“Makan terus lo! Kapan kenyangnya?”

“Ehehe.”

Punya bentuk badan ideal tapi tetap sehat adalah hal yang diharapkan semua orang. Gak jarang untuk ini kamu mati-matian buat olahraga dan mencoba pola makan yang benar. Namun, rasa lapar dan kalap melihat makanan seringkali jadi malapetaka yang bisa membuat badanmu membengkak lama-lama.

Jam 8 sarapan pake gudeg, jam 11 udah pengen beli donat dua biji.

Jam 1 makan siang nasi padang, jam 3 sudah tergoda buat beli sepiring somay, abis itu ngabisin cemilan dikulkas

Jam 6 makan malam pake seporsi sate ayam, trus diajakin teman nongkrong makan pizza 4 potong, abis itu mau tidur masih pengen ngemil sebungkus keripik kentang.

Niat hati ingin mengontrol makanan, tapi apa daya hasrat ingin mengunyah selalu ada. Tenanglah, hasrat ini bisa diatasi. Tanpa melulu harus menyiksa diri, sekarang kamu bisa coba mengontrol hasrat makan dengan mencari mengganti pola makan. Nah, berikut ini Hipwee akan berikan 7 tips agar kamu tidak mudah lapar dan tidak kalap saat melihat makanan. Pengen tahu selengkapnya? Kamu bisa simak uraian berikut ini ya.

1. Kamu akan lebih mudah kenyang jika menjadi penganut beriman dalam mazhab mengunyah minimal 10 kali tiap makan.

Makan perlahan biar cepat kenyang via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Sudah makan seporsi sate ayam, tapi masih belum kenyang?

Gak sedikit orang yang sudah makan dengan porsi seimbang ternyata masih saja belum merasa kenyang. Mungkin kamu sudah makan seporsi sate ayam, tapi mulut masih belum merasa puas hanya dengan makan itu saja. Kamu menuruti hasrat untuk makan hingga tak sadar berat badanmu jadi membengkak.

Nah, jika kamu ingin makan seimbang, cobalah menjadi penganut yang beriman dalam makan dengan mengunyah secara perlahan. Mengunyah secara perlahan bisa membuat makanan terserap secara maksimal, sehingga kamu juga merasa lebih cepat kenyang. Majalah Time menulis bahwa dengan mengunyah sebanyak 10-12 kali kamu bisa membuat makanan menjadi lebih lembut. Namun, jika kamu mengkonsumsi daging atau makanan yang keras kamu perlu mengunyah lebih lama.

Selain karena lelah mengunyah, makanan yang sudah lembut akan membuat reseptor kenyang dalam perut aktif lebih awal. Nah, jadi mulai sekarang kunyah makanan pelan-pelan ya. Kamu gak sedang dihantui kenangan mantan kok.

2. Sesekali minum air putih di sela-sela makan ampuh untuk membuatmu tidak mudah kalap lagi.

Minum air putih di sela-sela makan biar cepat kenyang via www.failteireland.ie

Mungkin kamu merasa tidak puas hanya dengan sepiring spaghetti keju. Gak jarang kamu menganggap itu hanya numpang lewat. Nah, agar kamu tak lagi kalap untuk makan banyak, cobalah kamu minum air putih disela-sela makanmu. Misalnya, setelah tiga sendok kamu minum seteguk air putih. Begitu seterusnya hingga menu makanmu habis.

Selain minum air putih, jangan lupa ambil jeda 15 detik untuk melanjutkan makan lagi. Nah, air putih efektif untuk membantu makananmu tercerna dengan baik, jadi kamu bisa merasa lebih cepat kenyang. Cara ini efektif untuk mengontrol makanmu agar tidak kalap saat di meja makan. Nah, ingin sehat dan langsing ‘kan? Jangan lupa sediakan air putih saat sedang makan ya.

3. Rajin sikat gigi akan membuat napasmu segar dan membersihkan sisa makanan di gigi. Tak jarang, ini membuatmu malas makan lagi.

sikat gigi biar gak gampang laper via nurhalimahtitin.blogspot.com

Jika kamu ingin makan sehat dan seimbang, maka kamu harus meredam hasrat makan secara brutal. Gak ada salahnya kamu coba rajin sikat gigi setelah makan. Sensasi nafas yang segar bisa membuatmu malas untuk makan lagi, selain itu gigi yang bersih tidak akan membuatmu merasa tergoda dengan sisa makanan yang tersisa di mulutmu. Nah, dengan cara ini gak jarang kamu tidak lagi rakus untuk soal makan dan berat badanmu masih tetap seimbang. Jadi mulai sekarang pastikan kamu lebih rajin sikat gigi ya. Untuk sikat gigi, kamu butuh waktu lama kok.

4. Jika mulutmu terasa hampa tanpa mengunyah makanan, siasati dengan makan permen rendah kalori.

Makan permen sugar free via www.femside.com

Gak jarang kamu banyak makan bukan karena lapar atau perutmu yang kosong, tapi hanya karena mulutmu ingin mengunyah sesuatu. Mungkin kamu merasa bosan dan “gatal” saat tidak makan apa-apa. Nah, sekarang coba kamu siasati untuk berhenti ngemil kudapan. Kamu bisa ganti dengan permen rendah kalori yang sudah banyak dijual di seluruh toko terdekat.

Jadi jika kamu takut merasa bosan saat tidak makan apa-apa, kamu bisa mengantongi permen berlabel sugar-free kemanapun kamu pergi.

5. Kalau gak bisa nahan godaan sajian di meja makan yang pilihan, tambatkanlah hatimu untuk mengkonsumsi sayuran sepuasnya.

PIlihlan sayuran via www.huffingtonpost.com

Mengubah pola makan memang tidak mudah, apalagi jika setiap hari kamu dihadapkan dengan berbagai jenis makanan yang membuat air liurmu meluncur tanpa kendali. Nah, saat kamu dihadapkan dengan “Mata air di padang pasir” ini, maka cobalah untuk memilih sayuran kamu lahap dengan puas. Tanpa harus takut gemuk karena banyak kalori yang tersimpan, memilih sayuran yang kaya akan serat bisa membuat pencernaanmu lancar dan merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, meski kamu berhasrat untuk menghabiskan sayuran dengan porsi yang besar, kamu akan menyerah pada tengah jalan. Kamu juga perlahan-lahan bisa mengendalikan nafsu makanmu jika terbiasa makan sayuran.

6. Tidak bisa dipungkiri, bagi sebagian orang citarasa pedas bisa membuat ketagihan dan tidak bisa berhenti makan. Maka, menghindari pedas juga membuatmu enggan untuk makan berlebihan.

Makan memang selalu menjadi hal yang menyenangkan, tapi itu gak lagi berlaku jika kamu sudah makan berlebihan. Nah, jika kamu pecinta cita rasa pedas, cobalah untuk perlahan menghindari rasa ini. Karena rasa pedas bisa membuatmu ketagihan, layaknya main dotA, kamu tidak bisa hidup tanpanya sampai pacar mengancam putus. Kandungan capsaicin pada cabai dan piperin pada lada adalah yang membuatmu merasa tidak bisa berhenti makan.

Selain bisa mengontrol pola makan kamu juga bisa terhindar dari sakit pencernaan. Jadi, mulai sekarang gak ada salahnya kamu jaga jarak dengan rasa pedas.

7. Jika dihadapkan pada rasa lapar tengah malam, siasati dengan minum air putih, makan buah, atau tidur!

Kalau lagi lapar pas malam hari via commons.wikimedia.org

Ketika kamu sudah terbiasa makan banyak, gak jarang kamu bisa merasa lapar kapan saja dan dimana saja. Dan hal ini akan menjadi dilema ketika kamu merasa lapar ditengah malam, selain tempat makan yang sudah tutup kamu juga dihadapkan dengan ancaman kegendutan. Nah, sekarang kamu coba minum air putih yang banyak agar kamu perutmu tak lagi meronta-ronta. Jika hal ini masih tidak membuatmu tenang, kamu bisa makan buah seperti apel, melon, atau buah pear. Jangan makan buah yang rasanya asam ya, karena bisa mengganggu pencernaan di tengah malam. Atau segera tidur juga bisa menjadi solusi agar kamu tak merasa lapar lagi.

Rasa lapar memang alamiah dan penting untuk bertahan hidup. Namun, bukan berarti kamu harus makan berlebihan untuk hidup dengan baik. Pola makan yang seimbanglah yang bisa membuatmu tetap sehat dan panjang umur. Jadi jika kamu ingin hidup dengan baik, saatnya kamu mampu mengontrol hasrat yang membuatmu tidak berhenti makan. Nah, tips di atas tadi bisa kamu aplikasikan.

Jadi kamu hidup untuk makan atau makan untuk hidup?