Siapa sih yang nggak bahagia perut kenyang dengan minim pengeluaran? Baik itu kamu yang anak kos atau bukan, tetap saja tersenyum ceria saat melihat isi dompet dan rekening masih menggembung. Namun, hal ini diperlukan perjuangan lho karena nggak mudah mengatur keuanganmu dalam sebulan. Jangankan sebulan, sehari aja susahnya minta ampun. Belum lagi tersedianya berbagai menu menggiurkan di tempat-tempat makan, dari menu yang paling heits menguras kantong hingga murah-meriah, yang sebenarnya tanpa sadar juga bisa membuat pengeluaranmu nelangsa.

Dengan beragam tuntutan hidup yang nggak melulu isinya makan aja, kamu harus pandai mengelola keuangan dengan baik. Sekian rupiah untuk bayar kosan, memberi orang tua, pendidikan, jalan-jalan, dan selebihnya ditabung untuk masa depan. Belum lagi keperluan mendadak lainnya yang kadang cukup membuatmu pusing untuk mengeluarkannya lho.

Nah, Hipwee udah merangkum nih kiat-kiat khusus buat kamu yang suka makan tapi keluar budget-nya minim. Simak yuk, siapa tahu ada yang belum kamu praktikan.

1. Agar pengeluaran dan gizimu terjaga, ada baiknya merencanakan menu masakan dalam seminggu atau sebulan ke depan.

hari senin menunya ini, hari selasa ini, rabu ini via www.lucreid.com

“Mau coba bikin daftar menu masakan seminggu ini dulu deh, baru abis itu sebulan ke depan,”

Advertisement

Bagi kamu yang gemar masak dan jarang jajan di luar, merencanakan menu masakan selama seminggu atau sebulan ke depan akan menghemat pengeluaran lho. Kamu jadi bisa memilah menu seperti apa yang membuat kenyang dan baik untuk kesehatan. Dengan begitu, hidupmu akan lebih tertata. Tertata pengeluarannya, kandungan gizinya,dan tentu akan menunjang penampilanmu di depan orang. Jadi, tunggu apalagi?

2. Sehabis masak seringkali ada bahan makanan yang sisa. Nggak ada salahnya kalau kamu memanfaatkan bahan-bahan sisa ini untuk diolah lagi.

olah bahan sisa yuk via riverheadbooks.tumblr.com

“Wah masih ada buncis, kacang polong, sosis, sama tempe goreng sisa semalem nih. Enaknya dibuat apa ya?”

“Tinggal sedikit-sedikit gitu mending campurin aja bikin nasi goreng,”

Karena rasa lapar yang nggak bisa ditoleransi, saat memasak kamu mengambil bahan makanan yang cukup banyak. Alhasil, ada beberapa masakan yang sisa dan sayang banget kalau mau dibuang. Mau dihabiskan juga kamu atau anggota keluarga udah nggak sanggup menelan makanan lagi. Daripada dibuang gitu aja, ada baiknya kamu simpan dan olah bahan makanan itu untuk dibuat menu lainnya. Misalnya ada buncis dan kacang polong di kulkas, terus ada tempe atau tahu goreng sisa semalem, nah bisa nih kamu keluarkan daya kreativitas untuk mengolah makanan tersebut. Dibuat nasi goreng ‘kan lumayan menggugah selera tuh.

3. Sebelum pergi belanja bulanan, catat bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan. Jangan lupa juga foto isi kulkas dan lemari dapur supaya gak membeli bahan makanan yang udah ada.

hmm… apa aja ya yang kurang? foto isi kulkas aja deh via averageus.com

Hal ini sering dilupakan lho, padahal kalau kamu mau membiasakannya, banyak nilai plus yang didapat. Dengan mencatat bahan-bahan apa saja untuk dibeli, uang yang dikeluarkan nggak ada yang sia-sia. Bahan makanan yang kamu beli pun akan dipakai semua karena telah direncanakan sebelumnya. Kamu juga bisa lho foto isi kulkas dan lemari dapur sebagai pengingat bahan apa saja yang masih tersedia, jadinya pengeluaranmu dapat digunakan dengan baik.

4. Bagi kamu pecinta duren atau buah musiman lainnya, mending belinya saat sedang musim. Karena kamu bisa beli dengan harga lebih murah dari biasanya lho.

musim duren via kabarnias.com

“Lagi musim duren nih! Beli ah nanti pas pulang, mumpung harganya lebih murah,”

Buah-buahan itu baik untuk dikonsumsi. Kandungannya yang kaya akan vitamin dan mineral ini sangat baik untuk menunjang tubuhmu beraktivitas sehari-hari. Supaya imbang mengonsumsi makanan berat dan makan buah-buahannya berimbang, sebaiknya kamu membeli buah ketika sedang musimnya. Dengan begitu, kamu akan mendapat harga yang lebih murah lho.

5. Konsumsi daging secukupnya. Imbangi dengan sayuran, buah-buahan, dan makanan yang mengandung protein.

makan soto gak cuma daging aja, tapi ada telur dan sayurnya via www.tumblr.com

Mengonsumsi daging memang baik untuk tubuh, namun jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan kolestrol. Nah, alangkah baiknya kalau kamu juga mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan bahan makanan yang mengandung protein. Jangan sampai makan daging dalam seminggu setiap hari ya, selingi dengan bahan makanan lainnya yang nggak kalah baik pengaruhnya untuk tubuh.

6. Bawa uang pas kalau jajan sama teman, biar ga disuruh traktir atau dipinjemin duit ~

jangan lupa bawa uang pas biar gak diisengin hehe via www.detroitlabs.com

“Uang lo 100ribuan? Yaudah pakai uang lo aja dulu bayarnya biar Mbaknya gak repot cari kembalian satu-satu.”

“…..”

Kalau lagi makan sama teman-teman ada baiknya kamu bawa uang pas. Hal ini untuk meminimalisir hasrat teman-teman kalau melihat ada yang membawa uang berlebih. Keisengan mereka akan timbul kepada kamu, misalnya pura-pura pakai uang kamu dulu untuk membayar atau iseng menodongmu untuk mentraktir makan. Bercanda sih memang, tapi kalau sering dibegitukan lama-lama risih juga. Nggak heran kalau kamu jadi nggak enak hati dan melakukan apa yang diucapkan mereka. Duh, gimana mau berhemat ya kalau gitu.

7. Jangan malu untuk mengajak patungan bareng teman-teman saat makan bersama. Biar pengeluaranmu tetep hemat.

abis ini patungan yah gaeess via www.emma.cam.ac.uk

“Eh patungan aja makan siangnya, biar bisa nyobain lauk-lauk yang lain,”

“Halah bilang aja biar lo hemat,”

Sambil menyelam minum air. Perut kenyang dengan pengeluaran minim ya kenapa nggak? Mengajak teman patungan ‘kan nggak ada salahnya, toh kamu nggak ngutang atau pinjam uang ke mereka. Udah perut kenyang, pengeluaran minim, eh kamu bisa juga mencoba berbagai lauk. Kurang apa manfaatnya?

Namanya juga berhemat, segala macam cara akan kamu lakukan. Nggak pelit kok, hanya saja kamu sedang memutar otak agar cukup banyak uang yang tersimpan untuk kebutuhan lainnya. Coba dari sekarang yuk, apalagi kamu yang anak kos, perlu banget diterapkan.