Penyakit anak muda yang sulit diperbaiki hingga kini salah satunya ibadah. Di usia yang baru matang ini memang lagi semangat-semangatnya beraktivitas, sehingga setiap hari ada banyak kegiatan yang dijalani. Kesibukan itu jadi penyebab kenapa susah banget buat bangun shalat subuh. Atau ketika shalat subuh pun, setelahnya malah tidur lagi. Kamu jadi kesiangan dan nggak produktif.

Padahal, ada banyak hal positif yang bisa kamu lakukan supaya nggak tidur lagi. Kegiatan ini tentu bermanfaat buat jasmani dan rohani kamu. Penasaran apa saja? Hipwee Tips berikan 7 bocorannya berikut ini.

1. Luangkan waktu baca buku itu sulit kalau tidak terpaksa. Daripada waktu pagimu tidur saja, mendingan baca buku

baca buku yuk via www.huffingtonpost.com

Biasakanlah memulai hari dengan hal-hal positif seperti baca buku. Kamu bisa baca jenis buku yang kamu suka atau yang belum kamu selesaikan. Apapun genre bukunya terserah, yang penting kamu suka. Jadi, nggak masalah kalau kamu mau baca komik-komik sekaligus nostalgia zaman sekolah dulu. Dengan begitu, kamu jadi lebih bersemangat dan senang menjalani hari.

2. Gunakan waktu setelah shalat subuh untuk nonton film atau melanjutkan drama korea yang belum selesai. Asal ingat waktu ya

nonton film via footage.framepool.com

Advertisement

Buat kamu yang hobi nonton film atau penggila drama korea, bisa memanfaatkan waktu pagi untuk menonton. Kamu dapat memulai hari dengan baik karena telah memanfaatkan waktu setelah shalat subuh untuk mendapat hiburan sejenak. Toh, aktivitas padat seperti bekerja dan kuliah memang perlu ada hiburannya.

3. Sibuk itu bukan berarti kamu puasa dengan berita dan informasi. Menonton berita di pagi hari bisa jadi solusi jitu

nonton berita ya via www.huffingtonpost.com

Di era digital seperti sekarang ini mungkin kamu terbiasa mendapat informasi dengan buka gadget. Padahal, ada baiknya jika kamu tetap menonton berita melalui layar kaca. Hal ini karena menonton berita dari televisi mampu mengistirahatkan jari-jemari dan mata yang biasanya melihat layar ponsel secara lekat. ‘Kan nonton TV cuma tinggal duduk manis dan menikmati berita.

4. Menulis itu nggak harus berupa diary. Sekadar menuliskan cita-citamu yang ingin diraih setiap hari pun bisa

tulislah apa yang kamu inginkan via www.thebalance.com

Menulis itu memang nggak banyak yang menyukai. Meski begitu, terdapat kebaikan yang sayang kamu lewatkan. Kamu bisa mulai menuliskan hal-hal apa saja yang kamu mau lakukan seharian penuh. Atau kamu juga dapat menuliskan hal-hal yang ingin dicapai dan belum terealisasi. Tuliskan itu selalu agar hidup kamu jauh lebih baik dari sebelumnya.

5. Bersih-bersih rumah saat kamu masih mengantuk adalah godaan terbesar di pagi hari. Tapi, saat itu lah kamu bisa quality time bersihkan rumah karena nggak ada yang ganggu

bersih-bersih rumah yuk via oakvillebutler.com

Kamu bisa membersihkan rumah di pagi hari setelah shalat subuh. Hal ini efektif lantaran orang-orang rumah pasti banyak yang belum bangun. Dengan begitu, kamu jadi lebih gampang membersihkan rumah nggak ada yang mengganggu. Mulai dari perabotan, lantai, hingga pekarangan pun selesai deh.

6. Manfaatkan hobi masakmu buat jualan. Lumayan lho karena pagi-pagi banyak orang yang nggak sarapan

siapkan bekal via www.huffingtonpost.com

Punya hobi masak? Jangan kamu sia-siakan begitu saja. Coba deh kamu maksimalkan hobi masak kamu untuk menghasilkan uang, seperti jualan kecil-kecilan. Untuk itu, kamu bisa gunakan waktu setelah shalat subuh kamu memproduksi makanan yang akan dijual. Apalagi saat pagi hari rata-rata masyarakat suka terburu-buru dan mengabaikan sarapan. Alhasil, perut jadi lapar. Nah, kesempatan emas nih buat kamu jualanan nasi uduk, gorengan, atau kue-kue lainnya.

7. Siapkan bekal yuk! Pengeluaranmu jadi lebih hemat dan bisa dialokasikan buat jalan-jalan

siapkan bekal via www.parishealingarts.com

Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa menyiapkan bekal buat makan siang di kantor atau kampus. Kamu bisa bereksperimen juga nih mau masak apa biar bekal yang kamu bawa nggak itu-itu saja. Apalagi kalau bekal kamu rasanya memang enak dan teman-teman yang mencoba pun menyukai. Kamu bisa ditawari untuk jualan bekal, lho.

Kalau dulu kamu suka mengisi waktu setelah shalat subuh untuk tidur saja, kini kamu punya pilihan kegiatan lainnya. Pagi hari kamu jadi lebih bermanfaat dan nggak mubazir deh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya