Usia yang masih muda dan sedang dalam masa produktif belum tentu menghindarkanmu dari kelelahan. Tuntutan pekerjaan yang tiada henti dan tugas-tugas kuliah menanti sukses membuatmu dilanda stres. Belum lagi jarak yang harus ditempuh dari tempat tinggal, kantor, dan kampus bikin energimu gampang terkuras. Kalau sudah begini kamu jadi serba salah. Ingin memanfaatkan masa muda dengan sebaik-baiknya malah jadi masalah lantaran kondisi tubuh tak mendukung.

Sebelum terlambat dan membahayakan kesehatan fisik maupun psikis, kamu perlu ketahui ciri-cirinya jika sudah terlalu stres. Karena sejatinya hal seperti ini masih bisa kamu antisipasi, coba simak 6 tandanya deh. Siapa tahu itu merupakan ‘sinyal’ kalau kamu harus segera liburan.

1. Kamu sulit fokus melakukan sesuatu. Padahal, sehari-hari sudah jadi rutinitasmu

kamu jadi nggak fokus via www.eatthis.com

Salah satu ciri stres yang mudah kamu identifikasi yaitu saat kamu kesulitan untuk fokus melakukan sesuatu. Misalnya secara tiba-tiba kamu yang biasa cepat menyiapkan sarapan, eh kali ini berubah jadi serba lambat. Kamu bingung harus makan dan minum apa. Hal ini termasuk juga dalam pekerjaanmu di kantor yang biasanya dapat kamu selesaikan dengan segera, ternyata malah lama sekali. Ketika kamu sudah seperti ini jangan heran kalau keluarga dan rekan kerja banyak yang mengkhawatirkanmu.

2. Acara bersama teman-teman dan keluarga sering kamu lewatkan. Biasanya momen seperti ini penuh keseruan yang sudah lama kamu nanti

kamu mengurung diri via www.chobirdokan.com

Advertisement

Entah karena hal apa, kamu yang biasanya nggak pernah absen datang ke acara teman-teman atau keluarga, kali ini malah ingin melewatkan. Ada rasa enggan dalam diri untuk bertemu mereka. Jika dipaksa datang, kamu bakal merasa nggak nyaman dan jengah selama acara berlangsung. Para kerabat pun akan bertanya-tanya tentang keadaanmu yang seperti mengindari mereka. Padahal, momen ini jadi ajang bertemu kangen dan melepas penat karena banyak hal seru bersama mereka.

3. Tidurmu sama sekali nggak nyenyak dan kesehatan tubuh makin menurun

kamu susah tidur via rhubarbetc.com

Saat badan terasa lelah dan kamu merasa sulit tidur, itu berarti psikismu sedang dilanda stres yang cukup tinggi. Hati dan pikiranmu resah. Selama tidur pun kamu seringkali gelisah yang kamu sendiri tak tahu penyebabnya apa. Kalau terus-menerus seperti ini, maka kesehatamu akan menurun dan bikin kondisimu makin drop saja – baik dari segi kejiwaan maupun fisik.

4. Pola makanmu juga nggak teratur. Bahkan, kamu asal-asalan mengonsumsi tanpa memikirkan kandungan gizi. Yang penting perut terisi saja

pola makanmu nggak teratur via www.netdoctor.co.uk

Selain waktu istirahatmu yang nggak menentu, pola makanmu jadi berantakan. Kamu sering melewatkan sarapan, makan siang, atau makan malam. Atau bisa saja waktu makanmu jadi nggak teratur, yakni sering terlambat sehingga tubuhmu jadi makin lemas dan pusing. Begitupun dengan asupanmu yang nggak terjaga kandungan gizinya. Menu makanmu jadi asal-asalan karena kamu hanya mementingkan perut kenyang atau terisi saja.

5. Kamu jadi mudah marah dan nggak sabaran, termasuk ke orang terdekat

kamu gampang marah dan nggak sabaran via www.huffingtonpost.com

Tubuh lelah, pikiran mumet, dan kurang energi bikin kamu jadi sulit mengontrol emosi. Kamu jadi mudah marah dan nggak sabaran. Volume bicaramu seringkali meninggi tanpa melihat siapa lawan bicaramu. Sekalipun itu sahabat, teman-teman, orangtua, atau keluarga yang lain tetap saja kamu emosian. Hal ini terjadi karena emosimu sulit terkendali dan tentu menyebabkan dampak buruk, yakni hubungan kamu dengan yang lain jadi renggang seketika.

6. Adanya berbagai reaksi tubuh karena kamu menahan stres. Jika dibiarkan tentu berbahaya

perut sakit via www.wisegeekhealth.com

Apakah kamu tahu saat diri menahan stres, tubuhmu akan bereaksi dengan cepat? Beberapa bagian tubuh seperti perut, rahang, dan tangan akan menunjukkan reaksinya. Beberapa reaksi dari stres yang tertahan yakni sakit perut, tangan tiba-tiba suka mengepal, dan rahang mengencang. Kalau sudah begitu jangan kamu sepelekan ya karena sudah harus diantisipasi dengan segera.

Kondisi tubuh yang sedang lelah dan pikiran terlalu stres memang membahayakan. Kamu nggak boleh menyepelekan dan harus mengantisipasinya sejak dini. Untuk itu, kamu harus pahami kondisi tubuh dan psikis dengan baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya