Kita semua tidak akan bisa melihat pemandangan indah tanpa adanya mata. Maka dari itu, kesehatan mata wajib dijaga agar selalu bisa bekerja dengan maksimal. Bukan hanya rajin minum vitamin A, mata yang sehat juga bisa didapat dengan olahraga. Salah satunya dengan olahraga yoga.

Yoga khusus mata bisa bikin otot-otot di sekitar bola matamu jadi lebih lentur dan tak lagi kaku lho. Nah, penarasan bagaimana gerakan yoga yang bisa kamu lakukan agar matamu tak lagi cepat lelah dan buram. Berikut ini ulasannya. Simak baik-baik ya.

 

1. Sebagai gerakan awal yoga, pejamkan mata selama 30-60 detik agar matamu terasa lebih rileks.

Yoga untuk mata sehat via my.yoga-vidya.org

Kamu ingin matamu sehat dan penglihatanmu lebih tajam? Lakukanlah yoga agar otot mata tak lagi tegang dan lebih fleksibel. Tenang saja, gerakannya cukup mudah kok!

Advertisement

Sebagai langkah awal, duduklah tenang dengan badan dan bahu yang tegak. Lalu ambil dan tarik nafas teratur sembari pejamkan mata selama 30-60 detik. Rasakan aliran darah yang mengalir di badan dan denyut di matamu. Cara ini bikin kamu lebih rileks dan siap untuk melakukan gerakan selanjutnya.

 

2. Matamu gampang lelah ketika mengerjakan tugas? Cobalah latihan dengan menggerakkan bola mata ke atas dan bawah.

Yoga untuk mata agar lebih sehat via my.yoga-vidya.org

Gak sedikit dari kita yang sering lupa merawat mata. Padahal organ satu ini amat penting bagi kehidupan kita lho. Nah, sekarang kamu bisa melakukan yoga mata agar pandangan matamu bisa lebih tajam. Caranya, gerakkan bola mata ke atas semaksimal mungkin selama 3 detik. Lalu, gerakkan lagi ke bagian bawah selama 3 detik pula. Lakukan rangkaian gerakan ini selama 5 kali dan diakhiri dengan memejamkan mata selama 5 detik. Dengan begitu, perlahan kemampuan memandangmu bisa lebih baik karena otot mata yang kembali lentur.

 

3. Selain perbanyak konsumsi vitamin A, menggerakkan bola mata ke kanan atas dan kiri bawah juga bisa bikin penglihatan lebih sempurna.

Yoga buat mata sehat via my.yoga-vidya.org

Mata harus selalu dijaga agar kemampuan penglihatan bisa meningkat. Jadi kamu gak harus menggunakan kacamata atau menggunakan lensa yang lebih tebal lagi jika sudah berkacamata. Selain mengkonsumsi vitamin A, kamu juga bisa mengandalkan yoga mata.

Caranya sederhana saja kok. Gerakkan mata ke sudut kanan dengan maksimal (semampumu saja lho). Lalu tahan selama 3 detik. Setelah itu dilanjutkan dengan menggerakkan mata ke arah kiri bawah dengan maksimal. Tahan juga selama 3 detik, ya. Dan jangan lupa ulangi rangkaian yoga ini sebanyak 4 kali. Selanjutnya, akhiri dengan memejamkan mata selama 5 detik. Nah, jika kamu rajin latihan, gak mustahil kualitas pandanganmu juga jadi lebih maksimal karena otot mata tak ada yang tegang.

 

4. Sembari duduk santai, gerakkan bola mata ke kiri atas dan kanan bawah agar otot mata yang biasanya kaku kembali lentur.

Yoga untuk mata biar sehat via my.yoga-vidya.org

Cara agar otot mata bisa lebih lentur itu sebenarnnya mudah kok, salah satunya dengan yoga mata. Langkahnya juga simple, yaitu gerakkan saja bola mata ke sisi kiri atas selama 3 detik lalu ke kanan bawah selama 3 detik pula. Dan ulangi gerakan ini selama 4 kali lalu akhiri dengan menutup mata selama 5 detik. Nah, gimana? Sudah mulai merasakan perbedaannya? Jika biasanya otot-otot matamu tegang lantaran terlalu lama membaca atau memelototi layar komputer, inilah cara mudah untuk membuatnya kembali lentur. Gampang ‘kan?

 

5. Tak hanya tubuh saja yang butuh olahraga, menggerakkan bola mata secara melingkar berulang-ulang jadi cara menjaga kondisi mata agar tetap prima.

Yoga untuk mata yang sehat via my.yoga-vidya.org

Tak hanya tubuh, kaki, dan tangan yang perlu latihan atau olahraga. Organ vital seperti mata juga butuh perlakuan yang sama. Olahraga mata sangat penting, karena bisa melenturkan otot-otot mata sekaligus juga menjaga kemampuan pandangan tetap prima.

Salah satu caranya adalah dengan menggerakkan bola matamu ke segala arah. Dimulai dengan melihat ke arah atas, kanan, bawah, kiri, dan kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak 5 kali. Setelah itu, penjamkan mata dan cobalah tetap rileks. Gerakan yoga ini bisa membantu penglihatanmu lebih tajam dan jelas, asalkan aktivitas ini dilakukan secara teratur.

 

6. Agar pandanganmu lebih fokus dan jelas, latih matamu untuk melihat benda dengan jarak yang berbeda-beda

Yoga untuk mata yang sehat via psyogastudios.com

Kamu sering buram ketika melihat kejauhan? Atau matamu jadi sering berkunang -kunang karena terlalu sering bekerja di depan laptop? Nah jika kamu ingin menghilangan itu semua, kamu harus melatih otot matamu dengan yoga.

Caranya mudah kok. Acungkan jempol tanganmu dengan lurus. Setelah itu lihatlah kejauhan selama 3 detik, lalu lihat ujung jempol 3 detik, dan kemudian lihat ujung hidung selama 3 detik. Ulangi gerakan ini sebanyak 4 kali. Menurut para ahli, cara ini bisa melenturkan otot siliaris sehingga gak heran daya akomodasi matamu juga bisa menjadi lebih baik.

 

7. Hanya dengan menggosok-gosokkan tangan dan menempelkannya di wajah, otot-otot matamu bisa lebih rileks dan segar dalam sekejap.

Yoga untuk mata agat lebih sehat via www.hurriyetdailynews.com

Seharian melihat banyak hal memang kadang bikin mata jadi pegal, apalagi jika kamu berhadapan dengan gadget. Tapi tenang, selain tidur kamu bisa membuat matamu segar kembali dengan yoga yang praktis dan mudah. Pertama-tama, gosokkan kedua telapak tangan hingga agak hangat lalu tempelkan pada kelopak mata yang tertutup. Ulangi gerakan ini sebanyak 4 kali dan kamu akan bisa merasakan perbedaannya. Dengan begitu matamu bisa lebih rileks dan nyaman, karena rasa hangat bikin otot-otot matamu tak lagi tegang.

 

Nah, gimana? Sudah mempraktikkan 7 gaya yoga di atas? Sudah mulai merasakan perbedaan di matamu ‘kan? Mata adalah organ penting yang harus dijaga dan diperhatikan. Selain tidur cukup dan konsumsi vitamin A, penglihatanmu bisa membaik dan lebih tajam dengan yoga yang dilakukan secara teratur. Selamat mencoba!