Saat kita punya kamar yang polos dan itu-itu saja, terkadang kita jadi bosan dan bikin nggak betah di kamar. Belajar pun rasanya nggak semangat lagi karena jenuh dengan suasana yang itu-itu aja. Daripada dibiarkan polos dan membosankan, coba kamu hias tembokmu dengan berbagai benda yang menarik.

Kamu nggak perlu menyewa interior desainer atau membeli furnitur mahal yang artistik. Tapi kamu bisa coba membuatnya sendiri bahkan dengan budget yang tak seberapa. Yuk, kita intip gimana caranya membuat desain tembok kamar yang keren.

1. Lakban hitam bisa jadi pilihan untuk mendekor tembok kamarmu jadi keren seketika

Desain sederhana yang menarik dan artistik via everythingemilyblog.com

Punya tembok polos yang bikin kamu bingung mau diapain, kamu nggak perlu pasang wallpaper buat bikin desain simpel dan artistik, lho. Cukup pakai lakban hitam atau isolasi kertas yang berwarna atau apapun bahan yang kalian suka, untuk membuat desain tanda ‘+’ pada salah satu tembok di kamarmu.

Caranya dengan menempelkan dua strip lakban hitam yang sudah kamu gunting pada tembok dengan jarak yang bisa kamu sesuaikan dengan tembokmu. Agar rapi, bisa juga kamu tandai dengan pensil terlebih dahulu sebelumnya agar memudahkanmu pada proses saat menempelkan lakban.

2. Warna gold bisa banget bikin kamarmu jadi keren dan futuristik. Dengan bantuan kertas warna gold kamu bisa motif dekorasi yang menarik

Advertisement

Polkadot berwarna gold di kamarmu via thehomesihavemade.com

Kamarmu bisa punya suasanya yang lebih fresh dengan sentuhan warna emas di salah satu sisi tembok. Kamu bisa menggunakan kertas tipis berwarna yang banyak tersedia di toko alat tulis. Bentuk setiap bagian kertas dengan menggambar bulatan-bulatan terlebih dahulu, bisa dengan diameter yang kamu inginkan, lalu mengguntingnya sesuai dengan bentuk yang sebelumnya kamu gambar. Jika kertasnya tipis, kamu bisa bagi dengan mengguntingnya jadi bagian-bagian kecil agar lebih mudah dalam menggunting bentuk yang sudah tergambar di kertas.

Bisa juga kamu buat dengan bentuk lain seperti segitiga, lalu tempelkan pada bagian tembok yang kamu inginkan. Hanya saja desain ini bisa membutuhkan kertas yang lebih banyak, sehingga untuk mengakalinya, pakai desain ini pada tembok dengan penampang yang nggak terlalu lebar dan cukup satu sisi saja.

Dekorasi warna emas berbentuk segitiga via bluecactusstyling.com

3. Manfaatkan kertas tak terpakai dengan motif yang unik. Bentuk dan tempel dengan efek timbul yang bisa kamu buat sendiri dengan mudah

Hiasan timbul yang bisa bikin tembokmu jadi artistik via woohome.com

Kertas yang bekas makalah atau skripsi yang nggak terpakai, atau kertas partitur musik seperti diatas bisa kamu sulap menjadi dekorasi dinding yang bisa mempercantik dindingmu. Atau kamu bisa juga memakai kertas kado yang saat ini sudah banyak yang mempunyai motif yang bagus dan unik. Caranya yang pertama adalah dengan menggunting kertas bermotif itu menjadi pola yang kamu inginkan, contohnya bentuk hati seperti gambar diatas. Lalu untuk membuatnya timbul, kamu tempelkan kertas yang kamu potong memanjang lalu bentuk menjadi persegi seperti pada gambar. Pastikan semuanya kamu buat dengan bentuk yang sama agar jarak timbulnya jadi merata. Selipkan satu warna polos yang mencolok diantara motif yang ada untuk menambah kesan artistik pada desainmu.

4. Manfaatkan tembok kosongmu untuk memajang foto favorit dengan desain yang nggak biasa agar terlihat beda

Rangkaian foto untuk mempercantik tembokmu dengan berbagai memori indah via instiz.net

Lupakan menghias tembok dengan foto dalam pigura ya, guys. Coba deh kamu lakukan tips ini. Kamu bisa twist penempatan foto kamu dengan menempelkannya langsung di tembok pada bagian yang tidak biasa seperti pojokan ruangan. Variasikan besar kecil fotonya untuk membuat bentuk seperti pada gambar. Efek dari pojokan ruangan juga bisa membuat bentuk hatinya jadi terlihat nyata dengan belahan di tengahnya.

5. Kamu juga bisa memanfaatkan isolasi berwarna atau bermotif sebagai pengganti pigura

Isolasi untuk membuat pigura foto yang nggak biasa via designsponge.com

Punya tembok kosong siatas meja belajarmu atau tempat tidurmu? Kamu hias dengan tips ini. Pasang foto favoritmu di tembok dengan menggunakan isolasi berwarna yang bisa kamu beli di toko alat tulis. Pilih lah isolasi dengan warna maupun motof yang kamu suka. Kamu bisa mengkreasikannya dengan membetuknya menjadi pengganti pigura yang bisa mempercantik pajangan fotomu.

6. Buat kupu-kupu beterbangan di tembok kamarmu. Ciptakan mereka dari kertas manila berwarna dan cetakan kupu-kupu yang sudah kamu buat sebelumnya

Kupu-kupu di tembok via goodshomedesign.com

Salah satu cara ini bisa bnaget kamu coba untuk mempercantik tembok kamarmu yang kosong. Isi saja dengan kupu-kupu yang beterbangan seperti gambar diatas. Jika kamu merasa nggak bisa gambar bentuk ini, kamu bisa membuat cetakannya terlebih dahulu di komputer lalu kamu print. Cetakan ini bisa kamu bikin dengan berbagai ukuran yang bervariasai. Setelahnya kamu bisa membuatnya menggunakan kertas manila yang berwarna sesuai dengan seleramu. Buat saja yang banyak lalu kamu tempelkan dengan double-tip di bagian tembok yang kamu inginkan.

7. Buat tembokmu jadi berbunga menggunakan karton bekas tisu toilet yang telah digunting-gunting

Dekorasi bunga dari karton bekas tisu toilet via woohome.com

Jangan buru-buru membuang kertas karton bekas tisu toiletmu. Kamu juga bisa membuat dekorasi cantik dari kertas ini. Caranya dengan menggunting-guntingnya dengan ketebalan yang sama sampai sebanyak yang kamu inginkan. Lalu kamu satukan menjadi bentuk bunga yang masing-masingnya terdiri dari lima guntingan kertas karton. Kamu pun bisa mewarnainya dengan cat jika mau. Setelah dirasa kamu telah membuat dalam jumlah yang cukup untuk mendekorasi kamarmu, kamu pun bisa menyatukannya menjadi rangkaian yang kamu sukai. Bisa berbentuk rangkaian horizontak maupun vertikal. Atau kamu juga bisa menyebarnya di seluruh bagian salah satu tembok kamarmu.

Sudah terpikir dekorasi yang bagaimana yang akan kamu buat untuk membuat kamarmu jadi fresh? Gunakan kreativitasmu untuk mengeksplor bentuk maupun bahan yang digunakan untuk dekorasi, ya. Selamat mencoba!