Ahli pencernaan Dr Myron Brand mengatakan bahwa bau yang tidak sedap itu bukanlah hal yang buruk, itu hanya sebab dari apa yang kamu makan dan bakteri yang ada dalam saluran pencernaanmu.

Dikutip dari huffingtonpost.co.uk

Menurut Dr. Shawn Khodadadian, the Director of Clinical Nutrition, kentut berbau adalah hal yang wajar. Lagi, kentut itu sendiri juga baik untuk kesehatan karena gas-gas beracun yang ada dalam saluran pencernaan, wajib untuk dikeluarkan. Jadi, wajar bila setiap harinya kamu kentut sebanyak 10-20 kali sehari.

Dikutip dari www.thrillist.com

Nah, berdasarkan kutipan dari Dr. Myron di atas, ternyata makanan yang kita konsumsi dapat memengaruhi bau kentut yang dihasilkan oleh sistem pencernaanmu. Diketahui kalau makanan yang mengandung sulfur bakal membuat kentutmu tambah berbau. Dan berikut ini Hipwee Tips coba rangkumkan makanan yang membuat kentutmu lebih berbau dari biasanya.

1. Brokoli yang dapat julukan super food lantaran manfaatnya, tapi ternyata banyak kandungan sulfur di dalamnya

Brokoli. via upi.com

Brokoli, sayuran yang kerap terdapat dalam capcay ini mengandung antioksidan, kalsium, hingga folat yang baik untuk kesehatan. Nah, selain kaya akan manfaat, ternyata sayuran hijau ini mengandung banyak sulfur yang memungkinkan kentutmu tambah berbau.

Advertisement

Selain itu, kandungan fiber dan rafinasi dalam brokoli juga berkontribusi bikin kentutmu tambah berbau.

P.S: gula rafinasi atau gula kristal putih adalah gula mentah yang telah mengalami proses pemurnian untuk menghilangkan molase sehingga gula rafinasi berwarna lebih putih dibandingkan gula mentah yang lebih berwarna kecokelatan (Wikipedia).

2. Mulai hari ini, baiknya kamu ganti menu daging sapi dan babi dengan daging ayam atau ikan. Biar kentutmu nggak terlalu bau

ganti ikan atau ayam via misterfish.com

Ternyata daging sapi dan babi mengandung banyak mengandung metionin, yakni sulfur yang terdiri dari asam amino. Kandungan tersebut menjadi penyebab dari bau kentutmu yang bak telur busuk. Nah, daripada kentutmu berbau nggak wajar, baiknya ganti menu sate daging sapi dengan ikan kukus saja. Hihi…

3. Mengonsumsi bawang secara berlebihan juga berpotensi bikin kentutmu jadi ‘neraka jahanam’

Bawang juga mengandung sulfur. via sciencedump.com

Bawang, baik bawang bombai, bawang putih, atau bawang merah, ternyata juga mengandung sulfur. Selain itu, bawang-bawangan juga punya kandungan fruktan yang tinggi, yang menurut sains dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung dan Irritable bowel syndrome (IBS) yang menyerang usus besar.

Nggak cuma bikin kentutmu jadi bau, terlalu banyak makan bawang juga bikin nafas dan keringatmu jadi bau!

4. Kol atau kubis, sayuran sejuta umat yang berpotensi bikin orang sekitarmu nggak tahan dengan bau kentutmu

Kol mengandung sulfur yang tinggi. via medicalnewstoday.com

Kol bisa dibilang gampang ditemui di Indonesia. Karenanya layak disebut sebagai sayuran sejuta umat. Dari menu pinggir jalan hingga bintang lima, kerap memasukkan sayuran ini sebagai salah satu bahan utama. Khusus buat kamu yang sering memesan kol goreng di warung pecel lele, baiknya mulai mengurangi kebiasaanmu itu, ya.

Kurangi konsumsi kol karena sayuran satu ini memiliki kandungan sulfur dan rafinasi yang tinggi, yang mana bikin kentut kamu tambah bau.

5. Bukan cuma itu, kembang kol pun bisa bikin bau kentutmu nggak terkontrol

Kembang kol. via ibudanmama.com

Metana memproduksi bakteri di usus besar. Bakteri tersebut lalu memakan gula rafinasi, untuk kemudian menghasilkan gas dalam prosesnya.

Dikutip dari www.thrillist.com

Kembang kol tergolong sebagai salah satu sayuran yang kalau dikonsumsi dapat meningkatkan jumlah gas dalam tubuh. Ini berhubungan dengan kandungan yang terdapat dalam sayuran ini, yakni gula rafinasi. Di mana gula tersebut adalah makanan bagi bakteri dalam usus besar.

Proses ketika bakteri memakan gula rafinasi tersebut menghasilkan gas, yang kemudian berkontribusi terhadap bau kentutmu yang makin menyengat.

6. Khusus buat kamu yang intoleransi (ketidakmampuan mencerna) laktosa, ragam olahan susu juga bikin kentutmu tambah bau

olahan susu via kumpulanresepmasakan.com

Untukmu yang kebetulan mengidap intoleransi laktosa, mengonsumsi produk olahan susu terlalu banyak bisa berakibat fatal. Nah, oleh itu, kamu sebaiknya menguranginya, supaya produksi sulfur tubuhmu nggak meningkat.

7. Suka minum bir dan olahannya? Hati-hati. Beginilah akibat yang bisa ditimbulkannya

Bir dingin. via treehugger.com

Minum bir dapat menyebabkan karbon dioksida menumpuk dalam dalam ususmu!

Hal tersebut nggak bagus buat bau kentutmu. Jadi, bener ‘kan kata Bang Haji Rhoma, baiknya jangan banyak minum minuman keras (bir). Nah, lho. Masih mau banyak-banyak minum bir beserta olahannya?

Kentut itu hak semua umat dan kamu sah-sah saja melakukannya. Tapi, kalau baunya menyengat dan overdosis, apa kamu nggak kasihan sama orang-orang di sekitarmu?

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!