Selama ini teflon di rumah cuma kepakai buat masak telor ceplok, omlet, atau paling keren ya buat pancake.

Tapi, masa iya teflon sederhana yang bertengger manis di rak piring cuma bisa dipakai untuk buat kudapan yang itu-itu aja? Kasihan, si teflon yang nggak naik-naik level fungsinya.

Menurut kamu, teflon ini bisa nggak ya dipakai buat pengganti oven? Iya dipakai bikin kudapan yang harusnya dipanggang di oven semacam cake gitu. Nggak percaya? Mending lihat langsung yuk resep-resep yang Hipwee rangkum di bawah ini!

1. Pengen makan pie susu, nggak usah nunggu oleh-oleh dari Bali. Teflon di rumah bisa kamu andalkan buat bikin kue ini sendiri.

Pie susu teflon

Pie susu via cookpad.com

Pie susu yang enaknya paling terkenal memang dari Pulau Dewata Bali. Tapi buat kamu yang tinggal jauh dari Bali, bukan berarti hasrat untuk bisa makan kudapan ini harus kamu tahan-tahan. Kamu bisa kok buat pie susu sendiri, dan buatnya juga nggak perlu oven, pakai aja teflon sederhana di rumah. Nih, mending langsung tengok resep yang bisa kamu contoh!

Advertisement

Bahan-bahannya:

  • Kulit pie: 200 gram tepung terigu, 1 butir telur, dan 50 ml minyak kelapa/mentega
  • Fla susu: 3 kuning telur, 1 sdm tepung maizena, 3 sdm gula pasir, dan 150 ml susu cair

Cara membuatnya:

  1. Campur dan uleni semua bahan kulit pie dengan tangan. Pipihkan di atas teflon. Tusuk-tusuk bahan kulit pie dengan garpu untuk membuat rongga
  2. Buat fla dengan mencampur semua bahannya. Lalu masak di atas api sedang, sambil terus diaduk hingga mengental.
  3. Langsung tua fla yang sudah mengental tadi ke dalam kulit pie.
  4. Pasang penutup teflon dan masak di atas api kecil selama 45 menit.
  5. Angkat, dan jadi deh pie susunya!

2. Oreo cake dibuat pakai telfon? Jangan salah, cobain dulu rasanya.

oreo cake dipanggang di teflon

oreo cake dipanggang di teflon via cookpad.com

Emang sih bentuknya nggak akan sebagus cake yang dipanggang di oven. Tapi apalah arti bentuk, kalau akhirnya dikunyah dan dinikmati di dalam mulut. Biar nggak penasaran terus, mending kamu coba sendiri aja buat oreo cake yang dipanggang pakai teflon. Yuk, buktikan!

Bahan-bahan:

  • 40 gram Oreo yang sudah diblender bersama creamnya
  • 60 gram tepung terigu serba guna
  • 2 butir telur
  • 100 ml minyak goreng
  • 70 gram gula pasir
  • 1 sdm baking powder
  • Sejumput garam

Cara membuatnya:

Kocok telur hingga mengembang. Lalu, masukkan gula, baking powder, garam, tepung yang sudah diayak, dan oreo yang sudah diblender hingga halus. Aduk dengan spatula hingga tercampur. Tapi jangan terlalu diaduk ya supaya cake buatanmu nggak bantat.

Selanjutnya, masukkan minyak. Aduk kembali hingga tercampur rata. Panaskan teflon, dan tuang adonan ke dalamnya perlahan-lahan. Tutup teflon dan panggang dengan api yang kecil sekali kurang lebih 10-15 menit. Suapaya tahu cake sudah matang atau belum, kamu bisa menusuk adonan dengan tusuk gigi, kalau tusuk giginya nggak lengket, tandanya si adonan cake sudah matang dan siap disajikan. Kamu juga bisa menambahkan topping sesuai selera. Horee!

3. Brownies nggak cuma bisa dikukus atau dioven aja. Teflon di rumah juga bisa kamu pakai buat bikin kudapan manis nan lembut ini.

Brownis - brondong manis #eh

Brownis – brondong manis #eh via cookpad.com

Alternatif lain membuat brownis tanpa panggangan di oven emang bisa dengan kukusan. Tapi, kamu tahu nggak alternatif lain buat brownis pakai teflon? Iya teflon yang biasa kamu pakai buta ceplok telor atau bikin omlet aja. Dicoba ya. 🙂

Bahan-bahan:

  • 4 sdm tepung terigu serbaguna
  • 2 sdm coklat bubuk
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 100 gram dark cooking chocolate
  • 3 sdm mentega atau margarin
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 buah telur
  • Meises atau keju secukupnya sebagai topping

Cara membuatnya:

  1. Pertama, sisihkan tepung terigu, coklat bubuk, susu bubuk dan baking powder.
  2. Tim mentega/margarin sampai meleleh, angkat, dan dinginkan sebentar.
  3. Sambil menunggu mentega dingin, kocok telur dan gula hingga berbuih. Setelah itu tambahkan campuran terigu dan bahan yang lain, aduk hingga rata.
  4. Terakhir, tuangkan mentega atau margarin cair, aduk kembali hingga rata. Jangan lupa aduk supaya hasil kue nggak bantat.
  5. Oles teflon dengan mentega, masukkan adonan, dan panggang kurang lebih 10-15 menit dengan api kecil.
  6. Saat adonan hampir matang, beri meises dan keju parut kemudian panggang kembali sampai keju atau meises agak lumer.
  7. Pastikan juga kamu tutup teflon selama memanggang.

4. Daripada beli macaroni schotel, mending kamu buat sendiri dan cukup dipanggang di teflon. Lumayan, pengiritan biaya camilan.

macaroni schotel

macaroni schotel via cookpad.com

Ayo angkat tangan yang hobi nyemilin macaroni schotel! Kalau kamu enggan buat sendiri karena di rumah nggak ada oven, kamu biasanya langsung beli kan. Nah, daripada kamu beli-beli terus, kenapa nggak coba buat sendiri, tenang kali ini kamu cuma butuh teflon buat memanggangnya. Lumayan lah bisa ngirit biaya camilan. Pokoknya wajib banget kamu coba. Hehehe

Bahan-bahan:

  • 100 gr macaroni yang sudah drebus
  • 1 buah wortel, potong kecil-kecil
  • 1 butir telur
  • 1 bungkus kornet ukuran sedang
  • 200 ml susu, cukup campur dengan satu gula sendok
  • 50 gr keju parut
  • 1 sendok teh lada
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Untuk bumbu yang ditumis: 1 buah bawang bombay, 3 siung bawang putih, dan 1 sendok margarin.

Cara membuatnya:

  1. Panaskan margarin di wajan, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan daging sapi, wortel, lada, keju, susu.
  3. Pecahkan telur dan beri bumbu penyedap secukupnya.
  4. Tuang macaroni sambil aduk-aduk, sampai macaroni sudah agak lembek dan susu mulai mengental dengan adonan. Angkat.
  5. Kemudian, siapkan teflon yang sudah diberi aluminium foil. Tuangkan adonan, ratakan, dan terakhir beri taburan keju. Sebelum ditaburi keju kamu bisa menambahkan susu sedikit lagi di adonan, supaya tekstur adonan nggak terlalu kering.
  6. Panaskan di atas kompor dengan api kecil dan tutup teflon kurang lebih 10 15 menit. Matikan api, angkat dan sajikan di piring deh.

5. Olahan telur kamu juga bisa naik level, kalau dibuat roti panggang telur dengan lelehan keju. Pas banget buat sarapan sebelum kuliah atau kerja?

roti panggang telur dengan lelehan keju

roti panggang telur dengan lelehan keju via cookpad.com

Kembali lagi ke olahan telur. Tapi kali ini si telur bakal naik tingkatan menjadi roti panggang telur dengan lelehan keju di atasnya. Alat masaknya ya tetap pakai si teflon sederhana aja. Dan ini pass banget buat sarapan sebelum kamu berangkat kuliah atau kerja.

Bahan-bahan:

  • 1 lembar roti tawar
  • 1 butir telur
  • 1 buah sosis sapi, iris membentuk lingkaran tipis, lalu goreng menggunakan sedikit mentega
  • keju mozzarella atau keju quick melt biasa, sesuai selera
  • 1 jumput lada
  • 2 lembar daun seledri, dipotong halus-halus
  • mentega untuk olesan roti

Cara membuatnya:

  1. Lubangi bagian tengah roti tawar. Olesi roti yang sudah dilubangi dengan mentega.
  2. Panggang roti di atas teflon dengan api kecil. Tunggu sampai sisi bawah roti agak kuning kecoklatan, lalu balikkan.
  3. Baru setelah itu, ceplok telur pas di bagian tengah-tengah roti. Taburkan sedikit lada di atas telur dan tata sosis diatasnya.
  4. Taburi lagi dengan keju mozzarella atau parutan keju quick melt.
  5. Tutup panci dan tunggu sampai telur setengah matang.
  6. Angkat roti, lalu pindahkan ke piring.

Sentuhan terakhir, taburi dengan daun seledri dan roti panggang telur dengan lelehan keju pun siap jadi sarapan sehat kamu. Enakkkk!

6. Pengen bikin pizza sendiri di rumah, tapi nggak pengen ribet. Cobain yuk pizza kentang yang bisa kamu buat pakai teflon.

pizza kentang

pizza kentang via www.tastemade.com

Pengen makan pizza tapi nggak pengen beli di luar, soalnya kamu lagi ngirit. Pengen bikin juga, tapi males ribet-ribet bikin adonan plus memanggangnya di oven. Berarti kamu harus coba nih, resep pizza kentang yang bisa kamu buat pakai teflon. Bahan dan caranya juga dijamin gampang banget, apalagi buat kamu nggak jago-jago banget masak.

Bahan-bahannya:

  • 2 kentang ukuran sedang, potong tipis-tipis
  • 1/3 cup saus tomot atau lebih enak pakai bumbu instan spaghetti, pokoknya sesuai selera
  • 2 sendok makan keju parmesan bisa diganti keju biasa untuk taburan di atas kentang
  • 1 telur
  • 4 jamur kancing ukuran besar
  • 3 potong keju mozzarella, ini juga bisa diganti dengan keju quick melt (kalau kamu mau lebih irit)
  • 1 sendok makan olive oil, sebagai alternative bisa juga diganti dengan butter
  • Lada secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Susun potongan kentang tadi memutar dan hingga penuh di teflon yang sudah dipanaskan bersama butter.
  2. Taburi keju parmesan atau keju biasa. Tutup dan masak diapi kecil sampai 5 menit.
  3. Setelah itu, tuang saus tomat atau saus spaghetti dan ratakan sampai menutupi susunan kentang.
  4. Susun potongan jamur kancing dan potongan keju mozzarella atau keju quick melt. Pecahkan telur di tengah-tengah pizza.
  5. Tutup lagi dan masak masih dengan api kecil sampai 5 menit.
  6. Angkat deh pizza kentangnya. Nyam, nyam, nyam selamat menikmati.

Gimana, udah dipilih belum resep mana yang mau kamu coba dulu? Selamat mencoba dan semoga berhasil!