Banyak dari kita yang mencari berita dari membaca koran. Nah, gak jarang kamu akan punya setumpukan koran harian di rumah. Sampai-sampai kamu bingung dengan koran bekas yang semakin hari, semakin memenuhi gudang.

Alih-alih menyimpannya sampai berbulan-bulan, berita yang sudah dibaca dan tidak uptodate lagi seharusnya di buang saja. Tapi daripada hanya dibuang atau dijual kiloan di tukang loak, gak ada salahnya kalau kamu manfaatkan saja untuk mempercantik rumahmu. Nah, mau tahu bagaimana caranya? Simak uraian Hipwee berikut ini, yuk!

1. Gunakan kaleng bekas dan kertas koran untuk membuat wadah serbaguna yang berkesan

Gunakan jadi pelapis kaleng hiasan via knickoftime.net

Kertas koran yang sudah lawas tak melulu harus dijual perkilo, sekarang kamu bisa memasangkannya dengan kaleng bekas agar menjadi wadah yang bermanfaat nan indah. Cara membuatnya juga mudah kok, yaitu bersihkan kaleng bekas, seperti kaleng susu, kaleng cat, atau kaleng lem. Lalu gunting koran sesuai dengan luas permukaan kaleng. Setelah itu, gunakan lem yang kuat untuk menempelkan kertas koran pada permukaan kaleng. Kemudian gunakan paku untuk menempelkannya pada dinding rumah.

Nah, jadi deh! Wadah eksotik nan bermanfaat bisa kamu buat dari kertas koran bekas. Sekarang kamu juga tak bingung lagi menata perkakas-perkakas kecilmu.

2. Sulap koran-koran bekas di rumahmu jadi kantong yang menarik dan murah meriah

Advertisement

koran disulap jadi kantong cantik via bestoutofwaste.org

Kamu sedang menjajal dunia bisnis? Mungkin aksesoris atau barang-barang yang berukuran kecil? Nah, tanpa harus mengeluarkan banyak modal, sekarang kamu bisa manfaatkan kertas koran sebagai kemasan barang. Pertama-tama kamu potong kertas ukuran 15 x 20 cm. Lalu kamu lipat dan lem agar bisa berbentuk wadah. Agar bagian dasar bisa tertutup sempurna, kamu lipat 3 cm bagian ke bagian atas. Lalu bukalah lipatan dan posisikan hingga bagian tepi terbentuk segitiga seperti pada gambar. Kemudian kamu lipat ke bagian tengah dan gunakan selotip untuk merekatkan.

Nah, jika sudah jadi seperti ini, kamu bisa gunakan tutup gelas dan pita sebagai hiasan pada bagian atas. Menarik ‘kan? Jadi kamu tak perlu menghabiskan modal untuk bikin kemasan, karena cara ini juga bisa kamu aplikasikan.

3. Hiasan pintu rumah tak melulu harus menggunakan bunga, kamu bisa gunakan kertas koran agar terlihat berbeda.

Manfaatkan koran untuk hiasan pintu rumah via lestissuscolbert.blogspot.de

Hiasan pintu seringkali digunakan untuk memperindah suasana rumah atau khusus dipasang saat perayaan hari besar sebagai ciri khas. Tanpa melulu harus menggunakan buket bunga, sekarang kamu bisa membuatnya dari kertas koran yang ada di gudang.

Caranya mudah kok, pertama-tama buatlah kerangka lingkaran dengan serabut kayu, atau mungkin kamu sudah bisa membelinya yang sudah siap pakai. Lalu kamu gunting kertas koran dengan lebar 10-20 cm dan jangan lupa gunting 3/4 bagian lebar kertas agar membentuk rumbai-rumbai. Setelah itu, lilitkan pada kerangka serat kayu menggunakan lem yang kuat.

Agar terlihat lebih indah, kamu bisa tambahkan beberapa hiasan seperti patung burung atau lonceng rumah. Lalu pasang menggunakan tali rotan yang kuat. Nah, indah dan lain dari yang lain ‘kan?

4. Lampu meja yang dihiasi gulungan kertas koran bukan hanya lebih murah, efek cahaya yang dihasilkan juga lebih nyaman.

Manfaatkan kertas koran sebagai hiasan lampu kamar via catchmyparty.com

Lampu kamar yang indah tak melulu harus dibeli dengan harga mahal lho, sekarang kamu bisa coba buat hiasan lampu dari koran bekas. Caranya gampang, langkah pertama adalah membuat gulungan kertas koran yang kira-kira panjangnya 25-30 cm. Buatlah gulungan dalam jumlah yang cukup banyak. Nah, setelah gulungan itu siap, kamu bisa tata dengan menyilang dan sistem tumpang tindih. Pastikan kamu gunakan lem yang kuat untuk merekatkannya, ya!

Buatlah tumpukan itu setinggi lampu. Setelah itu, gunakan gulungan yang lebih pendek untuk bagain atas. Dengan begitu, tutup lampu bentuk bulat bisa kamu buat. Nah, mudah ‘kan? Selain lampu kamarmu jadi terlihat cantik, lampu yang dipantulkan juga tak terlu terang, jadi kamu bisa tidur lebih nyenyak.

5. Kotak serbaguna tak harus dibuat dari rotan, sekarang kamu bisa membuatnya sendiri hanya bermodal kertas koran.

Jadi tempat aksesoris via deceptivelyeducational.blogspot.co.uk

Pemanfaatan kertas koran jadi kotak serbaguna via deceptivelyeducational.blogspot.co.uk

Barang-barangmu berantakan? Itu artinya kamu butuh kotak untuk menampungnya. Tak melulu harus beli kotak rotan yang harganya mahal, sekarang kamu bisa membuatnya dari kertas koran. Pertama-tama, guluhkan koran dan pipihkan. Jangan lupa gunakan lem ya agar “rotan” koran ini bisa lebih rapi. Kemudian kamu anyam setiap koran secara selang seling seperti pada gambar. Jika dasar kotak sudah rampung, kamu lipat ke bagian atas untuk membuat sisi yang lainnya. Agar lebih rapi, kamu bisa selipkan ujung terakhir koran di sela-sela anyaman.

Nah, mudah ‘kan? Kalau kamu ingin membuatnya terlihat lebih menarik, warnailah dengan cat lukis atau cat semprot.

6. Buket bunga yang wangi ilmu pengetahuan juga bisa kamu ciptakan sendiri sebagai hiasan atau hadiah untuk teman

Bikin bunga dari koran via id.pinterest.com

Tak hanya kotak yang bisa dibuat dari kertas koran, bunga yang identik dengan keindahan pun dibuat dari barang murah ini. Langkah pembuatannya juga singkat dan tak bikin ribet. Pertama-tama kamu sediakan potongan kertas koran dengan ukuran kira-kira 5 x 5 cm. Lalu gunting secara bergelombang pada bagian atas. Lalu satukan setiap mahkota bunga dengan cara melipat bagian bawah kertas dan pakailah lem tembak untuk merekatkannya. Selain itu, gunakan kawat sebagai tangkai bunga.

Jika kamu sudah buat beberapa tangkai bunga, satulah dalam satu buket yang indah. Kamu bisa mengikatnya lagi dengan kawat agar setiap tangkai tak mudah lepas. Kemudian lapisi dengan pita warna yang kamu suka. Jadi deh, buket bunga yang wangi ilmu pengetahuan bisa kamu buat dengan cara yang mudah dan murah.

7. Tak harus mampir ke luar negeri untuk menikmati nuansa musim gugur. Kamu bisa membuatnya sendiri di kamarmu dengan hiasan daun kering dari kertas koran

Bikin hiasan daun dari koran via masterpieceweddings.blogspot.com

Menikmati musim gugur itu gak harus pergi ke luar negeri kok, hanya dengan hiasan daun kertas koran, sekarang kamu bisa merasakannya di kamarmu. Caranya mudah kok. Pilihlah bentuk daun yang menjadi favoritmu, misalnya daun singkong atau daun nangka. Lalu keringkan sampai berwarna coklat. Nah, setelah kering, kamu tempelkan kertas koran menggunakan lem yang kuat.

Lalu kamu warnai dengan cat berwarna kuning atau coklat. Setelah itu, gunakan pensil warna untuk menggambar pola tulang daun. Kemudian tempelkan beberapa helai daun di jendela kamar. Nah gampang ‘kan? Cara ini ampuh untuk menciptakan suasana kamar seperti sedang musim gugur.

Nah, gimana? Tertarik untuk mencoba? Mulai sekarang tumpukan koran di rumah tak akan lagi mengganggu pandangan jika kamu bisa menerapkan cara-cara di atas. Selamat mencoba, ya! 🙂