Kalau dipikir-pikir, sebenarnya biaya pernikahanmu itu murah. Toh pernikahan itu sebenarnya adalah bersatu dan terikatnya dua janji anak manusia untuk bersama satu sama lain hingga akhir hayat, sesuai masing-masing keyakinan yang dianut. Untuk mengikatkan diri dalam sebuah pernikahan, seharusnya tak banyak biaya yang harus dikeluarkan. Namun sudah menjadi pemahaman umum bahwa menikah itu pasti membutuhkan biaya besar. Kalau ditilik kembali, sebenarnya bukan inti menikahnya yang membuat pundi-pundi tabungan harus terkuras. Melainkan pesta setelahnya yang mau tak mau memaksa kita harus menguras uang tabungan yang telah bertahun-tahun dikumpulkan.

Dalam resepsi pernikahan, ada begitu banyak kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi. Resepsi pernikahan seakan sudah menjadi perayaan wajib bagi pasangan yang baru saja mengikatkan diri pada janji suci pernikahan. Tujuannya satu: membagi kebahagiaan dengan para teman dan kerabat.

Namun meski begitu, tidak ada yang membakukan jika resepsi harus digelar secara besar-besaran. Resepsi yang sederhana pun tetap sah-sah saja untuk dilakukan. Jika budget untuk resepsi pernikahanmu tak terlalu banyak, maka bisa jadi alternatif yang Hipwee berikan ini bisa menjadi pertimbangan.

1. Resepsi privat dengan hanya mengundang keluarga dan teman dekat sudah pasti bisa menghemat budget-mu. Pernikahanmu pun akan terasa kesakralannya.

undang orang terdekat via thebridedept.com

Jumlah tamu yang kamu dan pasangan undang ke pesta pernikahanmu sangat mempengaruhi berapa budget yang nantinya akan kamu keluarkan. Sebab jumlah tamu yang diundang akan menjadi patokan berapa banyak jumlah konsumsi yang akan kamu sediakan. Ingat, biaya konsumsi bisa menjadi pos budget paling banyak dalam sebuah resepsi pernikahan. Sehingga semakin sedikit tamu yang kamu undang, maka semakin sedikit pula biaya yang harus kamu keluarkan.

Advertisement

Toh hanya mengundang orang-orang terdekat ke pesta pernikahanmu akan membuat pestamu semakin terasa kesakralannya. Kamu dan pasangan pun bisa merasakan suasana yang kekeluargaan di hari bahagia kalian. Kalian juga tidak akan merasakan kelelahan karena terlalu banyak bersalaman dengan tamu.

2. Pesta outdoor di siang hari bisa menjadi pilihan buat kamu yang dana nikahnya pas-pasan. Lokasi outdoor yang apik membuatmu tak perlu lagi memusingkan biaya dekorasi.

pesta outdoor di siang hari via idepernikahan.com

Jika kamu memilih menyelenggarakan pesta pernikahan di lokasi outdoor, maka waktu yang tepat adalah di siang hari. Sebab menyelenggarakan pesta outdoor di siang hari membuatmu berhemat untuk biaya dekorasi dan lighting. Lokasi outdoor yang sudah apik, tidak memerlukan terlalu banyak hiasan untuk dekorasi.

Cukup tempatkan bunga atau balon di beberapa sudut dan tata kursi serta meja dengan rapi. Dijamin resepsi pernikahanmu akan tetap berkesan.

3. Biaya sewa gedung biasanya yang paling banyak memangkas pos budget. Kamu pun bisa mengakalinya dengan memanfaatkan halaman rumahmu sebagai lokasi resepsi pernikahan.

manfaatkan halaman rumahmu via thebridedept.com

Kalau kamu punya halaman rumah yang cukup luas, maka manfaatkan saja itu sebagai lokasi pernikahanmu. Dengan memasang dekorasi yang elegan, halaman rumahmu pun bisa disulap bak gedung mewah. Kamu pun tak perlu repot-repot memutar otak untuk membayar biaya sewa gedung. Karena kamu hanya perlu memikirkan dekorasinya saja.

4. Tapi kalaupun memang harus menggunakan gedung sebagai lokasi pernikahan, tak perlu menyewa gedung yang mewah. Cukup aula yang bisa disewa seperti aula kantor pemerintah.

aula serba guna bisa jadi pilihan via sebandung.com

Jika halaman rumahmu ternyata tak cukup untuk menampung jumlah tamu yang kamu undang, kamu tetap bisa menggunakan gedung. Namun tak perlu gedung mewah seperti ballroom hotel. Cukup sewa aula serba guna yang ada di lingkungan sekitarmu. Seperti misalnya aula kantor pemerintah atau gedung olahraga kampus. Meski sederhana, aula-aula ini akan terlihat mewah dengan dekorasi yang pas. Dan yang paling penting, harga sewa aula serbaguna bisa lebih ditekan dibandingkan gedung-gedung mewah.

5. Jangan lupakan band pengisi resepsi yang juga kadang memakan biaya banyak. Manfaatkan aja teman-temanmu atau pasangan yang pintar main musik.

manfaatkan teman yang pintar main musik via bandjogja.wordpress.com

Musik dalam pesta pernikahan memang menjadi salah satu faktor yang paling penting. Kamu dan pasangan tentunya tak mau kan pesta pernikahanmu terasa sunyi. Perkara menyewa band pengisi pesta memang kadang memakan budget yang cukup banyak. Hal ini karena mereka biasanya mematok harga yang lumayan tinggi hingga jutaan. Bukan apa-apa, tapi memang alat musik yang mereka gunakan tak ada yang murah.

Demi menghemat biaya, coba kamu dekati teman-temanmu yang pandai bermain musik. Lalu tawari mereka unjuk kebolehan di pesta pernikahanmu. Sebagai teman yang baik, ngga mungkin dong mereka menolak. 😀

6. Jangan males untuk hunting katering! Pastikan harga makanannya tidak terlalu mencekik dan rasanya tetap enak.

jangan males hunting katering murah via www.eutk.net

Soal katering kadang juga membuat para calon pengantin pusing bukan kepalang. Bagaimana tidak, pos budget untuk katering bisa lebih banyak dibandingkan biaya untuk sewa gedung. Belum lagi, jika sudah bayar mahal tapi ternyata katering yang disediakan di pestamu tidak terlalu disukai tamu.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, jangan malas untuk survey dan testing makanan katering ya.. Supaya bisa membandingkan harga dan rasa di jasa katering satu dengan lainnya.

7. Atau cara unik ini bisa kamu terapkan. Makanan prasmanan sudah pasti bikin biaya membengkak. Pakai aja sistem gerobakan – tapi makanan gerobakan yang biasa jadi langganan kamu aja ~

undang siomay langganan via m.rekomendasi.me

Atau daripada kamu tak yakin dengan rasa makanan dari jasa katering yang tersedia dan sudah pasti memakan banyak biaya, kamu bisa mengundang makanan langgananmu untuk jadi katering di pesta pernikahanmu. Selain sudah tahu rasanya yang memang enak, harganya juga pasti bisa ditekan. Lebih hemat kan? Hehehe..

Selamat berbahagia di hari resepsi pernikahanmu ya!

Kredit Featured Image : https://www.pinterest.com/pin/516928863452230920/