Semua orang pasti memiliki rasa takut. Takut akan ketinggian, takut tempat gelap, takut sendirian, hingga takut ketemu mantan misalnya. Tapi diantara semua jenis rasa takut, yang paling umum dirasakan adalah rasa takut pada hantu.

Entah darimana mulanya, banyak dari kita yang begitu ketakutan mendengar kata “hantu”. Pahadal, bisa jadi kita pun belum pernah melihat wujud aslinya. Hanya proyeksi dan imajinasi tentang hantu yang biasanya kita lihat dalam film atau acara TV.

Nah, apakah kamu termasuk golongan yang akan ketakutan ketika mendengar istilah tuyul, pocong, kuntilanak, atau semacamnya? Nah, di artikel kali ini, Hipwee akan berbagi tips untuk menangkal rasa takutmu.

1. Kuntilanak konon punya rambut panjang dan suka ketawa cekikian, kalau tuyul pasti botak. Hey, bukankah rupa hantu yang menyeramkan hanyalah proyeksi dari pikiran kita sendiri?

Hantu sebenarnya hanyalah proyeksi imajinasimu via www.deviantart.com

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah meyakinkan dirimu sendiri, bahwa hantu yang selama ini kamu takutkan hanyalah proyeksi imajinasimu sendiri. Setan memang ada, tapi hantu yang biasa kamu bayangkan hanyalah mahluk yang dikonstruksi oleh media di sekitar kita.

Advertisement

Selanjutnya, kamu bisa meyakinkan dirimu sendiri bahwa kamu bisa menghilangkan rasa takut yang sejak kecil mungkin telah ada dalam dirimu. Berbeda dengan apa yang diperlihatkan dalam film, hantu sebenarnya tidak akan bisa menyentuhmu. Mereka semacam mahkluk astral yang keberadaannya memang pantas dipercaya. Jadi, membayangkan hantu sebagai sosok yang lebih bagus mungkin bisa sedikit membantumu mengurangi rasa takutmu.

2. Rasa takutmu bisa hilang secara perlahan. Caranya, kamu hanya perlu menghindari tempat-tempat gelap yang terkesan seram

Hindari kegelapan bisa jadi awal yang bagus via www.wikihow.com

Rasa takut terkadang timbul ketika kamu sedang berada di tempat-tempat yang gelap. Kamu tentu ingat, sejak kecil orang tua atau kakakmu pasti pernah menakut-nakutimu agar menjauhi tempat gelap karena di sanalah tempat hantu berada. Candaan macam ini bisa jadi terbawa hingga dewasa. Begitu pula, film-film horor yang kita tonton pun selalu memunculkan hantu dalam kegelapan.

Nah, cara yang paling sederhana dan bisa kamu coba adalah menghindari tempat-tempat gelap. Maksimalkan penerangan misalnya di kamar, dapur, atau kamar mandi rumahmu. Kalau kamu sering takut berjalan melewati halaman rumah saat malam hari, pastikan halaman depan atau belakang rumahmu juga cukup lampu.

3. Suasana malam tak melulu harus ditakutkan. Coba deh sesekali rasakan sensasi jalan-jalan atau gowes malam!

Malam sebenarnya tak menakutkan via www.asnsw.com

Malam sebenarnya tidak semenakutkan seperti yang diperlihatkan film “Insidious” atau film horor lainnya. Sering berjalan-jalan menikmati bintang dan terangnya sinar bulan secara otomatis akan mengubah persepsimu tentang malam.

Bahkan, kamu boleh dibilang jadi pihak yang paling merugi jika rasa takut menghalangimu untuk menikmati keindahan malam. Cara yang paling efektif adalah menghabiskan waktu dengan jalan-jalan atau bersepeda saat malam hari misalnya. Jika kamu terlalu takut pergi sendiri, kamu bisa mengajak temanmu untuk menemani.

4. Imajinasi akan muncul ketika sedang sendiri. Agar bayangan hantu nggak bikin bulu kudukmu berdiri, habiskan waktumu di tempat yang ramai!

Daripada sendirian, datangi tempat yang ramai via socialeyemarketing.com

Imajinasi akan keberadaan hantu biasanya muncul ketika kamu sedang sendirian. Meski awalnya biasa saja, menyadari kesendirian membuatmu mulai berpikir macam-macam. Tiba-tiba saja bayangan imaji Batsheba dalam film “The Conjuring” terbesit di kepala. Kamu pun akan buru-buru meninggalkan tempatmu segera karena rasa takut yang sebenarnya tak berdasar.

Kalau kamu memang sering ketakutan ketika sedang sendirian, sebaiknya selalu datangi tempat-tempat yang ramai. Menghabiskan waktu dengan lebih banyak berkumpul dengan teman atau keluarga misalnya. Mungkin, berbagi cerita pada mereka tentang rasa takut yang kamu rasakan bisa jadi solusi untukmu.

5. Dengungkan pertanyaan ini dalam kepala: “Kenapa aku harus takut, ya? Aku kan nggak salah apa-apa sama hantunya?” 😀

Mengapa hantu ingin ganggu kamu?

“Apa sih yang sebenarnya aku takutkan? Kalau hantu itu memang ada, kenapa dia mau gangguin aku, ya?”

Saat rasa takutmu tiba-tiba muncul, rasa takut semacam itu sebaiknya kamu dengungkan dalam kepala. Pikirkan bahwa hantu pun punya kehidupannya sendiri. Dia tak akan mengganggu jika kita tak berusaha mengusik kehidupan mereka. Dan saat kamu merasa takut setelah menonton film horor tentang rumah berhantu, tanyakan pada dirimu sendiri; apa mungkin hantu itu pun akan muncul di rumahmu? Belum tentu ‘kan?

6. Manusia adalah makhluk yang lebih sempurna. Kenapa harus takut sama hantu yang nggak jelas wujudnya?

Percayalah pada kekuatan diri via www.reactiongifs.com

Percayalah pada kekuatan dirimu sendiri, bahwa kamu memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang benar. Jangan biarkan rasa takut itu mengganggu dirimu, bahkan mengacaukan produktivitas kerjamu. Sebagai manusia, kamu layak merasa lebih sempurna daripada makhluk seperti hantu, setan, atau semacamnya. Pikiran-pikiran yang menguatkan diri sendiri akan membantu menangkis rasa takutmu.

7. Kalau rasa takutmu tak kunjung hilang, seringlah berteriak dengan lantang: “aku nggak takut sama kalian!”

Jika masih takut, lawan balik via www.themarysue.com

Jika kamu masih merasa takut, tak ada pilihan lain selain melawan. Walaupun kamu tidak tahu apa sebenarnya yang harus kamu lawan, coba ucapkan dengan lantang “aku gak takut hantu” dan berlagaklah seolah kamu tidak takut apapun. Seiring dengan berjalannya waktu rasa takut itu tentu akan semakin berkurang. Dan jangan lupa, perbanyak rapalan doa demi menghilangkan rasa takutmu sendiri, ya!

Yup, itulah tips yang bisa kamu coba untuk menangkal rasa takutmu. Jangan sampai rasa takut yang berlebihan justru mengganggu kegiatanmu sehari-hari, bahkan mengurangi produktivitas kerjamu sendiri.

Yang pasti, masih banyak hal yang pantas kamu takutkan daripada sekadar hantu. Misalnya, bayangan tentang mantan dan kehidupan di masa depan! 😀