Siapa bilang cowok nggak perlu merawat diri? Siapa juga yang bilang merawat diri bikin kejantananmu terkebiri?

Karena tak ingin dibilang lebay, kamu yang cowok jadi sedikit enggan merawat diri. Padahal, cowok anti merawat diri itu udah gak zaman lagi lho. Toh kamu juga perlu menjaga penampilan demi menambah daya tarik, rasa percaya diri, dan kenyamanan. Kalau kalian merasa nyaman dengan wajah yang jerawatan dan bibir kering pecah-pecah… jangan-jangan ada yang salah dengan gaya hidup kamu selama ini?

Merawat diri juga bukan berarti harus pergi ke salon. Ada 7 cara ini kok yang sudah Hipwee sediakan. Kalau kamu ingin lebih sedap dipandang mata, nggak ada salahnya toh menyimaknya?

1. Usahakan cuci muka dengan sabun khusus wajah. Jangan pakai sabun badan ya, nanti wajahmu kering

Karena mengirit pengeluaran, kamu berpikir membersihkan wajah cukup dengan sabun untuk badan saja. Padahal salah satu penyebab kulit wajahmu kering, atau lebih parahnya lagi iritasi dan berjerawat, ya penggunaan sabun yang kurang tepat.

Advertisement

Kamu juga harus pintar memilih sabun wajah. Sesuaikan dengan kondisi atau kebutuhan wajah kamu. Kamu juga nggak perlu sering membersihkan wajah dengan sabun, cukup sehari dua kali, saat akan beraktivitas dan sebelum beranjak tidur.

2. Pakai body lotion yang bertabir surya meski sehari sekali. Kulit kamu harus terlindung dari sengatan matahari

Tuh pemain bola aja pakai body lotion via liverpoolecho.co.uk via www.liverpoolecho.co.uk

Karena sunburn tidak hanya terjadi pada kulit perempuan, tapi kulit kalian kaum Adam justru lebih rentan, mengingat rata-rata dari kalian banyak berkegiatan di luar rungan. Jadi, sudah seharusnya juga kamu memakai body lotion yang kalau bisa juga bertabir surya. Selain melindungi kulit kamu dari sengatan matahari, body lotion juga membuat kulitmu lebih wangi dan halus.

Kalau kulit kamu cenderung lebih kering, body butter akan lebih baik untuk kamu pilih. Memang harganya sedikit mahal dibanding body lotion. Kalau nggak mau yang mahal-mahal, nggak apa — yang terpenting kamu membiasakan memakai body lotion paling tidak sehari sekali saat akan berkegiatan di luar ruangan.

3. Karena cowok mudah berkeringat, jangan lupa untuk sedia minyak wangi dan selalu pakai deodorant

Lihat saja iklan minyak wangi, pesona cowok akan bertambah drastis ketika aroma badan mereka sedap untuk dihirup. Bukan hanya penampilan klimis yang perlu diperhatikan, tapi juga aroma badan. Mengingat produksi keringat pada cowok memang lebih banyak daripada kaum hawa, kamu memang wajib pakai deodoran dan sedia minyak wangi. Jangan sampai bakteri berkesempatan menebar aroma tak sedap, membuat orang-orang disekitar kamu pengap.

4. Pakai face cream atau pelembab wajah juga nggak akan bikin kamu lebay. Kulit wajahmu juga butuh yang namanya nutrisi, jangan hanya perut kamu yang diisi.

Pakai face cream kenapa enggak? via hellokpop.com via www.hellokpop.com

Kamu nggak akan jadi banci, cuma karena pakai face cream atau pelembab wajah. Karena terkadang sabun untuk wajah juga meninggalkan efek kering, belum lagi kulit wajahmu sama saja seperti kulit badan yang bisa terbakar ketika terpapar sinar matahari. Setidaknya face cream bisa kamu andalkan untuk melindungi dan menutrisi.

5. Biar rambut kamu nggak gitu-gitu aja, pomade bisa buat gaya rambut kamu naik satu level

Masa-masanya gel rambut sudah lewat, karena memang justru banyak masalah kulit yang datang dari produk itu. Sebagai alternatif kamu bisa menggunakan pomade. Dijamin gaya rambut kamu nggak akan kaku seperti sabut kelapa, tapi justru terlihat rapi dan kelimis.

6. Cowok yang wajahnya sensitif, sesekali juga perlu sama yang namanya maskeran

Masalah jerawat juga nggak cuma dialami sama cewek. Beberapa cowok yang kulitnya sensitif atau memang gaya hidupnya seperti merokok, makan-makanan pedas, sampai seringnya bergadang bisa saja menjadi penyebab timbulnya jerawat. Daripada wajahmu terlanjur ditempati jerawat dan tekesan suram tak terawat, sesekali maskeran juga nggak ada salahnya.

Lagi pula maskeran juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah, cukup kamu beli masker sekali pakai seperti masker gel atau kertas kalau tak ingin repot saat membersihkannya. Sama seperti produk perawatan yang lain, memilih jenis masker juga harus kamu sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit kamu.

7. Biar hasilnya nggak cacat, mencukur kumis dan jenggot juga perlu ritual tepat. Mulai dari olesan busa atau krim cukur, sampai cairan aftershave

Karena ritual cukur kumis dan jenggot itu cukup sakral. Biar hasilnya pun nggak cacat dan bisa maksimal. Mencukur nggak hanya perlu pisau cukur atau alat cukur yang lain, tapi juga perlu busa atau krim yang bisa mengurangi resiko tergores alat cukur. Atau kamu bisa menggantinya dengan shaving oil agar kumis atau jenggotmu lebih lembut dan mudah dicukur.

Nah, setelah proses pencukuran, kalau memang kamu ingin memberi aroma segar pada wajah kamu bisa juga mengoleskan cairan aftershaving.

Cara-cara di atas masih terbilang wajar kan untuk sekedar merawat diri? Nggak perlu lah khawatir dicap lebay, toh kamu hanya ingin terlihat baik dengan penampilan yang menarik. Terapkan baik-baik ya tips-tips di atas. Kalau udah ada hasilnya, jangan lupa kasih tahu Hipwee! Janji?