Punya komunitas itu nggak merugikan sama sekali. Waktu luang yang dimiliki bisa kamu pakai untuk berbagai kegiatan bersama teman-teman komunitas. Nggak melulu hobi, ide, dan minat ini dapat menjadi awal dari terbentuknya komunitas.

Komunitas bukan menjadi ajang pamer, tapi sebagai wadah bertemu dan mendiskusikan kegemaran agar pengetahuan kian bertambah. Oleh karena itu, suatu komunitas disarankan memiliki perkembangan agar manfaat keberadaannya dirasakan oleh masyarakat luas. Makanya buat kamu yang aktif dan bingung mengisi waktu luang, lebih baik simak yuk 6 tips berikut ini untuk mengembangkan komunitasmu.

1. Pastiin medsos komunitas kamu aktif dan punya konten menarik agar menjadi gerbang informasi yang baik dan nilai tambah, misalnya saat mencari sponsor acara.

social media komunitas harus menarik ya via youqueen.com

Kegunaan social media di era modern seperti sekarang ini memang besar keberadaannya. Dengan cakupannya yang luas, tentu sayang banget kalau nggak kamu manfaatkan secara maksimal. Oleh karena itu, wajib banget nih komunitasmu punya akun social media untuk memperkenalkan keberadaannya ke masyarakat luas. Social media komunitas pun juga harus selalu aktif agar orang-orang yang mem-follow mendapat banyak informasi.

Nggak harus dari berbagai aktivitas yang di­share, tapi juga isu-isu yang sedang hangat dapat menjadi perbincangan dalam akun social media­ komunitasmu. Jangan lupa juga berikan konten yang menarik (misalnya sesekali menyinggu para jomblo atau hal-hal galau) biar nggak membosankan.

Advertisement

Dengan begitu, komunitasmu mendapat kemudahannya seperti saat mencari dana atau sponsor acara yang akan diadakan. Karena melalui social media, seseorang mendapat informasi dan bisa mengenal lebih jauh tentang komunitasmu lho.

2. Buat jadwal kopi darat (kopdar) dalam komunitas secara rutin. Atur dengan baik agar gak ada anggota yang bentrok.

agendain kopdar kalian ya via komunitas.bukalapak.com

“Bro, kita agendain sekarang kopdar sebulan sekali setiap Jumat malam di akhir bulan ya.”

“Gue sih oke, yang lain gimana?”

Yup, kopdar merupakan rutinitas yang nggak boleh dihilangkan dari suatu komunitas. Melalui kopdar, para anggota komunitas dapat mengakrabkan diri, apalagi kalau ada anggota baru yang bergabung. Kopdar ini bisa diisi dengan obrolan-obrolan ringan agar kedekatan dapat terjalin. Nah kalau udah nih, baru deh di kopdar selanjutnya dapat diisi dengan diskusi hangat mengenai suatu isu yang sedang ramai dibicarakan. Saat mengagendakannya pun, usahakan sesuaikan jadwal anggota ya agar semuanya bisa hadir.

3. Menyiapkan program komunitas itu perlu. Jangan lupa para anggota untuk membangun visi-misi bersama.

ingat visi dan misi komunitas 😉 via komunitasmotor.club

Salah satu cara agar komunitasmu berkembang yaitu menyiapkan program yang bisa dilakukan ke depannya. Jadi, nggak hanya sekedar berkumpul dan melakukan hal-hal yang digemari, tapi juga ada rencana selanjutnya.

Misalnya komunitasmu adalah penulis daerah, nah kalian bisa memanfaatkan dunia maya untuk dijadikan wadah (website) menulis dengan beragam cerita yang berbeda. Setelahnya dapat direncanakan lagi kemajuan tulisan dalam merekrut pembaca dengan share  ke social media yang ada sekarang dan lain sebagainya.

4. Visi-misi ini penting agar komunitas terus terjaga. Kalau ada konflik antar pendiri atau anggotanya, kalian tahu tujuan yang harus didahulukan bersama.

dahulukan komunitas, singkirkan ego kalian via wetalkdrama.blogspot.co.id

Karena dalam komunitas itu terdiri dari beragam anggota, maka perbedaan-perbedaan selalu ada. Jadi, kamu jangan heran kalau suatu saat ada konflik-konflik yang terjadi antar anggota. Kalau udah begini nih, kalian harus mendahulukan visi dan misi bersama. Jangan mendahulukan ego. Karena kalian bersatu dalam komunitas, maka singkirkanlah urusan pribadi.

5. Yang satu ini memang mengeluarkan dana berlebih, tapi gak ada salahnya bikin merchandise komunitas untuk branding di masyarakat.

misalnya kaos via halomalang.com

Memakai merchandise komunitas memang menjadi kebanggan tersendiri. Meski kamu dan teman-teman komunitas harus mengeluarkan biaya berlebih, tapi nggak seberapa dengan apa yang dirasa dan didapatkan. Adanya merchandise tentu mempermudah komunitasmu agar dikenal di masyarakat. Nggak usah dari yang mahal dan keren, tapi coba dari yang kecil-kecil dulu aja. Misalnya stiker, pin, atau kaos yang lebih terlihat.

6. Networking dengan komunitas lain sebanyak-banyaknya, seperti ikutan event festival komunitas ataupun activity online antar komunitas.

biar semakin luas jaringan komunitasmu via mig.me

Memperluas jaringan merupakan salah satu hal yang nggak boleh terlewat. Misalnya aja sowan ke komunitas sejenis atau lainnya sebanyak-banyaknya. Kalian bisa memulai dari mengadakan kopdar bareng hingga terjun dalam menyemarakkan festival komunitas lain. Nah, kamu bisa juga nih ikutan program Community Of The Week di migme. Dalam acara tersebut, terdapat keuntungan yang bisa kamu dan komunitas dapatkan. Biar jangkauan komunitasmu meluas dan kenalanmu juga semakin banyak. 😉

Semoga apa yang udah Hipwee tuliskan dapat membantu kamu dalam mengembangkan komunitas ya. Kalau komunitas semakin maju, toh kamu dan teman-teman juga yang bangga. Apalagi kalau sampai dikenal masyarakat luas, terasa banget manfaatnya! 😉