Nuansa putih memang jadi pilihan banyak orang dalam berpakaian. Warnanya yang netral akan dengan mudah dipadu-padankan dengan warna lainnya. Selain itu, mengenakan baju berwarna putih juga memberikan kesan rapi dan juga bersih. Tapi sayangnya, mempunyai baju berwarna putih berarti harus sangat berhati-hati baik saat memakainya maupun dalam perawatannya.

Baju putih sangat riskan terhadap kotoran yang menempel. Sedikit saja ada noda yang membekas, tentu warna putih yang ada jadi terlihat sangat kotor. Memakai deterjen khusus pemutih pakaian yang dijual di pasaran kadang bikin warna lain yang ada pada motif atau gambar di pakaian tersebut jadi ikut-ikutan hilang. Belum lagi jika pakaian putih ini sudah lama dipakai, warnanya bisa saja berubah jadi kusam atau bahkan sedikit kuning. Kalau sudah begitu, memakainya lagi menjadi enggan, dan ini jadi alasan untuk membeli yang baru. Hmm, jadi boros, ‘kan?

Nah, Hipwee Tips punya trik untuk melakukan perawatan agar warna putih pada pakaian tetap awet dan tahan lama. Yuk, simak!

1. Ramuan yang pertama ini nggak cuma bikin baju putih tidak kusam, tapi juga dapat membersihkan noda keringat pada baju di daerah kerah atau ketiak

Ramuan deterjen+lemon+garam+air via brightside.me

Ramuan ini selain digunakan untuk merawat baju putih agar tetap cerah dan tidak kusam, ternyata juga merupakan cara terbaik untuk menghilangkan noda keringat pada baju di daerah kerah atau ketiak. Caranya pun ternyata sangat mudah dan hanya menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Silakan dicoba, ya!

Advertisement
  1. Rebus 2 liter air ke dalam panci besar.
  2. Siapkan tiga buah lemon, peras dan ambil airnya.
  3. Campur satu sendok makan garam, air perasan lemon dan 1/4 cangkir deterjen bubuk ke dalam air panas.
  4. Rendam baju yang ingin dicuci ke dalam ramuan tersebut selama sekitar 40 menit.
  5. Bilas dengan air jernih dua sampai tiga kali.
  6. Jemur hingga kering.

2. Selanjutnya, lemon dan baking soda ternyata juga dipercaya mampu menghilangkan noda pada baju putih, lho!

Ramuan lemon+baking soda via brightside.me

Secara tidak langsung, cara ini digunakan sebagai pengganti deterjen saat akan mencuci baju. Caranya mengaplikasikannya pun cukup mudah.

  1. Tuangkan satu sendok makan baking soda langsung ke area yang bernoda.
  2. Potong lemon menjadi dua, dan gosokkan pada noda.
  3. Biarkan selama 15 menit, lalu cuci seperti biasa dengan air hangat.
  4. Atau, bisa juga dibuat pasta dengan mencampur baking soda dan perasan lemon.
  5. Kemudian gosokkan pada daerah yang bernoda, kucek, dan cuci hingga bersih.

3. Bahkan campuran lemon dan air saja bisa membuat baju putih yang bernoda kembali bersih. Mungkin kamu mau coba?

Ramuan lemon+air via brightside.me

Lemon memang punya banyak manfaat. Selain bisa dikonsumsi dan juga perawatan kulit, ternyata lemon merupakan pembersih serbaguna yang baik digunakan untuk pakaian tanpa merusak kainnya. Caranya pun simpel;

  1. Iris 2 buah lemon, tambahkan ke dalam semangkuk air matang (kira-kira 1 liter).
  2. Rendam baju putihmu ke dalam campuran air dan lemon tadi selama 40 menit.
  3. Cuci seperti biasa di mesin cuci.

4. Kalau di dapur ada cuka, masalah baju putih bernoda dan kusam akan dengan mudah diselesaikan

Ramuan cuka+air via brightside.me

Cuka juga merupakan salah satu bahan dapur yang dapat dengan mudah membantumu menyelesaikan masalah baju putih yang bernoda. Cukup dengan merendam pakaian selama 40 menit ke dalam larutan 1 liter air hangat dan 1/2 cangkir cuka atau tuangkan cuka ke daerah yang terkena noda, kemudian beri deterjen secukupnya, lalu kucek dan bilas. Cuka tidak hanya bisa memutihkan pakaian, tapi juga berfungsi sebagai pelembut kain alami. Jadi dobel manfaat, ‘kan?

5. Nggak cuma baju, mungkin selimut atau bed cover warna putihmu kotor dan ingin dibersihkan? Ramuan ini sangat pas digunakan untuk kain halus atau berbahan wol

Ramuan deterjen+hidrogen peroksida+air via brightside.me

Selain pilihan deterjen yang diperhatikan agar kualitas baju tetap terjaga, membuat ramuan yang satu ini dapat digunakan untu mencuci wol dan kain halus lainnya. Caranya, campur 1/4 cangkir deterjen dengan 1/4 cangkir hidrogen peroksida. Tambahkan ke dalam 2 liter air hangat. Rendam pakaian dalam larutan tersebut selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih.

6. Terakhir, larutan yang ini perlu beberapa bahan kimia. Nggak heran jadi yang paling efektif dari cara-cara sebelumnya

Ramuan amonia+hidrogen peroksida+air via brightside.me

Ini adalah cara paling kuat daripada yang lain. Tentu, hasilnya juga akan lebih efektif. Tapi, yang perlu diperhatikan adalah lama perendaman dan jangan lupa memakai sarung tangan saat menggunakannya. Perhatikan baik-baik cara membuat ramuannya ya;

Tambahkan 1/4 cangkir hidrogen peroksida dan 4 tetes amonia ke dalam satu liter air. Biarkan bajumu direndam dalam larutan tersebut selama 10 menit. (ingat, 10 menit saja ya. Jangan terlalu lama), lalu bilas sampai bersih.

Kini, memiliki baju putih sudah tak perlu lagi dibarengi rasa khawatir akan warnanya yang berubah kusam atau noda yang sulit dihilangkan. Dengan mencoba beberapa cara di atas, dijamin baju putihmu akan tetap bersih dan terjaga kualitasnya. Selamat mencoba, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya