Zaman sekarang, perkembangan smartphone sudah semakin maju dengan berbagai fitur yang variatif. Kualitas foto misalnya, beberapa smartphone sudah mulai bisa diandalkan. Namun, ternyata masih banyak orang yang bingung kenapa saat memotret di malam hari dengan menggunakan smartphone, hasilnya nggak sebagus ketika saat memotret di siang hari. Terlebih untuk jenis smartphone yang belum punya kemampuan yang baik dalam mengambil gambar di kondisi cahaya yang minim.

Ternyata, penggunaan kamera smartphone memang butuh trik tersendiri. Kamu nggak perlu khawatir lagi, Hipwee Tips akan bagi-bagi cara agar bisa mendapatkan hasil foto yang tajam di malam hari. Gampang, kok!

1. Gunakan mode manual agar kamu bisa mengatur pencahayaan dan shutter speed-nya. Mode otomatis nggak cocok digunakan pada malam hari

atur mode manual via www.youtube.com

Aturlah ISO yang akan kamu pakai. ISO berguna untuk menentukan banyak cahaya yang diperlukan oleh sensitivitas dari sensor yang dipakai dalam kamera. Untuk kondisi cahaya rendah seperti pada malam hari, gunakan ISO tinggi (600 atau 800).

Aturlah shutter speed sampai 30 detik atau sesuai dengan keinginanmu. Kegunaannya untuk mengontrol banyaknya cahaya yang masuk ke dalam sensor pada kamera.

Jika kamera smartphone-mu belum dilengkapi dengan mode manual, kamu bisa menggunakan aplikasi kamera manual seperti Footec Camera, misalnya.

2. Jika di dalam objek yang akan difoto nggak banyak gerakan yang berarti, kamu bisa memanfaatkan fitur Night Mode

Advertisement

cocok untuk objek diam via www.handlepod.com

Fitur Night Mode membuat hasil foto akan menjadi lebih bagus karena mengalami beberapa proses filterisasi yang dicocokkan dengan kondisi malam hari. Fitur ini dapat menaikkan level kecerahan pada foto sehingga gambar terlihat lebih terang.

Saat menggunakan Night Mode, pastikan nggak ada pergerakan pada objek yang akan difoto, begitupun denganmu, jangan bergerak beberapa saat pada waktu mengambil gambar agar foto nggak blur dan banyak noise.

3. Agar hasil foto nggak blur, akan lebih baik jika kamu memakai fitur timer untuk mengambil gambar. Daripada repot-repot tahan napas saat menekan tombol shutter ‘kan?

biar nggak goyang via www.youtube.com

Jika kamu benar-benar kesulitan untuk menstabilkan tangan saat mengambil foto, fitur timer kamera bisa jadi alternatif. Fitur ini menggantikan peran jari yang rentan ikut bergerak saat meng-capture foto, alhasil gambar jadi blur. Nggak mau ‘kan?

Pengaturan timer selama 3 detik saja bisa membantu memberikan waktu untuk kamera smartphone memfokuskan objek.

Jika dalam keadaan terpaksa, kamu bisa gunakan cara manual. Usahakan jangan bergerak sama sekali dan tahan nafasmu sebentar saat menekan tombol shutter.

4. Jika memungkinkan, gunakan tripod untuk menghindari pergeseran kamera karena tarikan nafas ataupun gangguan lainnya

pakai tripod via www.dpreview.com

Seperti yang kamu ketahui, memotret di malam hari adalah hal yang rumit. Tripod merupakan salah satu alat yang bisa membantu saat kamu ingin mengambil gambar pada malam hari yang minim cahaya, sehingga diperlukan shutter lambat agar cahaya bisa ditangkap lebih banyak.

Letakkan smartphone di suatu tempat yang sudah kamu tentukan angle-nya untuk mengambil gambar. Untuk penggunaan tripod, fitur timer sangat dianjurkan.

5. Adalah haram hukumnya menggunakan flash untuk objek yang jaraknya jauh, karena hanya akan menimbulkan bercak-bercak nggak jelas dalam foto

untuk objek dekat nggak masalah via www.phonearena.com

Kamu perlu mengetahui dengan pasti, kapan harus memakai flash. Saat kamu sedang mengambil objek yang jaraknya jauh maka penggunaan flash hanya akan menimbulkan titik-titik cahaya yang nggak jelas dan mengganggu dalam foto. Jika objek yang kamu ambil berjarak dekat, maka flash bisa sangat membantu memaksimalkan hasil foto.

6. Terakhir, hindari memakai fitur zoom supaya hasilnya bagus dan nggak ‘pecah’

jangan di-zoom via square-snaps.com

Usahakan untuk nggak menggunakan fitur zoom saat mengambil gambar pada malam hari. Jika kamu ingin hasil yang lebih detail, cobalah dekati objeknya atau biarkan kamera mengambil foto dari jarak sesungguhnya, lalu tinggal crop saja hasil fotonya nanti.

Nah, itu dia trik memaksimalkan hasil foto yang diambil pada malam hari agar lebih tajam tanpa blur. Cuma modal HP doang, kamu pun bisa mendapat foto malam hari yang maksimal. Yuk, praktikkan pas malam tahun baru nanti!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya