Cuaca yang nggak menentu memang kadang bikin badan jadi nggak fit dan galau. Matahari yang terik banget di siang hari, sementara malamnya udara dingin bikin badanmu menggigil. Duh, kalau badanmu bisa ngomong, dia bakal teriak deh kayanya.

Tenang, kali ini Hipwee bakal ngasih kamu 7 resep minuman hangat yang bakal bikin badanmu hangat dan kembali fit lagi. Karena kehangatan minuman ini cuma selevel di bawah pelukan. Langsung diintip deh coba!

1. Susu Jahe Hangat, bikin minuman sederhana ini di rumah, sehabis seharian beraktivitas. Biar badanmu fit lagi.

Susu Jahe Hangat. via zataligouw.tumblr.com

Jahe memang terkenal mampu menghangatkan tubuh. Nah, kamu bisa lho memadukannya dengan susu kental manis biar rasanya enak. Mau nyoba bikin? Diintip ya resepnya.

Bahan utama:

Advertisement
  1. 10 cm jahe
  2. 2 sachet susu kental manis putih
  3. Gula merah secukupnya (sebagai tambahan saja, jika kurang manis)
  4. Air secukupnya.

Cara Membuat:

Pertama, cuci bersih jahe. Tusuk jahe dengan garpu dan bakar di atas kompor (jangan sampai gosong ya). Setelah matangnya pas, geprek jahe. Sementara itu panaskan air dalam panci dan masukkan geprekan jahe tadi. Tunggu sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat dan saring air jahe ke dalam gelas. Terakhir, aduk air jahe bersama dengan 2 sachet susu kental manis putih. Taraa, susu jahe hangat siap untuk kamu nikmati.

2. Teh Jahe, buat kamu yang lagi terserang flu, biar cepat sembuh. Bikinnya gampang kok.

Teh Jahe yang ampuh usir flu. via www.gudangkesehatan.com

Ternyata, jahe nggak cuma bisa dicampur dengan susu aja, dengan teh juga terbukti bisa. Minuman yang satu ini katanya terbukti ampuh mengusir flu.

Bahan utama:

  1. 1-2 sendok teh tubruk
  2. 3 ruas jari jahe (memarkan hingga hancur)
  3. 2 sdt gula
  4. 1 1/2 gelas air

Cara membuat:

Pertama, rebus air, teh, dan jahe dalam panci. Rebus hingga mendidih, sambil diaduk-aduk agar sari jahe meresap. Setelah rebusan mendidih, matikan kompor. Sementara itu siapkan gula dalam gelas. Terakhir, tuang teh jahe dalam gelas gula tadi sambil tentunya disaring. Aduk dan sajikan selagi hangat. 😉

3. Cuaca yang nggak menentu, kadang bikin tenggorokan jadi serak. Coba deh hangatkan dengan Wedang Sereh Jahe.

Wedang Sereh Jahe. via cookpad.com

Sereh dan Jahe bisa jadi kombinasi yang tepat untuk melegakan tenggorokan. Kalau kebetulan tenggorokanmu lagi nggak enak, coba legakan saja dengan Wedang Sereh Jahe. Dicoba ya!

Bahan Utama:

  1. 1 potong Jahe sebesar jari
  2. 3 batang sereh
  3. 1 sdm gula aren
  4. Sejumput garam
  5. 300 cc air

Cara membuat:

  1. Siapkan semua bahan di atas piring.
  2. Cuci bersih jahe dan sereh. Kupas jahe dan potong sereh kecil-kecil.
  3. Tuang air dipanci lalu rebus jahe dan sereh, tambahkan sejumput garam. Biarkan sampai aroma jahe dan sereh keluar (sekitar 5 menit) lalu masukkan gula aren. Rebus deh sampai gula larut.
  4. Setelah rebusan matang, angkat. Saring ke dalam gelas, buang ampas jahe dan sereh.
  5. Wedang Sereh Jahe pun bisa segera kamu nikmati sebagai pelega tenggorokan.

4. Lemon Madu Hangat memang gampang dibuat, bisa jadi mood booster setelah lelah beraktivitas.

Lemon Madu Hangat. via www.pinterest.com

Lemon memang baik untuk kesehatan. Selain bisa mengatasi sakit tenggorokan, lemon juga mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Coba deh manjakan tubuhmu dengan secangkir Lemon Madu Hangat setelah lelah beraktivitas seharian.

Bahan Utama:

  1. 1 gelas air hangat
  2. 1 sdm madu
  3. 1/2 buah lemon.

Cara membuat:

  1. Siapkan air hangat dalam gelas.
  2. Tuang madu dalam gelas dan kucuri dengan perasan lemon.
  3. Aduk dan nikmati selagi hangat.

5. Lemon Tea Kayu Manis Hangat, emang paling juara menghangatkan tubuhmu. Coba bikin ya.

Lemon Tea Kayu Manis Hangat. via ediamat.blogspot.com

Lemon tea hangat bisa kamu variasikan dengan kayu manis lho. Aromanya dijamin bakal bikin kamu tenang dan hangatnya bikin tubuhmu nyaman.

Bahan utama:

  1. 100 ml air
  2. 2 batangkayu manis
  3. 1 buah lemon
  4. 1 sdt gula

Cara Membuat:

Pertama, rebus air dan kayu manis. Setelah mendidih, angkat. Tuang dalam gelas. Setelah itu celup gelas berisi air kayu manis hangat tadi dengan teh celup (kurang lebih 1 menit). Terakhir, masukkan gula dan perasan lemon dalam gelas teh kayu manis tadi. Taraaa.. Lemon Tea Kayu Manis Hangat siap untuk kamu nikmati.

6. Untuk kamu yang sedang batuk, atasi saja dengan Susu Madu Hangat. Dijamin tenggorokanmu jadi lebih nyaman.

Susu Madu Hangat. via kesehatan707.blogspot.com

Selain di atasi dengan obat, batuk juga bisa diredakan dengan minuman hangat yang satu ini lho. Yakni Susu Madu Hangat. Bikinnya gampang banget.

Cara membuat:

  1. Siapkan 1 sachet susu kental manis atau susu bubuk, air hangat satu cangkir, dan 1 sdm madu.
  2. Seduh susu dalam air hangat, setelah itu tuang madu. Aduk dan sajikan selagi hangat.

7. Untuk kamu yang nggak mau ribet bikin minuman hangat, cukup siapkan air hangat dan sesendok madu saja. Cukup ampuh kok menghangatkan tubuh.

Air Hangat dan Madu. via www.balabala10.com

Untuk kamu yang males menyeduh minuman hangat, tapi ingin menghangatkan badan, coba deh siapkan secangkir air hangat dan sesendok madu. Cara meminumnya, tinggal kamu campurkan air hangat dan madu. Atau bisa juga minum madunya lebih dulu, setelah itu minum air hangatnya. Gampang dan nggak ribet kan?

Tujuh resep minuman hangat udah coba Hipwee pilihkan untuk kamu. Dicoba ya, biar tubuhmu makin fit. 🙂