Pada dasarnya kebiasaan buruk memang sulit dihilangkan karena udah melekat dalam hidup dan keseharianmu. Tapi, nggak mungkin juga dong terus-terusan dilakukan demi hidup yang lebih baik. Misalnya saja hobi makan junk food atau begadang rutin yang dampak negatifnya belum kamu rasakan sekarang. Padahal, beberapa tahun kemudian bisa berbahaya bagi kesehatan, lho.

Hilangkan kebiasaan yang sudah lama dilakukan memang sulit. Tapi, kamu bakal terima kasih ke diri sendiri kalau berhasil melewatinya.

Oleh karena itu, lebih baik dari sekarang ubah kebiasaan buruk itu dengan hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Memang nggak gampang sih, tapi kalau kamu utamakan keberlangsungan hidup di kemudian hari, kamu pasti bisa melaluinya. Dan kali ini Hipwee Tips udah siapkan kebiasaan-kebiasaan apa saja yang perlu kamu hilangkan dari sekarang. Agar saat menginjak usia 30 tahun, kamu nggak akan kesusahan mengatur tubuh dan keberlangsungan hidupmu.

1. Sering marah, cemas dan uring-uringan itu kebiasaan yang sangat-sangat buruk. Tinggalkan dengan pandai mengatur emosi dari sekarang!

refreshing sejenak via shushstepanian.tumblr.com

Kamu punya hak untuk marah, tapi harus pada momen yang tepat.

Advertisement

Tuntutan kerja atau berbagai masalah muncul saat lagi beraktivitas bikin kamu jadi sering marah-marah dan stres. Sebenarnya nggak masalah selama kamu tahu tempat dan situasinya. Tapi, nggak baik juga kalau kamu nggak bisa mengendalikan. Jangan sampai setiap ada masalah kamu bakal marah-marah atau stres nggak karuan.

Begitupun dengan rasa khawatir berlebihan yang kamu rasakan. Khawatir terhadap kerjaan, keadaan keluarga maupun kehidupanmu selanjutnya tak masalah. Namun, lagi-lagi kamu harus cari tahu jalan keluarnya.

Misalnya, perbanyak cari distraksi baru yang bermanfaat, antara lain pergi traveling, bertemu teman-teman lama, datang ke acara keluarga, atau sibukkan diri dengan berolahraga. Dijamin deh kamu jadi semangat dan nggak gampang marah, stres, atau sering khawatiran lagi.

2. Penyakit anak-anak muda kalau lagi stres; makan banyak buat pelampiasan. Padahal, bahaya banget efeknya

makan melulu via fidori.com

Katanya sih kalau stres obati dengan banyak makan. Tapi, apa iya kamu rela kalau imbasnya ke berat badan?

Punya banyak kesibukan dan jadwal istirahat yang sedikit bikin kamu jadi mudah stres. Alih-alih coba cari hiburan dengan orang sekitar atau gadget yang kamu miliki, tetap saja stres yang dialami nggak mudah dihilangkan. Kamu pun coba cari penyembuh stres dengan banyak makan, padahal itu hanya sugesti saja. Mood booster sesaat ini sayangnya nggak baik buat jangka panjang karena bisa membahayakan tubuh kalau kamu nggak mengatur konsumsinya dengan baik.

3. Nonton tv atau main laptop jarak dekat terus-terusan bikin matamu yang sudah lelah jadi makin lelah. Memangnya, mau minus sampai berapa angka?

jangan nonton terlalu dekat via www.collegemagazine.com

Saat sedang ada waktu luang, kamu pasti banyak meghabiskannya untuk nonton televisi atau marathon movie via laptop. Dengan posisi yang belum tentu benar, kamu nontonnya terus-menerus dan bikin anggota tubuh jadi merasakan nyeri-nyeri. Belum lagi mata yang harusnya istirahat, malah jadi bekerja lagi gara-gara harus nonton, terutama melihat dengan jarak dekat.

Kalau nggak mau tidur, lebih baik istirahatkan mata dengan perbanyak lihat warna hijau yang alami, misalnya pohon-pohon atau rumput di halaman rumah.

4. Usia 20-an sih nggak masalah kalau kebanyakan makan junk food. Tapi kelak, jangan galau kalau kolesterol mengintaimu di usia 30

Rasa renyah dan gurih junk food bikin selalu suka mengonsumsinya. Rasa yang ditawarkan memang bikin siapapun yang mencoba jadi ketagihan. Sayangnya, kalau sering konsumsi junk food bakal berdampak negatif buat ke depannya. Oleh karena itu, coba alihkan junk food dengan makanan yang rasanya juga memuaskan lidah, rujak buah atau bakso ikan misalnya.

5. Ngemil itu nggak masalah, tapi sesekali cobalah yang bergizi seperti buah

Siapa sih yang bisa nolak kenikmatan camilan? Mau rasanya manis, pedas, atau asin sekalipun kamu bisa terus-menerus mengunyahnya.

Bisa dibilang camilan adalah teman setiamu dalam segala suasana hati maupun kondisi. Apapun aktivitasmu, sepertinya belum lengkap jika nggak ditemani dengan camilan. Padahal, camilan itu banyak yang nggak menyehatkan dan hal ini tentu kurang baik bagi kehidupanmu selanjutnya.

Salah satunya dampaknya adalah berat badan jadi gampang naik. Memang mau?

6. Tanpa disadari, datang telat di berbagai situasi itu nggak baik. Di sini, kamu bakal kehilangan momen dan hal-hal penting sedikit demi sedikit

on time dong via fossil.tumblr.com

Entah karena kesiangan, macet, atau malas-malasan, kamu jadi suka datang telat ke mana-mana. Tanpa disadari datang nggak on time ini bikin kamu rugi karena waktu yang dimiliki buat beraktivitas jadi sedikit. Banyak waktu terbuang cuma gara-gara kamu telat dan orang lain jadi kurang suka denganmu karena nggak bisa dipercaya dan diandalkan.

Kecuali, kamu memang mau kalau saat usia 30 nanti teman atau relasimu ilfeel gara-gara kamu nggak bisa dipercaya dan diberi tanggungjawab.

7. Rugi kalau kebiasaanmu adalah membandingkan dirimu dan orang lain. Kamu ya kamu, mereka ya mereka

stop mengeluhnya via theonion.tumblr.com

Ketika ada temanmu yang bodynya lebih bagus, kamu cemas lalu uring-uringan. Atau saat gaji kawan lamamu jauh lebih besar, rasa iri dan dengki lah yang ada dipikiranmu. Duh ini sih namanya cari penyakit!

Tanpa kamu sadar, sifat iri dan suka membandingkan hanya akan mendatangkan bencana di kemudian hari. Bukan bencana dalam artian sesungguhnya, sifat-sifat sejenis ini akan membuat usia mudahmu ini terbuang percuma. Saat di mana kamu harus selalu berpikiran positif, keirian dan ketidaksukaan terhadap pencapaian orang lain malah akan merugikan. Kurang-kurangin, deh!

Agar usia 30 tahunmu nggak mengecewakan, 8 kebiasaan buruk tadi nggak ada salahnya kamu hilangkan dari sekarang. Yuk berbenah diri secepatnya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya