Pernah mencoba untuk fokus terhadap sesuatu tapi tak pernah bisa? Mungkin beberapa cara untuk meningkatkan fokus seperti log out akun Facebook, mematikan komputer, atau bahkan membuat ruangan menjadi sunyi, nampaknya tak pernah berhasil. Kamu pun merasa bahwa semakin keras kamu berusaha untuk fokus, maka akan semakin mudah dirimu untuk terdistraksi. Benar nggak?

Lain kali jika kamu merasa malas, tak bertenaga, dan lesu, cobalah untuk mengingat apa yang sebelumnya kamu makan. Karena percaya atau tidak, apa yang kita masukkan ke dalam tubuh nyatanya mampu memberikan dampak secara langsung terhadap tubuh kita. Makanan yang kita makan memiliki dampak langsung terhadap darah dan oksigen yang masuk ke dalam otak, maka dari itu apa yang kita makan sangat menentukan bagaimana kondisi tubuh kita seharian.

Supaya kita selalu fokus terhadap pekerjaan, atau untukmu yang sedang mengerjakan skripsi, mungkin dengan memakan makanan yang Hipwee sarankan ini akan membantumu untuk tetap fokus sepanjang hari!

1. Lemak alami yang terkandung dalam buah alpukat sebenarnya baik untukmu agar oksigen tetap terpasok ke otak dengan maksimal.

Jangan dulu berpikir bahwa buah alpukat penuh dengan lemak dan akan membuatmu gemuk. Selain mengandung lemak, alpukat juga mengandung vitamin C, K dan B, asam folat yang juga terkandung di dalamnya mampu menjaga pasokan oksigen tetap mengalir lancar ke otak sehingga meningkatkan konsentrasimu!

Advertisement

Saran nih, jika kamu bosan dengan alpukat yang itu-itu melulu, kamu bisa mencampurkan alpukan ke dalam salad yang biasa kamu konsumsi, atau dengan membuat smoothie alpukat. Namun jangan menambahkan gula terlalu banyak ya ke dalam smoothiemu karena kandungan gula di dalam alpukan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gulamu seharian.

2. Seperti biasa, asam omega 3 selalu mampu menjadi andalan dalam meningkatkan konsentrasi. Maka perbanyaklah konsumsi ikan-ikan yang mengandung omega 3 ya!

Trout, mackerel, tuna, dan terutama salmon, adalah ikan-ikan yang terkenal dengan kandungan omega 3nya yang tinggi. Karena dipenuhi dengan kandungan DHA (Docosahexaenoic Acids), maka tak heran bila ikan-ikan ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin meningkatkan konsentrasi dan memperkuat daya ingat.

Resep andalan yang nggak bakal membuatmu bosan untuk makan ikan, cobalah makan ikan-ikan tersebut dengan salad kesukaanmu. Dijamin akan membuatmu ketagihan.

3. Kacang-kacangan juga tak kalah pentingnya untuk tetap menjaga sel otak agar tidak mengalami penuaan dini.

Kacang-kacangan via wisatakuliner.com

Kacang almond dan walnut sangat mampu membantumu untuk memperkuat daya ingat dan fokus. Kacang-kacangan tersebut sangat tinggi kandungan antioksidan, vitamin B6 dan E, yang mana membantu mencegah sel otak untuk rusak yang bisa menyebabkan kita untuk tak mampu konsentrasi dan susah mengingat.

Entah itu dijadikan camilan ataupun makanan penutup, kacang-kacangan bisa digunakan untuk berbagai makanan dan kamu bisa memasukkan kacang ke dalam makanan yang biasa kamu makan.

4. Bit mengandung asam nitrat yang mampu membuka pembuluh darah dalam tubuh sehingga meningkatkan pasokan oksigen ke otak.

Singakt kata, bit mampu meningkatkan performa otak dan menjaga oksigen agar tetap mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. Selain itu, bit juga penuh akan antioksidan yang mampu mengurangi jumlah racun di dalam darah.

Mungkin bagi beberapa orang Indonesia, penggunaan akar bit masih sangat jarang. Namun dengan resep yang tepat, bit akan menjadi hidangan menggugah selera. Cobalah membuat brownies dengan menggunakan bit sebagai bahan utamanya, bisa dipastikan kamu tak akan berhenti makan!

5. Selain untuk memasak, tahukah kamu bahwa minyak kelapa juga mampu meningkatkan aktifitas otak?

Minyak kelapa via www.thetrentonline.com

Minyak kelapa kaya akan zat MCTs (medium chain triglycerides) yang sering digunakan dalam suplemen peningkat konsentrasi. Minyak kelapa juga penuh zat anti radang yang meningkatkan kemampuan kognitifmu secara fungsional.

Pengen bikin resep dengan minyak kelapa sebagai bahan utama? Cobalah resep kraker biji minyak kelapa berikut!

6. Meskipun sering ditemui dalam jamu, kunyit nyatanya mampu meningkatkan aktifitas antioksidan dalam tubuhmu.

Kunyit adalah akar-akaran yang terkenal menyehatkan. Selain untuk jamu dan rempah-rempah masakan, zat anti radang dalam kunyit mampu meningkatkan antioksidan dalam darah sehingga mampu mengoptimalkan kandungan oksigen di dalam otak, dan kita akan semakin mampu untuk fokus dan daya ingat kita semakin kuat.

Pengen coba omelet kunyit nggak? Nih Hipwee punya resepnya. Omelet kunyit akan mampu membuatmu tetap produktif selama bekerja.

Bahan-bahan:
  • 4 butir telur
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1/8 sdt bubuk kunyit
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1/2 buah tomat, potong dadu
  • sedikit lada

Cara membuat:

  • Kocok telur dan campur dengan garam dan lada
  • Panaskan minyak dengan api sedang, masukkan bubuk kunyit dan bawang, aduk hingga bawang menjadi layu
  • Tambahkan tomat dan masukkan adonan telur
  • Masak selama 2 menit, omelet siap untuk sarapan

7. Nggak cuma manis aja, kandungan magnesium dalam dark chocolate juga mampu membuat otakmu tetap terjaga.

Dark chocolate via www.mnn.com

Dark chocolate penuh dengan kandungan zat besi, magnesium, seng, dan potasium. Selain sebagai sumber utama antioksidan, cokelat mampu melanjarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga meningkatkan konsentrasimu dan fokusmu akan tetap pada tempatnya. Ingat ya, kandungan ini hanya teradapat pada dark chocolate saja, dan cokelat biasa yang sering kita makan kandungan gizinya seringkali sudah tercampur dengan gula yang terlalu banyak jumlahnya.

Banyak resep makanan yang menggunakan cokelat sebagai bahan utama, nah kenapa nggak coba aja bikin tart atau kue kering dengan bahan dark chocolate?

Penting untuk mengerti apa yang kita makan setiap hari. Meskipun kita hanya makan makanan yang kita suka, namun kadang kita tak tahu apa yang terkandung di dalamnya sehingga dampak dari makanan tersebut baru akan terasa ketika sudah beberapa lama. Dan untuk kamu yang sedang berusaha untuk meningkatkan fokus dan daya ingat, ketujuh bahan makanan di atas sama sekali nggak ada ruginya untuk dicoba!