Siapa sih yang gak mau kulit wajahnya tampak cerah tanpa cela, bebas dari jerawat dan noda hitam? Demi wajah yang tanpa cela, kita pun rela merawatnya tiap hari. Dari maskeran, steaming, sampai facial, semua ritual dijalani.

Tapi entah kenapa, noda hitam tetap muncul begitu saja. Kamu pun harus menutupinya dengan makeup — duh, repotnya!

Hmmm… Kalau memang begitu, kamu layak mencoba tips-tips di bawah ini untuk menjadikan wajahmu cerah. Bahkan tips-tips ini lebih sederhana. Kamu gak perlu membeli produk kecantikan yang menghabiskan dana.

Penasaran? Yuk kita lihat apa saja tipsnya!

1. Hindari sinar matahari pada jam-jam tertentu. Gak mau pakai topi? Tabir surya bisa menyelamatkanmu

Pakai topi saat berkegiatan via favim.com

Noda di wajahmu bisa disebabkan oleh paparan berlebihan pada sinar matahari. Mungkin, kamu sering ke luar rumah saat panas terik tanpa pelindung yang cukup. Boro-boro topi yang menghalangi sinar matahari, mengoleskan krim anti-UV saja kamu sering lupa.

Eh, tiba-tiba muncullah bintik-bintik hitam di wajahmu. Noda hitam karena sinar matahari ini proses terbentuknya lama, namun akan muncul “tiba-tiba”. Kalau sudah begini, yang bisa kamu lakukan adalah menghindari paparan sinar matahari berlebihan.

Usahakan nggak ke luar siang-siang, dan kalau memang harus, pakailah tabir surya yang melindungimu dari UV-A dan UV-B. Nggak perlu SPF yang tinggi banget, kok. SPF 30 saja sudah cukup untuk penduduk di iklim tropis seperti Indonesia. Kabar baiknya, noda hitam karena sinar matahari ini mudah dihilangkan. Dalam 3-6 bulan, noda ini akan hilang secara alami asal kamu setia menghindari sinar matahari.

2. Noda hitam yang baru biasanya masih ada di lapisan epidermi. Singkirkan saja dengan exfoliate tiap beberapa hari.

scrub wajahmu untuk mengangkat sel kulit mati via www.wikihow.com

Kulit kita punya tiga lapisan yang berbeda. Kadang noda hitam kita sebenarnya cuma “nangkring” di lapisan kulit terluar atau epidermis. Noda hitam ini akan otomatis tersingkir kalau kamu juga menyingkirkan lapisan kulit epidermismu. Caranya? Coba deh exfoliate sendiri di rumah.

Kamu bisa menggunakan batu kali (kecuali kulitmu kering), kain mikrofiber, atau scrub. Exfoliation bisa kamu lakukan 1-2 kali dalam seminggu. Kalau kamu berkulit sensitif, lakukan sekali seminggu saja, ya.

3. Gak hanya exfoliation. Masker buah-buahan juga bisa menghilangkan noda di wajah yang bikin kulit wajahmu kusam

Bikin masker dari buah-buahan, yuk! via oceanspotions.wordpress.com

Selain exfoliation, kamu juga bisa membuat masker sendiri dari buah-buahan lho. Beberapa buah mengandung asam peroksida alami yang bisa mengikis lapisan terluar kulit wajah. Misalnya buah pepaya dan jeruk sitrus.

Gimana sih cara bikin masker yang oke? Gampang! Haluskan daging buah pilihanmu di dalam mangkok, kemudian oles ke wajah. Diamkan selama 15 menit sebelum membasuh wajahmu dengan air. Jangan lama-lama ya, karena kalau terlalu lama, kulit wajahmu bisa kering.

4. Perhatikan obat yang kamu konsumsi. Hormon yang mengakibatkan kulit kusam bisa naik karena ini

Hati-hati dengan obat yang kamu konsumsi, ya via futuremd.tumblr.com

Meskipun kita mungkin nggak menyangka, ternyata 10-20% kasus noda hitam disebabkan oleh obat-obatan yang kita konsumsi lho. Pil KB, obat penenang, antibiotik, sampai obat malaria adalah contoh obat-obatan yang bisa menimbulkan noda hitam dan kulit kusam ini.

Kalau kamu sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, coba konsultasikan dengan doktermu. Jangan-jangan obat-obatan inilah yang menimbulkan flek dan noda hitam di kulit wajahmu?

5. Hati-hati saat wajah berjerawat atau meradang. Kalau dipencet, hasilnya noda hitam yang susah hilang

Kompres pakai es batu aja! via movie-stars.us

Ada beberapa jenis noda hitam. Yang paling susah hilang adalah noda hitam bekas kulit yang meradang (post-inflammatory hyperpigmentation). Salah satu penyebab noda hitam ini nggak lain adalah jerawat. Sudah asalnya dari kulit yang meradang, jerawat yang disentuh dengan jari berpotensi makin meradang lagi. Nantinya, jerawat ini meninggalkan bekas berupa noda-noda hitam.

Duh, males banget ‘kan? Untungnya kamu bisa mencegahnya dari sekarang. Kalau ada jerawat bandel muncul di wajahmu, jangan dipencet ya. Kompres dengan es batu saja untuk mengurangi bengkak dan rasa gatalnya!

6. Masih ada noda hitam membandel? Coba deh gunakan serum yang bisa mencerahkan wajah dalam 6 hari 🙂

Supaya wajahmu bisa secerah Chelsea~ via instagram.com

Sudah usaha macam-macam, masih saja ada noda hitam yang membandel. Kalau udah gini, coba deh aplikasikan serum wajah yang bisa cepat menghilangkan noda. Contohnya, GSN Light Complete Super Essence yang bisa membantumu mengurangi noda hitam di wajah dalam 6 hari aja. Teksturnya
ringan dan cepat meresap ke dalam kulit, efektif bekerja melawan noda-noda hitam dari lapisan kulit terdalam.

Kamu yang punya janjian reuni atau kencan 6 hari lagi, coba yuk manfaat serum ini! Harganya pun sangat terjangkau, cukup Rp29,000 — uang makan 1-2 kali, tuh. Garnier Light Complete Super Essence serum juga sudah terjamin kehalalannya, sehingga aman buat siapa saja 🙂

Bisakah kamu hitung noda hitam yang ada di wajahmu saat ini? Repot nggak sih menutupinya setiap hari? Nah, supaya kulit wajahmu bisa bersih tanpa cela, coba yuk tips-tips di atas! Selain sederhana, tips-tips ini juga masih bisa terjangkau kantong anak muda.

Kalau sudah berhasil, kasih tahu Hipwee ya! 😉