Ruangan kamar yang kecil biasanya membuat kita bingung untuk mengorganisir barang. Hasilnya? Kamar jadi berantakan. Penuh dengan barang yang tidak lagi bisa dengan rapi menemukan lemari penyimpanan.

Alasan sempitnya kamar ini kerap jadi pembenaran untuk seenaknya meletakkan barang kepunyaan. Padahal ada banyak cara untuk mengatur barangmu yang banyak itu di tengah tempat penyimpanan yang terbatas.

Punya kebingungan yang sama? Di artikel ini Hipwee bakal bantu kamu dengan memberikan beberapa solusi cara pengaturan barang yang kamu buat sendiri. Penasaran apa saja caranya? Yuk, simak!

 1. Manfaatkan daun jendela bekas yang diberi kawat besi sebagai tempat penyimpanan koleksi aksesori

Jewelry kamu pun jadi rapi dan mudah diambil via femmesdetunisie.com

Cara membuatnya pun mudah, hanya dengan barang bekas yang kita temukan bisa jadi pajangan perhiasan yang indah, lho. Jendela bekas contohnya. Kamu tinggal menempelkan kawat besi jaring-jaring di tengah jendela tersebut, yang tentunya sudah nggak ada kacanya ya, dan voila! Jadilah pajangan perhiasan yang artistik dan cantik. Kalung dan antingmu pun bisa disimpan dengan lebih rapi sekarang.

2. Matamu lelah dengan juluran kabel di sekeliling kamar? Satukan mereka dengan paper clip besar, kemudian rapikan

Advertisement

Membuat rapi kabel-kabel via www.brit.co

Nggak enak dipandang ya rasanya kalau kabel yang ada di kamar kamu menjalar kemana-mana? Coba lakukan cara ini! Simpel kan? Kamu bisa tempelkan paper clip ini di belakang meja, lemari, atau tembok bagian bawah kamar kamu.

3. Untuk peralatan make up berbahan besi kamu bisa melekatkannya dengan lempengan magnet macam ini

Mengorganisasi peralatan kecantikan kamu via www.brit.co

Kalau kamu punya peralatan kecantikan dari besi, mungkin cara ini bisa banget kamu lakukan. Caranya dengan menempelkan magnet yang berupa lempengan di tembok, kemudian tempelkan peralatan berbahan besimu di lempengan magnet ini.

4. Jika panjang kabel charger ponselmu tidak cukup untuk menjangkau meja, hal ini bisa dilakukan agar ponselmu aman dari terinjak

Gantung ini dan ponselmu akan aman via diyhshp.blogspot.com

Kamu bisa membuat ini dengan botol hand & body lotion milikmu yang sudah habis lalu kamu bisa menghiasnya agar terlihat cantik.

5. Bingung karena bajumu mulai nggak cukup di lemari? Tenang, kamu gantung saja dengan memanfaatkan kreatifitas dan pipa PVC!

Baju nggak cukup di lemari? Nggak papa via lundagard.blogspot.com.br

Bingung juga ya kalau lemari mulai penuh dan terpaksa ada baju yang harus ditaruh di luar lemari. Jangan main taruh dimana-mana, ya. Gantung saja bajunya! Kamu bisa menggantung baju kamu di sisi tempat tidur kamu yang kosong dan menyisakan space yang kecil.

Caranya dengan menyiapkan pipa PVC kecil, sekrup, dan rantai atau tali jika rantai dirasa sulit didapat. Ikatkan tali pada pipa, lalu gantungkan pada sekrup berbentuk pancing yang sudah kamu pasang sebelumnya.

6. Tembok kosong pun bisa kamu manfaatkan sebagai rak untuk menaruh buku dan berbagai perlengkapan

Buku dan perlengkapan lainnya bisa kamu tata disini via houseandgarden.co.uk

Jangan lewatkan tembok kosong di kamarmu, ya. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari tembok kosong ini, salah satunya menempatkan rak yang ditempel pada sisi tembok tersebut. Bahkan tembok sisi pintu menuju ruang lain pun bisa kamu manfaatkan, lho!

7. Demi tumpukan sepatu yang lebih rapi, coba tata mereka dengan gantungan yang bisa kamu buat sendiri

Hunger untuk sandal maupun sepatu via houseandgarden.co.uk

Sandal atau sepatu kamu tercecer di lantai? Alternatif ini bisa jadi pilihan kamu untuk membuatnya rapi. Mulailah gantung alas kakimu. Caranya bisa dengan membuat gantungan alas kaki dari hunger baju biasa yang kamu potong bagian bawahnya, lalu bengkokkan ke dalam bagian sisi samping kanan dan kirinya. Mudah, bukan?

Semoga artikel Hipwee kali ini bisa menambah inspirasi kamu dalam menata kamar, ya. Jika kamar kamu rapi, maka kamu pun akan merasa kerasan dan nyaman beristirahat di kamarmu sendiri. Selamat mencoba!