Kamu pasti sering menjadikan roti tawar sebagai pilihan untuk sarapan atau bekal untuk dibawa bepergian. Olahan roti tawar memang salah satu yang paling mudah dan praktis untuk dibuat. Tinggal oleskan roti tawar dengan selai cokelat dan kacang, jadilah sandwich cokelat kacang. Atau tinggal masukkan ke pemanggang roti, maka jadilah sandwich bakar.

Tapi biar nggak bosan makan sandwich yang itu-itu aja, kali ini Hipwee akan berikan berbagai variasi resep sandwich yang bisa kamu coba di rumah. Resep-resep sandwich ini pasti akan bikin sarapanmu gak sekadar kenyang.

1. Nggak ada yang ngalahin kenikmatan sarapan pakai sandwich tuna cheese

sandwich-tuna-cheese via www.google.co.id

Siapa sih yang mau nolak gurihnya tuna dan keju dipadukan dengan lembutnya roti tawar. Sandwich tuna cheese ini akan jadi teman sarapan yang paling nikmat dan juga mengenyangkan.

Bahan:

Advertisement
  1. 4 roti tawar
  2. 2 lembar keju slice
  3. 100 gram tuna
  4. margarin

Cara membuat:

  1. Tata roti tawar di piring dan oleskan margarin di satu sisi.
  2. letakkan keju slice di atasnya.
  3. ambil tuna dan ratakan di atas keju.
  4. lalu tutup kembali dengan roti tawar yang lain.
  5. Sandwich tuna cheese pun siap dihidangkan.

2. Grilled beeforn sandwich dijamin bikin kamu pengen nambah terus.

beeforn sandwich via www.google.co.id

Perpaduan antara jagung manis dan daging sapi ini dijamin bikin kamu nggak mau berhenti makan. Manis yang didapat dari jagung bisa menambah tenaga kamu untuk memulai hari.

Bahan:

  1. 6 lembar roti tawar
  2. 1 buah jagung manis
  3. 1/4 daging cincang
  4. daun bayam secukupnya
  5. 1/2 bawang bombay
  6. 2 siung bawang putih
  7. 1 sdt lada bubuk
  8. 1 sdt garam
  9. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Serut jagung manis. Lalu rebus bersama daun bayam hingga matang.
  2. Iris bawang bombay dan bawang putih.
  3. Panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis.
  4. Masukkan bawang putih dan bombay ke dalam minyak panas. Tumis hingga wangi.
  5. Masukkan daging cincang, jagung dan bayam yang telah direbus.
  6. Tambahkan lada bubuk dan garam secukupnya. Lalu sisihkan.
  7. Ambil 1 lembar roti tawar, tuang tumisan di atasnya, dan tutup dengan lembar roti tawar yang lain.
  8. Panggang roti di wajan yang telah diolesi sedikit margarin, hingga matang.

3. Nggak cuma telur yang bisa digoreng. Sandwich juga bisa.

sandwich goreng via www.google.co.id

Ternyata nggak cuma telur atau ayam aja yang bisa digoreng. Sandwich juga bisa lho digoreng. Kulit bagian luar yang renyah bisa menambah semangat kamu saat sarapan.

Bahan:

  1. 6 lembar roti tawar tanpa pinggiran
  2. 80 gram kornet sapi
  3. 2 lembar keju slice
  4. 2 butir telur yang telah dikocok
  5. margarin

Cara Membuat:

  1. Oleskan margarin pada roti, tambahkan kornet sapi di atasnya, dan tutup dengan selembar roti.
  2. Oleskan margarin kembali di lapisan roti kedua, tambahkan lagi kornet dan slice keju. Lalu tutup lagi dengan selembar roti di atasnya.
  3. Celupkan roti lapis tersebut ke dalam telur yang telah dikocok.
  4. Goreng roti dengan menggunakan margarin hingga kecokelatan.

4. Sandwich bakar telur keju memang perpaduan yang sempurna.

sandwich bakar telur keju via www.google.co.id

Kalau kamu ngga terlalu suka sandwich isian daging atau ikan, kamu bisa ganti dengan telur dadar. Tambahan keju di dalamnya pun menambah gurih sandwich yang siap kamu makan untuk sarapan.

