Meskipun belum menikah, tapi nggak ada salahnya dong dari sekarang mempersiapkan diri untuk menjadi ibu-ibu muda? Salah satunya kamu bisa nih mulai menata menu sarapan apa aja yang akan dihidangkan untuk keluargamu nanti. Karena sarapan itu penting, kamu harus pintar memilih masakan apa yang akan disajikan.

Kemampuan memasak yang masih dalam taraf segitu-gitu aja, menyebabkan kamu memasak menu-menu praktis deh. Walaupun praktis, nggak berarti gizinya nol ya.

Oleh karena itu, Hipwee membantumu untuk mengetahui menu sarapan apa aja yang baik untuk tubuh nih. Nggak cuma praktis aja, tapi juga kayak akan gizi. Simak 7 resep masakan berikut ini yuk supaya bisa segera kamu coba di rumah!

1. Telur memang jadi lauk andalan. Selain kaya gizi, bikin telur dadar dan ceplok sudah pasti dijamin gampang!

hayo, tertarik gak membuat telur ceplok seperti ini? via www.healthylivingandtravel.com

Telur dadar dan ceplok udah terkenal banget nih karena kandungan gizinya yang bagus untuk beraktivitas. Makanya, nggak salah deh kalau kedua menu ini menjadi andalan para ibu-ibu muda. Apalagi memasaknya yang praktis banget.

Advertisement

Bahan-bahan telur dadar:

  • 3 butir telur
  • 1 sdm mentega
  • Batang daun bawang, dipotong lembut
  • 4 siung bawang merah, dicincang hingga halus
  • 2 buah cabai merah keriting atau cabai rawit (sesuai selera), dipotong bulat tipis-tipis
  • sdt lada
  • sdt garam (sesuai selera)

Cara membuat:

  • Campurkan seluruh bahan-bahan, kocok hingga merata.
  • Panaskan mentega, kemudian goreng dan dadar hingga matang dengan warna kuning keemasan.
  • Kalau sudah, siap disajikan deh!

Resep diambil dari: http://resepmembuat99.blogspot.com/2014/12/resep-cara-membuat-telur-dadar-enak.html

Bahan-bahan telur ceplok:

  • Telur
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Panaskan minyak goreng, lalu ceplok telur dan taburi garam secukupnya.
  • Kalau sudah matang, angkat dan tiriskan.
  • Telur ceplok siap dihidangkan. Supaya ada rasa pedasnya, kamu bisa menambahkan saus sambal, kecap, atau saus tomat saat menikmatinya dengan nasi.

Kurang apa mudahmya? Bahan-bahannya gampang ditemui dan memasaknya nggak memakan waktu. Kalau lagi terburu-buru, kedua menu ini memang yang paling pas deh.

2. Atau kalau pengen makan telur tanpa nasi, kamu bisa memasak omelet spesial buat anak-anakmu nanti…

biar kerenan dikit hehe via www.youtube.com

Ada kalanya pasti kamu atau anggota keluargamu bosan dengan menu telur yang itu-itu aja. Untuk itu, Hipwee hadirkan nih resep membuat omelet sebagai teman di pagi hari. Terdapatnya bahan-bahan masakan seperti daging sapi dan sosis semakin memperkaya gizi yang dimilikinya. Silahkan diterapkan ya resep berikut ini:

Bahan-bahan:

  • 4 butir telur
  • 150 gr daging sapi, dicincang
  • 2 buah sosi, dipotong-potong
  • 2 sdm mentega
  • 15 gr buncis, diiris serong dan tipis-tipis
  • 30 gr wortel, diiris
  • Bawang goreng secukupnya
  • 1 buah bawang Bombay, dicincang
  • Keju secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • 20 gr susu bubuk

Cara membuat:

  • Bahan-bahan yang akan dipakai dicuci bersih agar kotoran dan zat kimia yang berbahaya menempel dapat menghilang.
  • Selanjutnya, panaskan mentega di atas wajan dan masukkan bawang Bombay. Tumis hingga wangi dan masukkan buncis, wortel, dan daging cincang ke wajan. Lanjutkan menumis hingga sayurannya layu dan daging matang. Setelah matang, angkat dan matikan kompor.
  • Kemudian, siapkan telur pada wadah dan campur dengan daun bawang, dan bahan-bahan lainnya seperti susu bubuk, garam, merica bubuk, dan bawang goreng. Aduk adonan tersebut hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  • Untuk omeletnya, panaskan sedikit mentega pada wajan. Lalu tuangkan adonan telur dan bahan isi yang udah dibuat sebelumnya. Setelah itu, taburi keju secukupnya. Kamu tunggu hingga telurnya matang dan gulung omelet. Jangan lupa dibalik ya agar seluruh sisi omeletnya matang.
  • Setelah matang, angkat dan sajikan ya dipiring cantik.

Untuk pelengkapnya, kamu bisa menambahkan saus sambal sesuai selera. Kalau mau ditambahkan mayonnaise juga bisa, pokoknya yang terenak menurut seleramu deh. ;D

Resep ini diambil dari: http://masteresep.com/cara-membuat-omelet-telur-sederhana-untuk-sarapan/

3. Meski sederhana, kelezatan tempe dan tahu saat disajikan hangat gak terkalahkan. Biar makin bergizi, padukan dengan sayur bening bayam!

tahu dan tempe goreng via baltyra.com

Menu satu ini benar-benar Indonesia asli deh, murah meriah lagi. Yuk segera simak resepnya yang udah Hipwee siapkan buat kamu.

Bahan-bahan tahu dan tempe:

  • 250 gr tempe
  • 250 gr tahu
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
  • 1 siung bawang putih, kalau ukurannya kecil bisa memakai 2 siung
  • 1 sdt ketumbar atau sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt garam, bisa disesuaikan selera
  • 100 ml air dingin

Bahan-bahan sayur bening bayam:

  • 3 ikat bayam, kamu pilih daun yang masih muda dan ambil pucuknya, lalu cuci bersih
  • 2 buah wortel, dipotong agak tipis dan menyerong
  • 3 buah jagung manis berukuran sedang, dipotong dengan ukuran secukupnya (misalnya 5 cm)
  • 4 siung bawang merah, diiris tipis
  • 1 siung bawang putih, digeprek
  • 3 cm kunci, dibersihkan
  • 1 buah tomat besar, dibelah menjadi 4
  • sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • liter air

Cara membuat tahu dan tempe:

  • Tempe dan tahu diiris tipis dan bentuk persegi panjang (sesuai selera), lalu sisihkan.
  • Bawang putih, ketumbar, dan garam diulek hingga halus. Kemudian, tambahkan 100 ml air dingin ke dalam cobek. Kalau masih kurang terasa, tambahkan garam.
  • Selanjutnya, lumuri tahu dan tempe dengan bumbu rendaman cobek. Lumuri hingga kedua sisi tahu dan tempe telah teredam oleh bumbu. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Sambil menunggu, kamu bisa lanjut panaskan minyak goreng secukupnya dengan api sedang. Setelah minyak panas, goreng tahu dan tempe sampai matang yaitu berwarna kuning keemasan.

Cara membuat sayur bening bayam:

  • Ambil air dan didihkan dalam panci. Setelah mendidih, masukkan irisan bawang merah, bawang putih, dan kunci yang sudah digeprek. Selanjutnya, rebus sampai wangi aromanya.
  • Kemudian, kamu bisa tambahkan wortel dan jagung manis. Lalu masak terus sampai wortel dan jagung manis menjadi empuk. Selanjutnya, masukkan tomat, garam, dan gula pasir dan masak sampai mendidih.
  • Kalau sudah, masukkan bayamnya dan tunggu hingga matang dengan ukuran api sedang.
  • Setelah matang, angkat dan sajikan deh bersama tahu dan tempe.

Sayur bayam ini nggak bisa dihangatkan, maka sebaiknya hanya sekali makan saja dan langsung habiskan ya. Hal ini berbeda dengan tahu dan tempe, karena digoreng tentu kedua makanan itu cukup awet untuk seharian.

Resep tahu dan tempe diambil dari: http://www.lestariweb.com/Indonesia/TempeTahuGoreng.php

Resep sayur bening bayam diambil dari: http://resepcaramemasak.org/sayur-bayam-bening

4. Nasi goreng wajib banget hadir di meja makan. Gak perlu ribet, tambah telur dan kacang polong sudah pasti rasanya nendang.

Nasi goreng via www.tvmuh.com

Kenikmatan yang diberikan nasi goreng memang nggak ada duanya. Jangan heran untuk menyemangati pagi hari, nasi goreng menjadi menu sarapan. Dengan nasi goreng yang saat ini udah banyak modifikasi menunya, membuatmu menjadi punya banyak pilihan nih. Salah satunya yaitu nasi goreng telur kacang polong berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 3 sdm minyak goreng
  • 2 butir telur, dikocok (bisa sesuaikan dengan porsi)
  • 3 siung bawang putih, dicincang
  • 2 piring nasi putih (bisa sesuaikan dengan porsi)
  • 2 sdt kecap asin
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt kecap manis
  • 2 lembar daun sawi hijau, diiris halus ya
  • 2 sdm kacang polong

Cara membuat:

  • Kamu bisa memulainya dengan memanaskan minyak goreng, lalu orak-arik telur sambil memasukkan bawang putih dan ditumis hingga layu.
  • Lanjutkan dengan memasukkan nasi putih, kecap asin, garam, merica, kecap manis, dan irisan sawi hijau. Kamu aduk dan masak hingga bumbu merata. Tambahkan kacang polong, kemudian diangkat.
  • Nasi goreng telur kacang polong sudah siap dihidangkan deh.

Untuk telur, sebenarnya sesuaikan seleramu. Kalau lebih menyukai telur ceplok atau dadar, silahkan saja. Pokoknya, berikan nasi goreng ibu-ibu mudamu menjadi yang nggak terlupakan! ;D

Resep diambil dari: http://www.foods-recipe.com/resep/1/175/masakan-indonesia/nasi-goreng-kacang-polong/

5. Bosan dengan nasi? Kamu bisa mengganti nasi dengan roti. Bikin sandwich aja yang pastinya praktis dan disukai keluarga.

bisa dibawa bekel ;D via www.justonecookbook.com

Makan pagi dengan nasi beserta lauk kadang terlalu mengenyangkan perut. Apalagi kalau malamnya udah banyak makan, di pagi hari tubuh jadi nggak lapar-lapar banget. Supaya perut tetap terisi dan rasa kantuk dapat hilang, nggak ada salahnya kalau kamu mencoba menu sarapan ala barat. Hipwee memilih sandwich nih, semoga kamu dan keluarga kecilmu nanti suka ya!

Bahan-bahan:

  • Roti tawar, kulitnya dibuang
  • Telur ayam, untuk memasaknya boleh didadar atau diceplok
  • Keju chedar lembaran
  • Bawang Bombay, dicincang halus
  • Tomat, diiris tipis-tipis
  • Daun selada
  • Mayonnaise

Cara membuat:

  • Roti tawar yang sudah dikupas kulitnya dipanggang dahulu di atas teflon tanpa diolesi mentega atau apapun pada permukaannya. Tunggu hingga berwarna kecoklatan. Kalau sudah terlihat coklatnya, angkat dan olesi dengan mayonnaise secukupnya ke seluruh permukaan roti.
  • Kemudian, ambil roti tawar yang telah dipanggang, lalu lapiskan roti dengan daun selada dan keju di atasnya. Isi sandwich seperti telur dan bawang Bombay ditaruh ke roti tawar, tutupi dengan irisan tomat serta daun selada. Kamu dapat menambahkan mayonnaise di atas daun selada sebelum ditutup dengan lapisan roti terakhir.
  • Selesai deh. Sandwich ala-ala ibu muda siap dihidangkan. ;D

Kamu bisa nih menambahkan saus sambal agar ada rasa pedas-pedasnya, asal jangan terlalu banyak ya. Karena makan di pagi hari langsung yang pedas nggak terlalu baik untuk pencernaanmu. Selamat mencoba!

Resep diambil dari: http://zonamakan.blogspot.co.id/2015/04/3-resep-menu-sarapan-sehat-praktis.html

6. Kalau gak mau sandwich, ada burger yang jadi menu sarapan di pagi hari. Gak melulu isi daging, pakai tempe krispy juga enak kok! Lumayan ‘kan biar lebih hemat ;p.

kriyuk-kriyuk via www.dapurkobe.co.id

Selain sandwich, kamu bisa memilih burger sebagai menu sarapan. Kalau khawatir pengeluaran dapurmu nanti membengkak karena daging burger yang digunakan, kamu bisa menggantinya dengan tempe lho. Apalagi kalau tempenya dibuat krispy, hmm krenyes-krenyesnya malah bikin bersemangat!

Bahan-bahan:

  • Roti burger
  • 250 gr tempe
  • Tepung fried chicken secukupnya
  • Tepung bumbu instan yang biasa digunakan untuk tempe, tahu, dan lainnya sebagai pengental
  • Tomat secukupnya
  • Daun selada secukupnya
  • Mentimun secukupnya
  • Saus sambal
  • Mayonnaise

Cara membuat:

  • Kukus tempe terlebih dahulu. Sambil menunggu, masukkan 4 sendok makan tepung bumbu instan ke dalam wadah dan campur dengan air secukupnya.
  • Setelah dikukus, hancurkan tempe dan campur dengan tepung bumbu instan. Kamu bentuk tempe menyeruai daging burger. Kalau sudah, masukkan tempe ke dalam adonan basah tepung fried chicken. Lumuri lagi dengan adonan kering tepung fried chicken.
  • Lalu goreng hingga warnanya kuning kecoklatan. Sambil menunggu, kamu bisa meletakkan roti burger bagian bawah dan olesi dengan saus sambal (sesuai selera) dan mayonnaise secukupnya.
  • Kalau sudah kuning kecoklatan, letakkan tempe krispi di atas daun selada dan tomat. Tutupi dengan roti burger bagian atas.
  • Siap disajikan deh.

Yah, lumayan kan daging diganti dengan tempe. Pengeluaranmu agak berkurang sedikit. Rasanya nggak kalah lezat lagi. Hehe.

Resep diambil dari: http://www.dapurkobe.co.id/burger-tempe-crispy

7. Menu sarapan ala barat gak selalu sandwich atau burger kok. Masih ada pancake yang bisa kamu buat dengan mudah.

hmm yummy! via www.eatsamazing.co.uk

Pilihan menu barat lainnya selain sandwich dan burger yaitu pancake. Pancake ini bisa dibilang merupakan salah satu masakan yang akan menghadirkan masa-masa kecil dahulu lho. Meski udah menjadi ibu-ibu muda nanti, kamu tetap rindu kan dengan zaman itu. Membuatnya seperti apa sih? Kayak ini nih

Bahan-bahan:

  • 100 grm tepung terigu
  • 250 ml susu cair
  • 1 butir telur, jangan lupa pisahkan putih dan kuningnya
  • Garam secukupnya
  • Sedikit margarin untuk mengolesnya, dan
  • Sirup maple untuk topping-nya

Cara membuat:

  • Tepung terigu dicampur dengan garam, kuning telur, dan susu lalu diaduk sampai rata. Kamu boleh menggunakan mixer, asalkan kecepatannyya rendah.
  • Selanjutnya kocok putih telur sampai kaku.
  • Adonan tepung yang sudah dicampur tadi, masukkan ke dalam adonan putih telur, dan di aduk rata. Saat mencampurnya, kamu bisa mengambil sedikit aja putih telur ke dalam terigu, lalu aduk rata. Kamu tambahkan sedikit demi sedikit, lalu masukkan lagi adonan terigu ke dalam putih telur. Cara ini dilakukan supaya putih telurnya nggak bergerindil.
  • Pakailah teflon yang berdiameter paling kecil atau ukuran standar dan panaskan. Kemudian, kamu oleskan margarin ke dalam teflon dan kecilkan apinya.
  • Adonan yang sudah dicampur tadi, tuangkan ke dalam teflon sekitar 2,5 sendok sayur dan tutp sejenak.
  • Balik adonan tersebut kalau sudah terlihat ada sedikit pori-pori dan pinggirnya cukup mengeras.
  • Kalau sudah, sajikan pancake di atas piring kemudian siram dengan sirup maple untuk topping-nya. Kamu juga boleh menambahkan topping lainnya sesuai selera.

Dalam membuat pancake, kunci utamanya terletak pada pemisahan kuning dan putih telurnya. Kalau ingin lebih manis, kamu bisa menambahkan 1 sendok makan gula pasir yang diaduk bersama tepung terigu, garam, kuning telur, dan susu. Membuat pancake bagusnya menggunakan teflon yang ukurannya sama dengan telur ceplok, tapi kalau nggak ada wajan teflon ukuran biasa pun tak apa-apa. Hanya saja bentuknya nanti nggak secantik kalau memakai teflon ukuran telur ceplok.

Resep diambil dari: http://zonamakan.blogspot.co.id/2015/04/3-resep-menu-sarapan-sehat-praktis.html

Dari 7 resep menu sarapan yang udah Hipwee berikan, mana nih yang belum pernah kamu coba buat? Atau ada referensi menu sarapan lainnya? Silahkan share ya di kolom komentar! 😉