlukan untuk membentuk mangkuk. Lakukan sampai tortilla habis.
  4. Panggang mangkuk tortilla selama 15 menit, atau sampai kecokelatan. Keluarkan dan biarkan mangkuk selama beberapa menit, lalu lepaskan dari cetakan untuk mendinginkan sepenuhnya.

Cara menyatukan:

  1. Isi panci dengan minyak 3-4 inci. Panas hingga 350 F.
  2. Masak es krim kira-kira 10-15 detik. Lakukan satu per satu. Segera tiriskan.
  3. Letakkan bola pada mangkuk tortila dan siap disajikan. Lakukan sampai bola-bola habis.

Untuk mempercantik tampilannya, kamu bisa memberika whipped cream dan ceri sebagai hiasan.

Gimana? Mudah ‘kan sebenarnya? Kamu hanya perlu ketelitian dan kesabaran untuk menggoreng es krim dan lihat hasil karyamu. Es krim goreng yang enak dipandang lagi dinikmati bersama keluarga. kamu bisa menjadikannya menu penutup untuk acara pesta atau menu tambahan di kafe. Selamat mencoba 🙂