Sepatu bau adalah salah satu hal paling menyebalkan yang bisa menurunkan kadar percaya dirimu sampai titik nol persen. Masalahnya, sepatu yang bau akan membuat kakimu bau juga. Apalagi waktu kamu baru mengeluarkan kaki dari sepatu. Duh, baunya membuatmu nggak pede.

Bau sepatumu berasal dari keringat yang keluar dari kakimu. Kondisi yang lembab di dalam sepatu akan membuat bakteri beranak pinak sampai cucu. Sekali bau, juga akan menjai lingkungan yang kurang oke untuk kakimu. Kali ini Hipwee akan bagi-bagi tips untuk mengatasi sepatu bau. Silakan dicoba, biar nggak mengganggu rasa percaya dirimu.

1. Bukan cuma untuk membuat adonan kue mengembang, baking soda juga bisa menetralisir bau sepatumu

Taburkan baking soda ke bagian dalam sepatu via lesson.website

Baking soda adalah serbuk berwarna putih yang biasanya kamu pakai untuk membuat roti. Tapi selain berfungsi membuat adonan roti mengembang, baking soda juga bisa berfungsi sebagai ‘dedodoran’ untuk sepatu dan bahkan kakimu. Caranya mudah. Setelah kamu pakai, taburkan sedikit serbuk baking soda ke dalam sepatumu. Biarkan sampai semalaman dan bersihkan sebelum kamu pakai besok pagi. Serbuk-serbuk baking soda itu akan menyerap bau sepatumu.

2. Teh dan kopi punya aroma yang sedap. Kalahkan bau sepatumu dengan ampas sisa minumanmu semalam

Tinggalkan aroma teh atau kopi di sepatumu via sharingdisini.com

Advertisement

Kalau kamu pecinta kopi atau teh, kamu pasti setuju kalau dua bahan minuman itu punya aroma yang segar dan sedap menggugah selera. Jangan cuma dipakai untuk membuat minuman, teh dan kopi juga bisa dipakai untuk pewangi sepatu. Untuk teh, kamu bisa merendam kantong teh celupmu selama lima menit atau se-pembuatan teh. Setelah dingin, masukkan kantong teh ke dalam sepatu dan biarkan sampai semalaman.

Sedangkan kopi, supaya nggak berantakan, kamu bisa menarik serbuk kopi bekas ataupun daru dalam tisu, dan simpan dalam sepatumu semalaman. Sepatumu bukan cuma nggak bau, tapi juga segar seperti aroma teh dan kopi.

3. Sepatu bau karena bakteribercampur dengan keringat. Supaya kakimu tetap kering, pakai bedak bayi sebelum pakai sepatu

Pakai bedak bayi dulu tiap keringetan

Saat kakimu dibungkus dengan sepatu, kakimu akan kekurangan udara dan gerah. Karena itulah kakimu juga berkeringat. Keringat inilah yang menyebabkan kondisi lembab pada sepatu dan akhirnya mengundang bakteri-bakteri penyebab bau.

Karena itu, terutama kamu yang sering berkeringat berlebih, pakailah bedak bayi pada kaki, yang akan mengurangi sekaligus menyerap keringat kakimu. Kamu bisa memakainya sebelum memakai sepatu. Bila kamu memakai sepatu sepanjang hari, ada baiknya juga kamu menaburkan sediki bedak bayi setiap kali kakimu mulai berkeringat.

4. Koran bekas di rumah jangan buru-buru dibuang. Kertasnya bisa menyerap aroma tak sedap dari sepatu kesayangan

Koran bekas juga bisa menyerap bau sepatu

Kalau kamu nggak punya baking soda, nggak minum kopi atau teh hanya air putih saja, kamu bisa memakai koran bekas. Bungkus sepatumu dengan koran sampai ke dalam-dalamnya, dan diamkan sampai semalam. Bahan kertas koran itu bisa menyerap bau sepatumu. Jadi, kalau kamu punya koran kemarin yang sudah tuntas dibaca, jangan dibuang dulu ya!

5. Semprotkan pewangi ke sepatumu. Kalau tidak punya, pakai cuka dan air. Meskipun tidak wangi, setidaknya tidak bau juga kan?

Disemprot dengan pewangi/cuka/alkohol via penulispro.com

Menyemprotkan pewangi juga akan membantumu mempertahankan aroma sepatu supaya nggak kebangetan baunya. Setelah kamu pakai, semprotkan sedikit pewangi ke dalam sepatu. Tapi kalau kamu nggak punya pewangi, kamu bisa menggunakan cuka. Campur cuka dengan air dalam botol spray. Lumayanlah, meski tidak wangi seperti pewangi ruangan atau parfum, setidaknya nggak bau kan ya.

6. Kalau kamu punya kucing di rumah, minta sedikit cat litter untuk ditaburkan ke sepatumu, supaya sepatumu nggak lagi berbau

Cat litter yang belum digunakan via www.lecomment.fr

Satu lagi bahan yang bisa menyerap aroma sepatu adalah cat litter atau pasir kucing. Kalau kamu punya kucing mahal di rumah, kamu pasti punya pasir lembut tempat kucingmu buang air besar di dalam rumah. Ambil sedikit cat litter untuk ditabukan ke dalam sepatu, kemudian diamkan semalaman. Besoknya saat kamu bersihkan, aroma sepatumu pasti mendingan.

Tapi pastikan cat litter-nya belum terpakai ya, jangan sampai nanti sepatumu malah bau eek kucing 🙁

7. Jangan malas pakai kaus kaki. Sebisa mungkin hindari memakai sepatu yang sama tiga hari berturut-turut. Sepatu juga butuh bernapas

Pakai kaos kaki

Terakhir, jangan malas pakai kaos kaki. Dengan kaos kaki, keringat di kakimu akan lebih cepat diserap, sehingga nggak membuat sepatu jadi lembab. Toh, sekarang kaos kaki sudah banyak modelnya. Kalau kamu merasa kaos kaki mengurangi kesempurnaan penampilan, kan kamu bisa memakai model kaus kaki yang tidak terlihat. Asal berbahan katun dan mudah menyerap keringat.

Selain itu, cadangan sepatu itu perlu. Jangan memakai sepatu yang sama sampai tiga hari berturut-turut. Usahakan mengganti sepatu dua hari sekali, dan jangan lupa untuk diangin-anginkan.

Meski sepele, masalah sepatu bau ini bisa menjadi masalah besar dan sumber kegalauanmu lho. Apalagi kalau kamu harus menghadiri acara yang konsepnya lesehan, alias harus buka sepatu. Sepanjang acara bisa-bisa kamu merasa cemas dan malu kalau orang lain mencium aroma sepatumu yang sungguh tak menggugah selera. Dengan cara-cara sederhana di atas, bau tak sedap dari sepatumu bisa diminimalisir, kamu bisa percaya diri sepanjang waktu.