Niat pengen kurus sudah ada, niat olahraga biar sehat juga ada. Niat buat repot-repot pergi ke tempat fitness atau membayar instruktur yang biayanya selangit yang nggak ada. Namun, jangan khawatir. Kamu juga bisa olahraga di rumah sendiri kok tanpa membayar keanggotaan fitness atau instruktur. Latihan kardio aja!

Latihan kardio ampuh membakar lemak dengan cepat dan mengecilkan bagian-bagian tubuh seperti perut, yang gampang mengalami kegemukan. Latihan ini penuh dengan gerakan yang melancarkan peredaran darah dan meningkatkan detakan jantung, sehingga juga bermanfaat untuk kesehatan. Dengan 7 latihan kardio ini kamu juga bisa menurunkan bobot tubuhmu dengan mudah, murah dan cukup di rumah saja!

1. Awali dengan gerakan sederhana yang akan membentuk otot bisep trisep-mu dengan Arm Circle ini.

gerakan arm circle pas untuk mengecilkan lengan atas via giphy.com

Sebelum memulai sesi latihan kardio-mu, kamu harus melakukan beberapa langkah pemanasan terlebih dahulu. Langkah ini untuk menghindari cedera yang bisa terjadi kalau tubuhmu langsung dipaksa berolahraga. Nah setelah itu baru deh kamu mulai latihan kardio-nya, awali dengan gerakan Arm Circle atau memutar-mutar lenganmu.

Caranya gampang: kamu hanya perlu melangkahkan kaki kanan dan kirimu ke depan secara bergantian, sementara kedua tanganmu di angkat ke atas dan digerakkan memutar seperti pada gambar. Lakukan gerakan ini selama satu menit setiap kali latihan. Latihan arm circle bisa membantu mengecilkan lemak yang membuat lengan atasmu menggelambir.

2. Sementara untuk mendapatkan bokong indah, kamu bisa melakukan gerakan high knee skip berikut ini

Advertisement

bokong indah bisa kamu dapat dengan mudah via www.peakphysiqueva.com

Selanjutnya adalah gerakan yang bisa menambah kekuatan betis dan pahamu, sekaligus melunturkan lemak yang membandel. High knee skips atau melompat sambil menarik lututmu tinggi-tingi ini bisa memberikan manfaat tersebut. Kalau kamu telaten, pantatmu juga bisa lebih kencang dan indah.

Caranya sangat sederhana: seperti berlari di tempat namun kamu perlu mengangkat lututmu setinggi mungkin. Lakukan sebanyak 1 menit secara rutin. Gampang banget kan?

3. Kamu dapat membakar lemak paha dan betis dengan gerakan Toe Touch Jack ini

touching toe jack akan membuatmu lelah namun hasilnya jangan diragukan

Siapa yang ingin punya kaki indah dan sendi yang lentur? Dengan gerakan toe touch jack atau gerakan menyentuh ibu jari ini kamu bisa lho merealisasikan keinginanmu itu.

Caranya juga mudah saja. Pertama-tama berdirilah dengan kedua kaki terbuka dan kedua tangan teracung ke udara. Lalu lompat ke bawah sambil membuat salah satu tanganmu menyentuh ujung jari kakimu yang berlawanan arah dengan tangan tersebut (misal tangan kanan menyentuh jari kaki kiri). Setelah itu, melompat berdiri lagi dan lanjutkan langkah yang sama yaitu menyentuh jari kaki yang berbeda namun dengan tangan satunya lagi.

4. Perkokoh kekuatan paha dan punggungmu dengan gerakan Squat Tap ini.

bugar dengan gerakan squat tap via www.eatthis.com

Siapa yang gak ingin perut dan paha yang ramping? Langkah selanjutnya dari sesi kardio ini bisa membantumu mewujudkannya. Gerakan itu adalah gerakan squat tap atau menepuk sambil berjongkok. Gerakan ini bagus untuk melatih paha dan perutmu.

Caranya mudah saja; berdirilah dengan posisi badan tegak lurus dan kedua tangan teracung ke atas. Setelah itu melompat turun dalam posisi jongkok dengan kaki terbuka seperti pada gambar dan sentuhlah lantai dengan kedua tanganmu. Kemudian kembali ke posisi awal dan ulangi gerakan ini lagi, selama 1 menit.

5. Selain efektif membakar lemak, gerakan Squat Punches juga melatih kekuatan dan ketangkasanmu.

menguruskan sekaligus membuatmu tangkas via gymra.com

Berikutnya kita sampai pada gerakan yang mengoptimalkan hampir seluruh otot gerak pada tubuh. Betis, paha, perut dan lenganmu semua bergerak secara dinamis. Buat yang pemula, mungkin gerakan ini yang bakal paling menguras tenagamu. Tapi rasa lelahmu akan terbayar kok, tenang saja!

Caranya berdirilah dengan kedua kaki terbuka selebar dada. Kemudian turunkan badanmu hingga posisi jongkok seperti pada gambar. Setelah itu dorong badanmu naik ke atas dan lempar tinju kananmu ke arah kiri. Ulangi langkah ini dari awal, namun kali ini gantian melempar tinju dari kepalan tangan kirimu ke arah kanan. Gerakan ini sepintas mirip gerakan bertinju, selain menurunkan berat badan gerakan ini memang bisa kamu manfaatkan untuk melatih ketangkasanmu dalam bela diri.

6. Gerakan cross punches akan membakar lemak di tubuh bagian atasmu dan membentuknya jadi indah

cross punches untuk membentuk tubuh bagian atas via www.shape.com

Perindah tubuh bagian atasmu dengan gerakan cross punches atau tinju silang ini. Cross punches hampir sama seperti gerakan kardio sebelumnya, namun kali ini kamu akan melempar pukulan tinjumu saling silang ke arah yang berlawanan.

Berdirilah dengan kedua kaki terbuka selebar dada dan kedua tangan terkepal di depan dada. Tinjukan kepalan kirimu ke sudut kanan atasmu. Setelah itu segera turunkan tubuh pada posisi jongkok dan tinjukan kepala kananmu ke sudut kiri bawah. Ulangi langkah ini, namun gantilah kepalan yang kamu tinjukan ke atas dan ke bawah — berlawanan dengan arah datangnya tinju tersebut.

7. Perkuat core muscle dan staminamu dengan melalukan pillow plank jumps ini.

core musclemu akan terlatih dengan pillow planking ini

Bantal nggak hanya bisa dipakai buat tidur dan bermalas-malasan lho! Kamu juga bisa mengecilkan perut dan pinggangmu dengan bantuan bantal empuk di rumah sendiri. Setelah ini, mungkin bantal nggak lagi identik dengan mengajakmu untuk molor, melainkan selalu mengingatkanmu untuk berolahraga.

Caranya, letakkan bantal di lantai dan tekan dengan kedua tanganmu, luruskan kedua kakimu ke belakang membentuk posisi planking. Memposisikan dirimu seperti ini saja sebenarnya sudah cukup menguras energi lho. Selanjutnya, angkat salah satu kakimu dan tekuk lututmu kemudian dorong lututmu ke arah yang berlawanan dengan kakimu, misalnya lutut kiri di dorong ke arah kanan. Luruskan kembali kaki pada posisi semula dan ulangi langkah ini dengan lutut yang satunya lagi. Lakukan selama 1 menit.

Kalau kamu melakukannya dengan telaten dan rutin, badan yang ramping ideal nggak lagi mustahil buat kamu miliki. Apabila melakukan setiap gerakan sebanyak 1 menit dirasa berat di awal kamu memulai, kamu bisa melakukannya sebanyak atau selama yang kamu sanggupi terlebih dulu. Nanti perlahan-lahan tingkatkan durasi latihan sesuai dengan daya tahan tubuhmu. Jangan lupa latihan kardio ini harus didukung juga dengan pola makan dan hidup yang sehat agar bisa menurunkan berat badanmu sesuai dengan yang kamu inginkan.