Siapa sih di antara kita yang nggak tahu yogurt? Hasil fermentasi susu ini nggak hanya enak, tapi juga punya banyak manfaat. Selain kaya vitamin dan probiotik yang baik untuk pencernaan, yogurt juga bisa membantumu menurunkan berat badan!

Memang sih, secara kalori, yogurt bukan makanan berkalori paling rendah. Tapi sejumlah penelitian membuktikan bahwa yogurt bisa membuat rasa laparmu berkurang. Kamu yang lagi diet atau dalam program membentuk badan ideal juga bakal sangat terbantu dengan konsumsi yogurt yang cukup, karena yogurt mengandung asam amino yang membakar lemak lebih cepat dan kalsium yang mencegah tumpukan lemak pada perut.

Belum terbiasa sama rasanya yang masam? Coba deh kreasikan yogurt jadi olahan-olahan manis berikut ini. Bisa kamu buat sendiri dari rumah, lagi!

1. Simple Strawberry Froyo ini maknyus dan nggak akan bikin buncit perut.

Strawberry froyo buatan rumah nggak kalah sama yang di mall via www.twopeasandtheirpod.com

Frozen yogurt sempat merajai posisi jajanan kekinian beberapa waktu lalu. Enak tapi tetap sehat, jelas saja banyak orang yang kepincut. Kalau kamu nggak pengen buang-buang duit mahal dengan beli froyo di mall, kamu bisa coba bikin sendiri di rumah.

Advertisement

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 600 gram strawberry beku
  • 3 sdm madu
  • 120 gram yogurt tawar
  • 1 sdm sari perasan lemon atau jeruk nipis

Cara mengolahnya nggak sulit:

  1. Masukkan strawberry beku, madu, yogurt dan sari lemon atau jeruk nipis ke dalam blender atau food processor. Haluskan selama kurang lebih 5 menit hingga semua bahan tercampur merata dan teksturnya menjadi creamy.
  2. Sebenarnya strawberry froyo ini sudah bisa kamu santap langsung setelah di-blender. Tapi kalau mau lebih maknyus lagi, dinginkan dalam lemari es selama beberapa jam hingga membeku. Setelah itu tinggal dikeruk dan dihidangkan seperti froyo di kafe-kafe kekinian.

Sip, jadi deh menu jajanan ngehits dengan harga ekonomis ini di dapurmu sendiri. Rasanya nggak kalah deh sama kafe-kafe froyo di pusat perbelanjaan kelas atas. PS: strawberry froyo ini tahan disimpan 1 bulan dalam freezer lho, jadi kamu bisa bikin banyak untuk disantap sedikit-sedikit.

2. Biar kamu bisa sering ngemil tapi gak tambah gendut, cobain dong Es Kue Banana Yogurt Ini.

Tetap bisa ngemil asyik dengan yogurt bites ini via www.eatsamazing.co.uk

Yogurt juga bisa diolah jadi kudapan sehat. Jadi meskipun kamu lagi diet, kamu nggak perlu say goodbye sama hobi kamu buat ngunyah-ngunyah.

Bahan-bahan yang kamu perlukan:

  • 1 pisang ukuran besar yang sudah matang.
  • 150 gram yogurt tawar (yang natural lebih disarankan)
  • Sedikit keripik pisang kalau kamu mau, buat topping-nya. Diganti dengan buah lain seperti strawberry atau cherry juga boleh.

Cara membuatnya nggak susah:

  1. Siapkan setidaknya 12 cetakan kue silikon (banyak tersedia di toko alat masak), tata rapi di atas loyang yang sekiranya cukup untuk dimasukkan ke freezer-mu.
  2. Kupas pisang yang sudah matang kemudian haluskan di atas piring dengan garpu atau potato masher. Setelah halus, masukkan pisang ke dalam sebuah mangkuk kemudian campurkan yogurt ke dalam mangkuk yang sama. Kocok hingga kedua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan adonan kue yogurt pisang ke dalam setiap cetakan dengan menggunakan sendok. Bagi secara merata ya, agar semua cetakan kebagian. Setelah yogurtnya habis dibagi dalam cetakan-cetakan, taburkan topping keripik pisang atau buah lain sesuai seleramu di atasnya. Tidak diberi topping apa-apa juga boleh.
  4. Masukkan loyang berisi cetakan-cetakan yang sudah dituangi adonan tadi ke dalam freezer dan bekukan selama beberapa jam. Setelah beku sempurna, keluarkan dari cetakan dan siap disantap langsung. Atau boleh juga kamu simpan kembali ke dalam freezer hingga waktunya dihidangkan kelak.

Es kue pisang yogurt ini juga enak buat dibawa sebagai bekal lho. Jadikan pencuci mulut buat makan siang di sekolah atau di kantor. Memang sih kalau sudah kelamaan, kuenya akan melembut dan nggak beku lagi, tapi tetap yummy! Yang penting kamu menyimpannya dalam kotak bekal yang kedap udara atau anti tumpah.

3. Suguhkan Kepingan Berry Yogurt Bark ini buat disantap bareng teman-temanmu. Tetap asyik ngemil walaupun lagi diet!

Kepingan camilan sedap yang menyehatkan via www.myfussyeater.com

Berikutnya kita coba buat camilan sehat yang bisa kamu santap bareng-bareng keluarga, teman-teman atau pacar kamu. Iya dong, masa’ kamu nggak mau berbagi kebaikan dari snack yogurt sedap ini?

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 450 gram greek yogurt atau yogurt krim tawar biasa
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm buah kranberi kering (banyak di hipermarket besar. Kalau nggak ada, boleh tidak pakai saja)
  • 1 sdm kismis

Untuk topping:

  • 5 buah strawberry segar, cincang.
  • 1 sdm dark chocolate chips
  • 1 sdm kelapa parut kering.

Cara membuatnya sederhana saja:

  1. Campurkan yogurt dengan madu dan aduk hingga merata. Setelah itu masukkan kranberi dan kismis lalu aduk lagi hingga tercampur semua.
  2. Lapisi sebuah loyang kue dengan aluminium foil, lalu tuangkan adonan yogurtmu di atasnya. Ratakan dan sebarkan adonannya hingga tingkat ketebalan yang kamu inginkan. Tapi Hipwee sarankan sih buat sehingga tebal adonanmu sekitar 1,5 cm.
  3. Taburkan potongan strawberry, choco chips dan kelapa parut kering di atas adonan tadi. Kemudian masukkan loyang tersebut ke dalam freezer dan bekukan selama beberapa jam hingga mengeras seluruhnya.
  4. Setelah beku sempurna, keluarkan dan pecahkan kepingan yogurt bark ini dengan pisau. Bisa langsung disantap, atau disimpan lagi dalam freezer hingga waktunya kamu jadikan suguhan.

Kepingan berry yogurt bark ini rasanya kriuk-kriuk legit saat di makan dalam keadaan dingin. Jadi boleh lah dijadikan pengganti keripik yang bikin kamu tambah chubby. Setiap bahannya juga memberi manfaat ekstra buat kamu dan siapapun yang menyantapnya.

4. Cuaca panas emang waktu yang tepat buat menyantap es Yogurt Popsicle. Gak hanya segar, tapi juga kaya vitamin.

Segar dan nggak bikin was-was sama dietmu via www.sheknows.com

Es krim popsicle emang paling cocok buat menghapus gerah dan dahaga kalau cuaca sedang panas terik. Tapi gimana ya, kalori dari pemanis buatan dan bahan-bahan berlemaknya bikin kamu mikir-mikir. Tapi dengan es yogurt popsicle ini, kamu nggak perlu was-was lagi!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 240 gram yogurt tawar
  • 225 gram buah segar atau buah beku seperti strawberry, pisang, bluberi atau buah persik.
  • 2 sdm madu
  • 1 set cetakan es krim popsicle. Kalau tidak punya, bisa menggunakan cangkir-cangkir kertas kecil yang biasa buat piknik kok, guys.

Bahan-bahan ini cukup untuk menghasilkan 6 sampai 8 popsicle.

Cara membuatnya mudah saja:

  1. Masukkan yogurt, bersama dengan potongan buah (pilih salah satu rasa), madu ke dalam blender atau food processor. Kemudian blender semuanya hingga halus tercampur rata.
  2. Tuang adonan yang sudah jadi ke dalam cetakan hingga 3/4 penuh lalu tutupi dengan stik penutupnya. Setelah itu masukkan cetakan es krimnya ke dalam freezer dan bekukan selama beberapa jam hingga adonan esnya mengeras. Siap deh untuk dinikmati.
  3. Kalau kamu nggak punya cetakan, pakai cangkir-cangkir kertas/plastik kecil yang biasanya dipakai untuk piknik juga bisa. Biar stik es krimnya nggak miring-miring, buat penutup dari alumunium foil di bibir cangkir, kemudian bolongi sedikit bagian tengahnya. Lalu sisipkan deh stik es krimnya!

Santap selagi dingin. Tuh, varian rasanya nggak kalah beragam sama es krim-es krim yang dijual di pasaran. Rasanya juga bikin nagih. Tapi manfaatnya tetap lebih baik dan menyempurnakan gizi sehari-harimu.

5. Ada juga varian Es Mango Lassi Popsicle. Selain fresh, juga menjaga pencernaan!

Siapa yang suka mangga? Ini cocok banget buat kamu via cookingstoned.tv

Menu es popsicle yang satu ini rasanya lebih mengejutkan karena ada rasa mangga yang eksotis. Bentuknya juga cakep banget, jadi nggak hanya enak dilahap tapi juga enak dilihat.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 2 buah mangga
  • 240 gram greek yogurt, kalau tidak punya boleh diganti yogurt tawar
  • 240 ml gula cair
  • cetakan es krim popsicle atau cangkir kertas dan stik es krim

Cara membuatnya nggak susah:

  1. Kupas buah mangga, potong kecil-kecil, kemudian haluskan dengan blender bersama 1 sendok makan gula cair hingga teksturnya agak creamy.
  2. Campurkan 120 gram yogurt dengan puree mangga dalam sebuah mangkuk. Tambahkan 120 ml gula cair dan aduk adonan ini hingga tercampur rata.
  3. Dimangkuk yang terpisah, kocok 120 gram yogurt dan 120 ml gula cair yang tersisa menjadi satu.
  4. Setelah itu masukkan kedua mangkuk, baik yang berisi adonan puree mangga dan yang berisi yogurt ke dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit. Tujuannya agar nanti saat dimasukkan ke cetakan es krim, keduanya tidak mudah tercampur.
  5. Tuangkan kedua adonan tadi, berganti-gantian ke dalam cetakan es krim kamu. Cara ini akan menghasilkan tampilan yang cantik pada es krim mango lassi-mu!
  6. Masukkan dalam lemari es dan bekukan selama setidaknya 10 jam. Setelah itu siap dinikmati deh.

Perpaduan buah kaya serat dan lassi kaya probiotik bakal membantu diet dengan memperlancar pencernaan kamu. Jadi nggak banyak lemak yang terlalu lama menumpuk dalam perut. Asyik ya, nggak hanya enak di lidah tapi juga bermanfaat di dalam tubuh.

6. Agar sarapanmu tetap memenuhi gizi namun rendah kalori, cobain deh resep Pancake Yogurt ini!

Sarapan sehat ala pancake yogurt via www.eatsamazing.co.uk

Sarapan sehat juga perlu lho guys, kalau kamu lagi dalam program penurunan berat badan. Karena diet itu nggak semata-mata mengurangi asupan makan sesedikit mungkin atau berolahraga doang seberat-beratnya. Tapi harus memikirkan pola makan yang sehat juga, makanya sarapan gak boleh lupa! Nih ada menu sarapan enak dan a la breakfast restaurant gaul bergaya Amerika.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 180 gram tepung terigu serba guna
  • 2 sdt soda kue
  • 2 sdm gula (boleh dilewati kalau ingin lebih sedikit kalorinya)
  • sdt garam
  • 2 sdm minyak
  • 2 butir telur
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • 175 gram greek yogurt atau bisa diganti yogurt tawar
  • 180 ml susu rendah lemak

Cara membuatnya:

  1. Campurkan tepung, soda kue, gula dan garam dalam sebuah mangkuk. Di mangkuk terpisah, aduk minyak, telur, vanila dan yogurt menjadi satu.
  2. Masukkan campuran bahan-bahan kering ke dalam mangkuk berisi campuran bahan-bahan basah dan aduk menjadi satu. Tambahkan susu kemudian aduk seluruh adonan hingga tercampur. Tapi nggak perlu sampai adonannya tercampur rata, biarkan bila masih ada sedikit tekstur di dalamnya.
  3. Panaskan wajan teflon di atas api sedang, dan beri sedikit mentega atau minyak untuk menggoreng pancake. Tuangkan adonannya dengan sendok sayur, tunggu sampai adonan mengeluarkan gelembung-gelembung kecil, setelah itu langsung balik dan masak hingga kedua sisinya kuning kecoklatan.

Sajikan dengan topping pilihanmu. Jika ingin lebih sehat dan rendah kalori, pilih topping yang segar seperti buah dan madu saja. Satu porsi pancake ini (satu piring isi dua lembar pancake) cuma mengandung 212 kalori lho! Cihuy.

Makan yogurt gak harus jadi membosankan. Dengan menu-menu di atas, kamu bisa menikmati olahan hidangan yogurt kekinian tanpa harus keluar kocek berlebihan. Tapi jangan lupa, selain teratur makan yogurt, usaha menurunkan beratmu juga harus didukung olahraga yang cukup dan pola makan yang sehat ya! Selamat mencoba!