Jika para cewek selalu meributkan model baju, makeup, serta aksesoris terbaru, para cowok biasanya lebih santai dalam hal penampilan. Namun masalahnya, banyak yang terlampau santai hingga tak bisa membedakan mana gaya berpakaian untuk ke kampus, nongkrong maupun kondangan. Semuanya dipukul rata, yang penting nyaman.

Tapi gimana kalau kamu harus mendatangi acara penting seperti makan bareng calon mertua? Yakinkah kamu bahwa setelan kaos yang sudah bolong-bolong digigit semut dan celana pendek, walaupun nyaman, bisa menimbulkan impresi di mata mereka?

Pakaian yang kamu kenakan di depan mata calon bapak dan ibu sebenarnya adalah pertaruhan harga dirimu. Cowok calon menantu idaman mesti belajar untuk berpakaian rapi, bersih, tambah lagi wangi. Nggak perlu ribet-ribet, kok. Ikuti saja tutorial dari Hipwee berikut ini.

1. Setiap cowok berhak punya jeans yang bisa membuat mereka terlihat berwibawa. Karena itu, pandai-pandailah memilih celana jeans yang akan kamu punya.

Celana jeans straight via superfuture.com

Celana jeans sendiri memiliki beberapa model. Jika kamu memiliki postur tubuh sedang, memilih jeans dengan model straight merupakan pilihan tepat. Namun jika kamu memiliki postur tubuh yang agak lebar, celana jeans model loose atau relaxed bisa dijadikan alternatif. Yang pasti jangan memilih celana jeans model skinny jika tak ingin kakimu tersiksa. Dan jangan pula memilih jeans model bootcut jika nggak mau disangka sebagai penyanyi rock tahun 80-an.

Advertisement

Pilih jeans sesuai dengan postur tubuhmu via superfuture.com

2. Kemeja chambray akan membuatmu terlihat formal, bermasa depan, namun tetap santai

Menantu idaman 😀 via theamericanclassic.org

Kemeja chambray juga dapat dijadikan opsi selanjutnya dalam gaya berpakaianmu. Chambray merupakan pakaian berbahan denim yang tipis, dan lebih banyak pilihan warna. Namun Hipwee sarankan kamu untuk memilih warna biru washed indigo. Kemeja chambray merupakan pakaian yang wajib kamu punya jika ingin dibilang sebagai anak kekinian. Kesan santai namun terlihat formal dapat kamu sandang jika memakai kemeja ini. Dijamin calon mertuamu akan kesengsem, apalagi jika kamu memadankannya dengan sepatu boots dan celana jeans.

3. Ingin terlihat sopan namun tetap nyaman? Kenakan saja polo shirt.

Santai namun terkesan formal via www.socialitelife.com

Selain dapat digunakan untuk kuliah, polo shirt juga bisa digunakan untuk acara apel malam minggu di tempat si doi. Dengan mengenakan polo shirt, kamu tetap akan terlihat sopan meski tanpa mengenakan kemeja. Polo shirt juga nyaman digunakan, dan biasanya dengan mudah dapat menyerap keringat.

Berbeda dengan kemeja yang biasanya bikin kamu gerah dan tak bebas bergerak. Selain bisa berpakaian santai, kamu juga akan dilihat sebagai cowok yang sopan dan ‘ada niat’ untuk tampil rapih dibanding hanya dengan memakai kaos oblong biasa.

5. Pilihlah kemeja yang sesuai dengan bentuk tubuhmu

Kemeja yang pas dengan bentuk tubuh via www.wholesale7.net

Pilihlah model kemeja dengan model slim fit maupun muscle fit agar pas dengan postur tubuhmu. Jangan pilih kemeja yang kekecilan maupun yang kebesaran. Kamu nggak mau ‘kan kalau nanti dibilang mirip Ayah cewekmu? Kemeja motif kotak-kotak maupun motif garis dapat kamu jadikan pilihan jika memang kamu perlu pergi ke acara-acara yang sangat formal.

6. Selain celana jeans, belilah satu atau dua potong chino untuk kamu gunakan ke acara-acara yang sangat resmi

Celana chino atau celana kain via coolspotters.com

Celana chino maupun celana kain adalah pakaian wajib yang harus kamu miliki. Nggak mungkin ‘kan kalau kamu harus memakai celana jeans ketika ada acara-acara yang sangat formal seperti acara kumpul keluarga cewekmu? Percayalah, jeans belel nggak akan mengesankan mereka.

7. Paling tidak kamu harus memiliki dua pasang sepatu. Satu kets/sneakers dan satunya lagi sepatu kulit

Pilihlah sneakers yang tepat via copenhagenlookbook.tumblr.com

Pilihlah sneakers yang selain nyaman dan gaya, namun juga dapat digunakan untuk olahraga. Sepatu kets bisa berfungsi untuk nongkrong santai maupun digunakan untuk pergi ke kampus. Jika kamu hobi olahraga, tak ada salahnya kalau kamu memilih sneakers yang selain gaya, juga nyaman dipakai untuk olahraga.

Sedangkan sepatu kulit, Hipwee sarankan untuk memilih sepatu model chukka, karena sepatu ini hampir bisa digunakan untuk berbagai macam acara-acara semi formal maupun formal sekalipun. Mulai dari kuliah, nongkrong, hingga ke pesta resepsi dapat menggunakan sepatu ini.

Sepatu chukka via superfuture.com

Hipwee jamin jika kamu menerapkan tips-tips yang telah dipaparkan diatas, pasti kamu bakal tambah disayang sama calon mertua. Karena kamu telah meninggalkan kesan rapi, wangi, dan peduli akan penampilan kamu. Sama dirimu sendiri saja sayang, apalagi sama anak mereka nantinya?