Bahan :

  1. 6 lembar roti tawar tanpa pinggiran
  2. 3 lembar keju slice
  3. margarin
  4. 3 butir telur
  5. 2 buah sosis sapi
  6. 1/2 bawang bombay, cincang halus
  7. 1/4 sdt garam
  8. 1/4 sdt merica bubuk
  9. tomat potong tipis
  10. 3 lembar selada

Cara membuat:

  1. Kocok 2 butir telur
  2. Lalu campur dengan bawang bombay dan sosis. Beri juga garam dan merica bubuk.
  3. Tuang minyak secukupnya di atas wajan yang telah dipanaskan. Lalu masukkan campuran telur, aduk-aduk hingga menjadi orak-arik telur.
  4. Kocok 1 butir telur sebagai perekat.
  5. Ambil selembar roti tawar, oleskan margarin secukupnya. Dan beri daun selada, tomat, juga keju di atasnya.
  6. Tuangkan orak-arik telur di atas keju. Tutup dengan roti tawar lain dan rekatkan dengan telur yang telah dikocok.
  7. Panggang roti di wajan yang telah diolesi sedikit margarin, hingga matang.

5. Kalau mau rasa sandwich yang ngga biasa, coba aja campur sama keju dan mangga.

sandwich cheese mango tambah sosis makin enaaak via www.google.co.id

Kalau mau sarapan yang agak nggak biasa, kamu harus coba sandwich yang dicampur dengan mangga dan keju ini. Sensasi perpaduan rasa gurih dari keju dan asam dari mangga pasti langsung kamu dapatkan. Supaya makin enak bisa juga ditambahin sosis sapi.

Bahan:

  1. 1/2 bagian mangga
  2. 2 lembar keju slice
  3. 2 buah sosis sapi
  4. 4 lembar roti tawar tanpa pinggiran
  5. 1 butir telur untuk perekat
  6. margarin

Cara membuat:

  1. Siapkan roti tawar dan oleskan margarin secukupnya
  2. Kocok telur sebagai perekat.
  3. Siapkan wajan panas yang telah diolesi margarin.
  4. Panggang sosis sapi terlebih dahulu.
  5. Letakkan keju di atas roti tawar, lalu tumpuk lagi dengan sosis panggang, dan mangga. Tutup dengan roti tawar lainnya dan rekatkan dengan telur kocok.
  6. Panggang sandwich di atas wajan panas hingga kecokelatan.

6. Sandwich selai oreo pisang cocok buat kamu yang suka manis-manis.

sandwich selai oreo pisang via www.google.co.id

Roti tawar emang jodohnya makanan yang manis-manis seperti pisang dan oreo. Memadukan ketiga jenis makanan ini bikin sarapan kamu jadi sarapan paling nikmat di dunia.

Bahan:

  1. 1 bungkus oreo
  2. 1 buah pisang
  3. 4 lembar roti tawar
  4. keju parut secukupnya
  5. margarin secukupnya

Cara membuat:

  1. Hancurkan oreo sampai halus atau sesuai selera.
  2. Campur 1/2 bagian pisang ke dalam adonan oreo yang telah hancur.
  3. Siapkan dua lembar roti tawar dan oleskan margarin di masing-masing salah satu sisinya.
  4. Lalu oleskan adonan oreo dan pisang di atas keduanya. Dan tutup dengan roti lain
  5. Oleskan lagi margarin di bagian luar roti.
  6. Panggang hingga kecokelatan.

7. Mau yang praktis? Coba bikin aja sandwich sarden ini.

sandwich sarden via www.google.co.id

Daripada pusing-pusing nyiapin bahan isian sandwich, mending kamu pake ikan sarden kalengan biar praktis. Cara bikinnya pun udah pasti gampang banget.

Bahan:

  1. 6 lembar roti tawar tanpa pinggiran
  2. Ikan sarden kalengan
  3. 3 lembar keju slice
  4. 1/2 bawang bombay
  5. 1 buah tomat iris tipis
  6. mayonaise

Cara membuat:

  1. Panggang roti tawar di atas wajan panas tanpa olesan apapun hingga kecokelatan
  2. Pisahkan ikan sarden dan sausnya. Lalu hancurkan.
  3. Tumis ikan sarden dengan bawang bombay yang telah dicincang. Lalu tiriskan.
  4. Campur tumis ikan sarden dan bawang bombay dengan mayonaise secukupnya. Aduk hingga rata.
  5. Siapkan lembaran roti tawar yang telah dipanggang, beri keju di atasnya lalu tuangkan adonan ikan sarden dan mayonaise yang telah diaduk rata.
  6. Tutup dengan lembaran roti tawar lainnya.

Kalau menu sarapannya kayak gini, melewatkan sarapan bikin rugi banget, dong? 🙂