Punya uang hasil keringatmu sendiri tentu jadi kebanggaan. Kamu telah berhasil susah payah mencari dan mengumpulkannya untuk membiayai suatu keperluan. Namun, nggak jarang juga kamu menggunakannya sebagai ‘balasan’ atas kerja kerasmu selama ini karena telah pergi pagi, pulang malam. Kamu jadi ingin memakai uang tersebut untuk suatu hal nggak begitu penting – demi memuaskan diri sendiri.

Tapi, lagi-lagi karena kamu masih muda dan kebutuhan di masa depan banyak yang menunggu, kamu harus memutar otak agar nggak sembarangan menggunakan uang. Walau sudah berkali-kali memikirkannya, bahkan sering juga melihat-melihat barang itu, tetap saja nggak jadi beli.

Hmm… Memang apa saja sih barangnya? Simak rangkuman yang telah Hipwee Tips siapkan berikut ini, yuk!

1. Parfum mahal memang menggoda. Namun, selama ada yang refilan dan tahan lama, kenapa harus repot-repot beli yang menguras kantong?

yang refilan saja deh via www.vogue.in

Wanginya yang tahan lama merupakan alasan utamamu setiap ingin membeli parfum mahal. Barang yang cukup menguras kantong ini aromanya punya ciri khas yang membedakannya dengan parfum biasa, yang murah harganya. Selain itu, merek yang tertera pada botol bikin kamu punya rasa bangga ketika menyemprotkannya ke seluruh tubuh.

Advertisement

Ya, memang nggak salah sih, tapi selama masih ada parfum refilan, yang bermerek itu pasti nggak akan kamu beli. Kamu tetap pada pendirian untuk beli parfum refilan saja karena wanginya nggak kalah harum dan tahan lama juga.

2. Saat musisi idola adakan konser maunya sih nonton. Tapi, kalau acaranya di negara tetangga pasti kamu mikir-mikir lagi

galau nonton via buffalonews.com

Kalau mendengar musisi idola menggelar konser, rasanya kamu ingin segera beli tiketnya saat itu juga. Sayangnya, hal itu harus kamu tahan lantaran berbagai keperluan lain yang masih ada. Jika acaranya diadakan di dalam negeri sih masih kemungkinan besar kamu nonton, tapi kalau di negara tetangga seperti Coldplay kemarin, gimana? Belum uang tiket konsernya, pesawat, hingga uang jajan yang bakal kamu keluarkan. Duh, nanti dulu deh!

3. Barang branded luxury selalu mempesona mata. Tapi kalau ada yang KW super dan harganya lebih terjangkau, kamu lebih pilih yang mana?

cari yang bermerek tapi harganya masih terjangkau saja via www.telegraph.co.uk

Siapa sih yang nggak bangga kalau berhasil membeli barang-barang bermerek? Selain meningkatkan rasa PD, kamu pun nggak rugi membelinya karena kualitasnya nggak perlu ditanya. Sayangnya, kalau hal itu dituruti terus menerus, kondisi keuanganmu malah semakin memburuk. Oleh karena itu, kebih baik kamu cari deh barang-barang yang nggak perlu branded, tapi menyerupai. Hihihi…

4. Karena ingin gaya-gayaan, kadang kamu kepengen membeli air mineral berharga 10.000 dibanding yang 2.000-an

ada lho air mineral yang mahal via www.wisegeek.com

Pengen nih sekali-kali minum Equ*l biar keren. Bosen Aqu* melulu!

Pemikiran semacam itu wajar sih kamu punya, tapi apa iya kamu nggak sayang sama uang sendiri? Tapi anehnya, keinginanmu untuk membeli air mineral seharga 1 liter bensin ini kadang nggak terealisasi, karena kamu nggak rela mengeluarkan uang 10.000 cuma buat sekali tegukan. Hahahaha!

5. Walau tawaran kost-kost’an mewah sering datang, tapi tetap terlalu sayang jika harus menggelontorkan 500.000-1.000.000 per bulan ‘kan?

pilih yang sederhana deh via www.nytimes.com

Meski kadang terbesit keinginan tinggal di tempat yang mahal karena fasilitas dan kebersihannya lebih terjamin, jika dipikirkan lagi uangnya mubazir. Lagi-lagi hal ini karena kebutuhanmu yang masih banyak, maka kamu pun lebih memilih mencukupi kebutuhan bulanan daripada ngos-ngosan hanya untuk membayar kost-kost’an.

6. Pengen sih naik pesawat kelas bisnis sesekali. Tapi, lebih enak uangnya buat beli oleh-oleh deh, ya…

hmm ekonomi juga oke kok via www.enhancetravel.com.au

Bukannya sok seperti selebriti, tapi yang namanya hidup pasti ingin sesekali coba menikmati naik pesawat dengan kelas bisnis. Jika perjalanannya jauh sih masih kamu iyakan, tapi kalau cuma 1 atau 2 jam saja pasti kamu lebih memilih naik kelas ekonomi, lalu uangnya buat belanja atau berburu oleh-oleh. Iya nggak?

7. Selalu muncul godaan mau beli CD original penyanyi idola atau buku kuliah yang asli. Namun, hal itu sirna lantaran bisa kamu download sekarang

‘kan udah bisa di-download via www.justjaredjr.com

Buat kamu yang lagi kuliah, pasti tahu problematika anak kuliahan soal uang itu apa ‘kan? Yup! Salah satunya adalah dilema mau membeli buku yang asli, sedangkan masih ada solusi yakni berupa fotocopy. Ah, ya memang begini faktanya, karena pikiranmu adalah untuk menghemat biaya.

Atau saat penyanyi favoritmu launching CD baru, kadang terbesit di pikiranmu untuk membeli seri originalnya. Tapi selama ada internet untuk men-download lagunya, kenapa nggak memilih alternatif ini saja? Ini nih yang biasanya kamu lakukan.

Jadi, keuanganmu kini makin terjaga karena nggak asal mengeluarkannya buat hal yang nggak begitu perlu. Kamu berpikir ulang untuk menggunakannya, yaitu selama masih ada yang sama dan harganya terjangkau, kenapa nggak?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya