Inginnya sih, punya rumah besar dengan banyak kamar di dalamnya, halaman luas dan juga ada kolam renangnya. Tapi, kadang isi tabungan bikin impian itu tertahan dan seolah berkata ‘nanti dulu’, sehingga harus rela untuk punya yang mungil lebih dulu. Jangan keburu sedih, siapa bilang rumah mungil nggak bisa dibuat jadi nyaman dan juga hunian yang menarik?

Salah satu faktor yang mempercantik penampilan rumah adalah taman. Meski lahan tak begitu luas, taman tetap bisa dibuat agar jadi area hijau yang menyegarkan mata jika dipandang. Rasanya pasti gersang jika sebuah rumah tak ada rerumputan dan juga tanaman yang menghiasi. Hipwee memberikanmu 7 inspirasi desain taman khusus untuk lahan yang tak begitu luas. Yuk, kita lihat, siapa tahu ada satu atau dua yang ingin kamu tiru.

1. Meski hanya sepetak, kamu bisa membuat garis taman dengan ornamen layaknya batang pohon yang dibuat dari bahan semen seperti berikut ini

Taman sepetak via renovasi-rumah.net

Percantik taman yang hanya punya luas sepetak dengan tambahan ornamen pembatas pada bagian pinggirnya. Seperti contoh yang terlihat di gambar. Kamu bisa membuatnya seakan seperti batang pohon. Padahal itu aslinya cuma dibuat dari semen yang sesaat setelah dibentuk bulat seperti batang pohon, ditepuk-tepuk dengan sapu lidi. Tentunya sebelum adukan semen kering ya.

2. Bisa juga menggunakan konsep vertical garden, yaitu menata tanaman dengan memanjang ke atas. Asal ada bagian tembok yang kosong, bisa tuh dipakai

vertical garden via www.pinterest.com

Advertisement

Vertical garden adalah jenis taman yang dibuat memanjang ke atas. Hal ini tentunya jadi solusi untuk lahan sempit. Tempatkan saja di area tembok yang kosong. Tak perlu lahan sama sekali, tapi kamu tetap bisa menikmati tanaman yang tertata rapi. Menarik, bukan?

3. Atau, bisa juga bagian pinggirannya kamu beri tambahan kotak seukuran lantai. Biasanya bisa dibeli di tempat yang jual batu alam

Pakai hiasan kotak seukuran lantai via renovasi-rumah.net

Seperti lantai yang disusun dengan rapi, bagian pinggir pada taman ini bisa kamu cari di penjual batu alam. Selain itu, penataan tanaman dengan beberapa warna ternyata mempercantik pemandangan. Ibarat merangkai bunga, penataan warna dari tanaman yang ada ternyata penting juga. Catat baik-baik ya agar taman di rumahmu tak membosankan.

4. Namanya juga lahan sempit, memanfaatkanya dengan menaruh beberapa hiasan dan juga pot-pot yang diisi tanaman cantik bisa jadi solusi

Banyakin hiasan via dekorrumah.net

Lahannya memang sempit, tapi kamu masih bisa kok menata tanaman yang sudah ditempatkan pada pot, untuk kemudian diletakkan sedemikian rupa agar tampilan menjadi menarik. Ide membuat pagar mini berwarna putih bisa juga ditiru, lho.

5. Rumput jepang atau rumput gajah jadi solusi untuk membuat taman jadi cantik meski areanya tak begitu luas

Rumput gajah/rumput jepang jadi solusi via renovasi-rumah.net

Dari semua inpirasi yang ada, kunci utama sebuah taman ada pada rumput gajah atau rumput jepang yang ditanam. Kalau sudah begini, tak perlu diberi aneka macam tanaman sudah cukup, sih. Tapi, kalau bosan cuma warna hijau saja, kamu bisa menambahkan beberapa tanaman lain dengan warna mencolok seperti yang terlihat pada poin 3.

6. Bahkan jika tak ada lahan sedikitpun untuk dijadikan taman, tembok bisa jadi tempat diletakkan tanaman merambat seperti ini

Tanaman merambat

Tanaman merambat juga banyak jadi pilihan bagi mereka yang hanya punya lahan sempit. Bahkan sudah tak bisa lagi jika dibuat taman. Tapi, masa iya tak ada tanaman sedikit pun di halaman rumah? Maka, tanaman merambatlah yang jadi solusi. Meletakkannya di tembok dengan lebih dulu dipasang jaring-jaring berbentuk kotak seperti ini, nantinya akan membuat rumah menjadi rindang jika tanaman sudah lebat menjalar.

7. Tak hanya rumput saja, memadu padankan dengan tambahan batu alam juga jadi komponen yang menarik, agar komposisi warnanya tak melulu hijau

Tambahan batu alam via www.iderumahbaru.com

Yap, batu alam memang digunakan dengan tujuan mempercantik penampilan taman. Nggak ada salahnya kamu coba untuk menatanya di dalam taman seperti ini. Selain agar tak bosan jika harus melulu rumput sebagai alas, lumayan ‘kan perawatan rumputnya jadi nggak menyeluruh.

Intinya, seberapapun luasnya halaman rumahmu kelak, mengambilnya beberapa meter untuk dijadikan area taman bisa dimasukkan prioritas. Selain mempercantik penampilan rumah, tentunya kamu juga wajib untuk menyumbangkan oksigen bersih di lingkungan sekitar dengan menanam pohon dan juga tumbuhan hijau lainnya. Meski sedikit dan tak banyak, tapi itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya