Hampir sama dengan patah hati, perut buncit adalah problematika eksistensi manusia yang bisa menyurutkan rasa percaya diri sampai ke lapisan terendah. Sudah maksimal dengan tampilan rambut ke bawah, tapi bentuk perut yang kurang sedap dipandang membuat semuanya jadi sia-sia. Padahal selain soal penampilan, perut buncit juga tidak bagus secara kesehatan.

Solusi paling masuk akal tentunya diet mati-matian dengan berbagai jenis olahraga, mulai dari rutin jogging, sit up, push up, sampai naik sepeda. Tapi seperti yang kita tahu semua, diet adalah hal yang paling sulit kedua selain menemukan jodoh kita. Godaan ada di mana-mana, dan menurunkan berat badan setengah kilo saja perlu usaha mati-matian.

Nah karena Hipwee Tips pengertian, sambil menunggu usaha dietmu membuahkan hasil, kamu bisa memakai trik-trik di bawah ini untuk menyembunyikan perut buncitmu.

1. Meski kamu ngebet banget ingin posting foto Outfit Of The Day, hindari foto fullbody. Biar perut buncitmu tidak tertangkap kamera

Tahan diri untuk tidak OTD via www.do-you-even-thrift.com

Sebagaimana generasi teknologi yang ingin selalu hits di media sosial, terutama instagram, kamu pasti ingin juga foto dari ujung rambut hingga ujung kaki lalu memasang tagar #OTD. Tapi untuk hits pun kamu mengalami dilema. Foto full body artinya kamu harus menunjukkan perutmu yang tidak six pack kepada dunia. ‘Kan jadinya kurang oke kalau perutmu menyembul malu-malu dari lipatan baju.

Advertisement

Karena itu, sementara perutmu masih berlapis-lapis oleh lemak, sebiasa mungkin tahan diri untuk tidak berpose untuk Outfit of the day.

2. Tapi bila terpaksa, tabah-tabahlah menahan nafas saat berfoto. Sekilas, perutmu bakal terlihat rata!

Kuat tahan nafas nggak? via journal.20fit.co.id

Sebenarnya cara agar kamu tetap bisa tampil maksimal dalam jepretan OTD adalah dengan menahan perut. Tarik punggungmu tegak-tegak, lalu tahan perut dan nafasmu saat sedang berpose di hadapan kamera. Tapi ini tentunya juga tidak mudah. Hanya orang yang tabah dan kuat nafasnya yang bisa melakukannya. Apalagi kalau yang mengambil fotonya kurang profesional. Alhasil kamu harus lama menahan perut atau difoto berulang-ulang. Duh, awas sesak nafas, ya. Tapi untuk cantik kan memang perlu usaha. Hehehehehe…

3. Untuk kamu yang susah menahan perut, celana jeans highwaist bisa jadi solusi cerdas!

samarkan dengan celana jeans high waist via etsy.com

Bila kamu tidak tergolong orang yang tabah dan kuat nafasnya, kamu bisa memakai cara lain. Celana jeans highwaisted atau celana jeans berpinggang tinggi! Selain modelnya yang trendi dan kece luar biasa, celana jeans yang tingginya sampai perut ini bisa menekan perutmu. Sehingga pinggangmu akan terlihat lebih ramping dan perut buncitmu bisa diatasi dengan cantik.

Pilihlah ukuran yang sempit, sehingga tekanan ke perutmu bisa maksimal. Pilih juga yang dikaitkan dengan kancing, karena perut yang buncit sering membuat resleting turun. Ya, meskipun mungkin perutmu terasa sumpek dan sedikit sakit, tapi ini lebih baik daripada kamu harus menahan nafas terus-terusan.

4. Baju yang terlalu ketat ataupun terlalu longgar bisa menjadi pilihan. Pilih yang pas-pas saja biar perut buncit nggak kelihatan

pakai baju yang pas di badan via cosmopolitan.com

Perkara memilih baju juga tidak bisa lagi sederhana. Baju yang terlalu ketat akan menonjolkan perut yang buncit, tapi baju yang terlalu longgar juga akan membuat perut buncit terlihat. Solusinya, pilih baju yang pas di badan, tapi tidak terlalu ketat juga. Sehingga masih ada ruang untuk perutmu tanpa harus terasa sesak.

Pilihlah baju yang berbahan jatuh dan tidak menempel di tubuh agar lemak jahat di perut tidak terlihat. Warna gelap menjadi poin plus, karena konon katanya warna gelap seperti hitam atau cokelat selain tidak menarik perhatian, juga bisa menambah rasa percaya dirimu, lho.

5. Ikuti cara ibu atau nenekmu zaman dulu. Pakai korset!

pakai korset! via modcloth.com

Di film-film lawas, entah itu film Eropa abad pertengahan, ataupun film Indonesia di era sebelum kemerdekaan, kamu pasti melihat perempuan-perempuan memakai korset. Kini korset biasa dipakai oleh perempuan setelah melahirkan untuk mengembalikan perut seperti semula.

Tapi meski kamu tidak habis melahirkan, kamu juga bisa memakai korset untuk mengendalikan bentuk perutmu. Caranya, pakai korset di bagian perut yang buncit. Nggak perlu terlalu ketat, nanti justru tidak nyaman. Setelah itu pakai baju luaran, otomatis perut buncitmu akan tersamar.

6. Lemparkan guyonan yang berkualitas, agar orang-orang fokus untuk tertawa, dan tak punya waktu untuk memperhatikan perut buncitmu

lempar guyonan berkualitas via alodita.com

Saat sedang berinteraksi dengan orang, berusahalah menjadi teman bicara yang sepadan. Kamu bisa melempar topik diskusi seru, atau joke-joke lucu untuk menarik perhatian orang. Dengan demikian, kamu memindahkan perhatian orang dari penampilanmu ke isi pikiranmu atau apa yang kamu katakan. Kalau mereka sibuk tertawa pada joke-mu yang berkualitas, mereka tidak akan sempat memperhatikan bagian perutmu, bukan?

Meskipun sudah ada tips dan trik jitu untuk membuat perut buncitmu tetap menjadi rahasia negara, bukan berarti kamu boleh leha-leha lho, ya. Olahraga dan diet sehat tetap harus kamu upayakan. Karena semua ini bukan sekadar soal penampilan, melainkan juga soal kesehatan.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!