Mengawali hari dengan secangkir kopi mungkin memang pilihan paling tepat. Setelah bangun dari tidur, aroma bubuk kopi yang diseduh pastilah membuatmu lebih bersemangat menyambut hari. Secangkir kopi panas ibarat suntikan semangat sebelum kamu menjalani aktivitas yang padat.

Namun, kondisinya akan berbeda jika kamu mengkonsumsi kopi saat malam hari atau bahkan sebelum tidur. Beberapa pakar kesehatan menjelaskan bahwa minum kopi 6 jam sebelum tidur justru akan menganggu pola tidur, bahkan memicu mimpi buruk.

Itulah alasan mengapa kamu lebih baik menghindari kopi dan memilih minum teh saat malam hari. Sepulang beraktivitas, luangkan waktu untuk menyeduh secangkir teh dan menikmatinya sebelum tidur. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa menikmati secangkir teh di akhir hari adalah nikmat Tuhan yang tak tertandingi.

1. Setelah bekerja seharian, secangkir teh hangat ampuh menenangkan pikiran. Karenanya, tidurmu bisa lebih nyenyak semalaman.

secangkir kopi di akhir hari via www.fashiongarden.gr

“Ya ampun…seharian banyak banget kerjaan. Kepala rasanya penuh banget, banyak pikiran…”

Advertisement

Jika konsumsi kopi di malam hari berpotensi mengganggu pola tidurmu, teh justru sebaliknya. Minum teh sebelum tidur akan membuat pikiranmu terasa lebih tenang. Hasilnya, kamu pun bisa tidur lebih tenang dan nyenyak semalaman. Yang pasti, waktu tidur yang cukup akan membuatmu bangun dalam segar dan bugar.

Satu hal yang perlu dicatat adalah jenis teh yang kamu minum. Saat malam hari, sebaiknya konsumsi teh chamomile atau teh lavender. Sementara, teh hijau sebaiknya dihindari karena khasiatnya yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi.

2. Minum teh setelah makan malam sangat baik bagi pencernaan. Saat tidur kamu akan terhindar dari konstipasi dan kekenyangan.

kamu akan terhindar dari konstipasi via believersneverdie.viewy.ru

Tanpa sadar, kamu mungkin terbiasa menyantap makan malam secara berlebihan. Selepas lelah beraktivitas dan menahan lapar, kamu pun melampiaskan nafsu makanmu begitu sampai di rumah. Padahal, porsi makan yang berlebihan bisa jadi menganggu pencernaan. Kekenyangan, perut kembung, dan begah atau konstipasi mungkin akan menyerangmu.

Nah, secangkir teh hangat juga sangat baik dikonsumsi setelah makan malam. Pasalnya, zat katekin yang terkandung dalam teh terbukti dapat memperlancar buang air besar sehingga waktu tidurmu pun tak akan terganggu dengan kondisi perut yang tak nyaman.

3. Teh seringkali dipandang sebelah mata. Padahal, zat-zat dalam teh terbukti berkhasiat menangkal radikal bebas.

teh terbukti ampuh menangkal radikal bebas via galleryhip.com

Radikal bebas adalah salah satu penyebab utama timbulnya kanker, penyakit jantung, dan degenerasi syaraf. Namun alih-alih percaya, banyak orang yang mengabaikan khasiat minuman yang satu ini. Teh memiliki kemampuan untuk menghancurkan radikal bebas dalam tubuh manusia.

Teh ditemukan sekitar 5.000 tahun lalu oleh seorang kaisar Cina yang sedang menikmati secangkir air putih hangat di tamannya. Kaisar tersebut terkejut ketika melihat air yang akan diminumnya kemasukan daun teh yang diterbangkan angin. Air yang terasa lebih nikmat dan menyegarkan membuat Si Kaisar penasaran dan memerintahkan bawahannya untuk meneliti khasiat teh.

Salah satu zat yang terkandung dalam teh adalah polyphenol. Selain melindungi sel tubub dari kerusakan akibat radikal bebas, polyphenol juga berfungsi mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya seperti yang disebutkan sebelumnya. Dan teh dengan kadar antioksidan tertinggi adalah teh hijau, teh oolong, dan teh hitam.

4. Rutin mengkonsumsi teh setiap hari juga baik bagi kesehatan mulutumu. Jangan lagi khawatir dengan nafasmu yang bau.

jangan khawatir dengan bau mulutmu via www.sizz.hk

Penelitian di University of Chicago College of Dentistry membuktikan bahwa teh dengan kandungan polyphenol-nya juga berkhasiat untuk memperlambat pertumbuhan plague dan bakteri dalam mulut. Minimnya pertumbuhan bakteri tentu akan menghindarkanmu dari masalah gigi berlubang, infeksi, bau mulut, dan penyakit gusi lainnya.

Layaknya obat kumur, konsumsi teh hitam atau hijau ini patut jadi rutinitasmu setiap hari. Dalam sebuah studi, peneliti menemukan bahwa orang yang berkumur dengan teh hitam selama 10 kali sehari selama sekitar 1 menit memiliki penumpukan plak yang lebih sedikit dibandingkan orang yang berkumur dengan air biasa sehingga kesehatan giginya lebih terjaga.

5. Seiring bertambahnya usia, daya ingatmu pun akan ikut berkurang. Itulah kenapa teh adalah minuman pilihan yang setiap hari bisa diandalkan.

daya ingatmu akan tetap terjaga via rss.ayosearch.com

Saking banyaknya tugas dan pekerjaan, seringkali otakmu harus bekerja mati-matian. Padahal seiring bertambahnya usia, daya ingat atau kemampuan mengingatmu juga semakin berkurang. Inilah alasan kenapa kamu layak mengkonsumsi teh setiap hari.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychopharmacology pada Maret 2014 menjelaskan bahwa teh ternyata dapat meningkatkan fungsi otak, utamanya memori kerja. Penelitian tersebut dilakukan pada 12 orang sehat yang secara acak diminta mengkonsumsi minuman yang mengandung 27,5 gram ekstrak teh dan minum minuman biasa yang tanpa mengandung teh. Dari hasil pencitraan otak dan tes memori kerja, diketahui bahwa peminum tes memiliki kinerja yang lebih meningkat dan konektivitas tinggi antara bagian otak frontal dan pariental yang berfungsi mengatur ingatan.

6. Percaya nggak percaya, khasiat teh disebut-sebut lebih baik daripada air putih lho!

teh lebih baik dari air putih? via www.casadevalentina.com.br

European Journal of Clinical Nutritionmelaporkan menyebutkan bahwa teh ternyata bisa meredam rasa haus lebih baik daripada air putih. Dr Carrie Ruxton, ahli gizi dan penulis utama studi tersebut menyampaikan bahwa,

“Minum teh sebenarnya lebih baik daripada air putih. Air pada dasarnya adalah menggantikan cairan. Teh menggantikan cairan dan mengandung antioksidan, sehingga punya dua hal yang lebih baik.”

Kandungan antioksidan di dalam teh, khususnya flavanoid, dapat mengurangi kerusakan sel-sel tubuh akibat padatnya aktivitas sehari-hari. Kabarnya, orang yang minum 3-4 canfkir teh setiap harinya mempunyai resiko lebih rendah untuk terserang penyakit jantung.

British Nutrition Foundation bahkan merekomendasikan agar setiap orang minum 1,5 – 2 liter teh setiap harinya. Namun karena teh juga dapat mencegah penyerapan zat besi dari makanan, kamu yang berisiko anemia sebaiknya menghindari minum teh setelah makan.

7. Menikmati secangkir teh ibarat relaksasi. Setelah beraktivitas, energimu akan kembali. Dan di momen ini rasa-rasanya hidup tak seberapa berat untuk dijalani.

energimu akhirnya akan kembali via www.pleasenotepaper.com

“Sepulang beraktivitas di luar rumah, pulang dan menikmati secangkir teh itu rasanya surga banget. Ini nih nikmat Tuhan yang tak tertandingi.”

Tak ada yang lebih nyaman selain rumah tempatmu pulang. Apalagi selepas bekerja seharian di luar rumah, bayangan tentang kasur empuk dan “kostum” rumahan yang biasa kamu pakai pastilah jadi yang paling diinginkan. Momen istirahatmu pun akan semakin sempurna ketika kamu bisa menghalau lelahmu dengan segelas teh hangat dengan rasa manis yang pas.

Rasa-rasanya energimu bisa seketika kembali. Pikiran jadi lebih tenang, pegal-pegal di tubuh pun perlahan menghilang. Entah jatuh bangun atau kesulitan macam apa yang kamu lewati seharian, rasanya semua lebur dan hidup nyatanya tak seberapa berat untuk dijalankan.

Setelah pulang kerja nanti, segera tuju rumahmu dan siapkan secangkir teh yang akan mendamaikan akhir harimu, ya! 🙂