Masakan rumahan memang banyak yang mengandalkan bumbu kacang. Rasa gurih khas kacang tanah yang dipadu pedas atau manis berhasil buat lidah kamu tergila-gila. Bahkan ada dari kamu yang mungkin nggak bisa ketinggalan sama bumbu ini.

Ada satu kualitas lagi yang dimiliki bumbu kacang. Makanan yang disuguhi bersamanya dikenal dengan citra rumahan. Siapa sih yang Ibu atau Ayahnya di rumah nggak pernah masakin menu dengan bumbu kacang? Tiap melihat pecel, karedok, dan gado-gado, langsung kangen rumah dan kotamu melulu.

Eh, aneka menu dengan bumbu kacang ini bisa kamu bikin sendiri lho. Lumayan dong buat kamu yang mau mulai serius mengolah masakan rumahan? Katanya siap melepas masa lajang… ;p

1. Si pecel yang meski di tiap daerah punya ciri khas beda-beda, tapi bumbunya tetap satu bumbu kacang

Si pecel yang sederhana via danirachmat.com

Pecel di Jawa Timur, Tengah atau Jakarta punya komposisi yang sedikit berbeda-beda. Tapi biarpun beda, bumbu yang dipakai tetap satu, yaitu bumbu kacang. Kalau kamu mau coba buat, tenang aja nggak sulit kok!

Advertisement

Bahan Pecel:

  • 10 utas kacang panjang dipotong
  • 1 ikat kangkung
  • 5 lembar kol
  • 100 gram taoge segar, cukup di redam di air panas
  • 5 buah mentimun

Bahan Sambal Kacang:

  • 100 gram kacang tanah sangrai
  • 20 buah cabe rawit
  • Kencur scukupnya
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • garam halus secukupnya
  • gula merah secukupnya
  • air panas secukupnya

Cara Membuatnya:

campur semua bahan sambal menjadi satu lalu diulek sampai halus, tuang air panas dan campurkan dengan sambal sampai sedikit encer. Siapkan piring untuk menyajikan pecel. Tata semua bahan sayuran yang sudah direbus diatas piring saji. kucuri dengan bumbu sambal kacang secukupnya. Sajikan pecel surabaya dengan ditaburi bawang goreng dan dilengkapi dengan kerupuk.

Resep diolah dari Resep Nasional

2. Gado-gado buat si vegetarian yang suka hampir semua jenis sayuran.

Sayurannya lebih banyak dari pecel via eatdrinkmacet.tumblr.com

Kamu suka hampir semua jenis sayauran, atau kamu memang vegetarian. Aneka sayuran rebus yang disiram bumbu pecel ini, nggak lain jelmaan salad yang Indonesia banget. Eh, ini juga bisa jadi alternatif buat kamu yang lagi diet sehat. Mau coba bikin? yuk intip resepnya.

Bahan:

  • Minyak goreng
  • Tahu digoreng dulu kemudian iris tipis
  • Tempe gram, goreng kemudian iris tipis
  • Kol bersihkan tulang daun kemudian seduh menggunakan air panas
  • Taoge, buang akarnya, dan seduh menggunakan air panas
  • Air bersih guna merebus
  • Kacang panjang potong kemudian rebus
  • Daun selada keriting
  • Telur ayam rebus 3 butir, kupas kulitnya, potong 2 bagian
  • Timun 1 buah, iris tipis miring.
  • Tomat merat 1 buah, iris 8 bagian

Bahan saus kacang:

  • bawang putih 5 siung
  • cabai merah 3 buah
  • Daun jeruk purut 5 lembar
  • 250 gram kacang tanah, sangrai, buang kulitnya dan haluskan
  • gula merah 50 gram , sisir halus
  • 3 sendok makan air asam jawa
  • garam secukupnya

Cara membuat gado-gado dengan saus kacang yang lezat:

  • Setelah bahan siap, kemudian goreng tahu dengan minyak yang banyak sampai kulit tahu garing. Kemudian angkat dan tiriskan. Lalu sisihkan.
  • Dengan minyak yang sama, anda bisa menggoreng tempe sampai kulit tempe berubah kecokelatan. Jika matang angkat, tiriskan, dan sisihkan.
  • Saat sayuran sudah dimasak, tiriskan dan susun di atas piring besar. Susu sayuran seperti selada, mentimun, telur, dan tomat.
  • Cara membuat saus kacang: panaskan minyak untuk menumis, kemudian tumis bawang putih, cabai, dan daun jeruk hingga harum.
  • Setelah harum, masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan dan santan, aduk aduk hingga mendidih. Lalu masukkan gula merah, air asam jawa, dan garam. Masak sampai gula merah larut. Cicipi dan setelah enak angkat.
  • Siram kan saus kacang pada sayuran yang sudah di tata di atas piring dengan taburan bawang goreng.

Resep diolah dari kokimganteng

3. Bosan telur ceplok, telur di dadar sama potongan tahu terus disiram bumbu pecel. Nasi angetmu nikmatnya dijamin double

Bumbu kacang kesukaanmu juga cocok buat disiram di atas telur dadar tahu dan nasi anget. Buat kamu yang anak kos, daripada beli coba buat aja. Selain dalam rangka pengiritan, olahan telur buatanmu juga naik tingkatan.

Bahan yang diperlukan:

  • 250 gram tahu putih dipotong dadu
  • 3 butir telur ayam, dikocok lepas
  • Toge
  • Bawang goreng
  • Kerupuk
  • Bahan bumbu kacang
  • Siung bawang putih
  • Cabai rawit merah (sesuai selera)
  • Kacang tanah goreng
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • Kecap manis
  • Air

Cara membuatnya:

Bumbu, haluskan cabai, bawang putih dan kacang tanah goreng. Lalu campur dengan air perasan jeruk nipis, kecap manis dan beri air secukupnya. Tahu telur, kocok lepas telur, tambahkan garam secukupnya, dan terakhir masukan tahu. Goreng telur campur tahu sampai kecoklatan. Setelah matang, siap di taruh di atas nasi panas dan dituang bumbu kacang.

Resep diolah dari bacaresepdulu

4. Ketoprak, meski sayurannya cuma taoge dan lauknya tahu goreng

Ini ketoprak ya bukan pecel via indonesianculinary.tumblr.com

Makanan yang katanya khas Betawi ini emang lebih sederhana dari pecel. Isinya nggak semeriah pecel, tapi bumbu kacang tetep buat makanan ini jadi juara. Bikinnya juga nggak perlu waktu yang lama, nggak sampai setengah jam juga udah jadi.

Bahan:

  • Lontong/ketupat, tapi nasi juga bisa loh!
  • Taoge secukupnya, rendam di air panas sebentar
  • Tahu kuning, goreng
  • Bihun, seduh dengan air panas sampai empuk
  • Kerupuk goreng
  • Kecap manis
  • Bawang goreng

Bumbu:

  • Cabai rawit secukupnya
  • suing bawang putih
  • 200 gr kacang tanah goreng
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdm air asam
  • Garam secukupnya
  • Air matang secukupnya

Cara Membuat:

Haluskan kacang tanah, cabai, bawang putih, gula merah dan tambahkan garam. Tambahkan air asam dan air biasa secukupnya, aduk rata. Taruh beberapa potong-potong lontog atau ketupat (bila suka) di piring. Beri taoge, potongan tahu, dan bihun. Siram dengan bumbunya. Taburi bawang merah goreng dan kecap manis. Beri kerupuk di atasnya

Resep diolah dari widianugraha.com

5. Karedok, sayuran mentah yang disiram bumbu kacang. Rasanya segar gurih, dan bikin nagih

kalau ini kembarannya gado-gado via internethematdotcom.wordpress.com

Bumbu kacang juga bisa bikin sayuran mentah jadi nikmat buat di santap.

Bahan saus kacang:

  • Kacang tanah goreng dihaluskan
  • Gula merah
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Bawang putih
  • Kencur
  • Terasi bakar
  • Asam jawa
  • Garam

Sayuran pelengkap:

  • Kacang panjang yang telah diiris tipis
  • Mentimun yang juga diiris tipis
  • Taoge sebanyak satu genggam
  • Kol diiris tipis
  • Terong bulat diiris tipis
  • Daun kemangi
  • Jeruk limau untuk perasan
  • Kerupung bawang sebagai pelengkap

Cara membuatnya:

Pertama membuat bumbu kacang, haluskan semua bahan, setelah halus beri sedikit perasan jeruk limau dan air secukupnya. Aduk sampai kekentalanya dirasa pas. Masukkan semua sayuran ke dalam bumbu kacang, aduk sampai rata. Buat yang suka kerupuk bawang, bisa langsung di tabor di atasnya.

Resep diolah dari Resep Indonesia

6. Spaghetti atau macaroni bumbu kacang, makanan western yang ke-Indonesia-an. Wajib dicoba, dijamin kamu bakal ketagihan

Makaroni bumbu kacang!

Punya sphaghetti atau makaroni, tapi nggak punya saus bolongnesenya, mau buat saus carbonara ala restoran juga ribet plus butuh modal. Kenapa kamu nggak coba pakai bumbu kacang aja? Bahannya lebih murah, buatnya juga lebih gampang. Yuk bereksperimen!

Bahan:

  • Spaghetti atau macaroni siap pakai
  • Kornet
  • Bawang Bombay, dipotong halus
  • Cabai merah atau hijau besar sesuai selera, dipotong halus

Bumbu Kacang:

  • 3 siung bawang putih
  • Cabai rawit merah (sesuai selera)
  • Kacang tanah goreng
  • 1 sendok makan air jeruk nipis

Cara membuatnya:

Bumbu, haluskan cabai, bawang putih dan kacang tanah goreng. Lalu campur dengan air perasan jeruk nipis, kecap manis dan beri air secukupnya. Rebus sphaghetti atau makaorni sampai matang, sisihkan.

Tumis potongan bawang bombay dan cabai sampai harum, setelah itu masukan kornet. Masak sampai kornet cukup matang. Campur spaghetti atau macaroni dengan tumis kornet, setelah itu tuang bumbu kacang yang sudah dicairkan. Selamat menikmati!

Sekarang, resep mana yang mau kamu coba duluan? Yang serius ya, seserius kamu nyari pasangan hidup ;pp Hehehehe, good luck!