Sebagai anak muda dengan jadwal kegiatan segudang, biasanya kamu telah mempersiapkan segalanya di malam harinya secara matang. Tapi anehnya, meski kamu merasa semuanya sudah terjadwal, pasti ada saja satu atau beberapa daftar yang terlewatkan, biasanya sih karena kelupaan. Wajar sih sesekali, namanya juga manusia.

Tapi, ternyata nggak baik lho kalau kamu selalu melupakan daftar perencanaan (to-do list) yang sudah kamu rancang sedemikian rupa tadi. Selain bisa merusak harimu, kekacauan ini pun akan menjadikanmu pribadi yang ceroboh dan kurang teliti. Nggak mau ‘kan?

Nah, karena Hipwee Tips paham betul dengan apa yang sering kamu alami, berikut ini ada beberapa trik untuk membuat to-do list secara gampang, praktis dan pastinya memudahkan segala perencanaanmu. Simak dan langsung praktikkan, yuk!

1. Tuliskan saja kegiatan yang benar-benar perlu dan akan kamu lakukan pada hari itu. Nggak perlu lah banyak basa-basi

tuliskan secara detail via www.huffingtonpost.com

Rencana yang telah kamu pikirkan semalaman untuk dikerjakan esok hari, perlu sekali dituliskan secara rinci. Hal ini untuk memudahkan kamu mengetahui apa saja yang bakal diselesaikan pada setiap aktivitas.

Advertisement

Misalnya, kamu cuma tulis “TESIS”, percaya deh itu nggak akan membantu dan tesismu nggak selesai-selesai. Oleh karena itu, lebih baik kamu tulis “TESIS – BAB 2” supaya sederhana dan mengena.

2. Prioritaskan mana yang paling penting kamu kerjakan. Supaya memudahkan kamu mengatur waktumu seharian

prioritaskan mana dulu yang dikerjakan via adamcturnbull.com

Trik satu ini akan membantumu fokus dan nggak kelabakan dalam mengerjakan segala sesuatu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu pilih-pilih dulu mana tugas yang sekiranya paling penting, supaya pikiranmu nggak terpecah karena hal-hal lain.

Rin, belanja yuk…

Nggak deh, aku udah ada janji sama Ibu ke dokter gigi nih. Next time aja, ya…

3. Kalau perlu, pada akhir kalimat gunakan tanda seru. Supaya kamu jadi tergugah untuk segera melakukannya

pakai tanda seru ya via mrsdejagersclass.blogspot.co.id

Selain kalimat yang ringkas namun tak melupakan inti tugasnya, kamu perlu lho menggunakan tanda seru pada setiap nomor.

Tanda seru ini sering dianggap sebagai tanda yang menyertai kalimat-kalimat perintah. Secara tak langsung, kamu merasa seperti selalu diperintah orang lain dan hal ini bakal meningkatkan semangatmu dalam mengerjakan aktivitas seharian penuh.

Yeay, nggak ada lagi deh tunda-menunda yang ada dalam to-do list!

4. Kamu boleh mengkreasikan to-do list supaya tampilannya makin oke. Simpel saja, yang penting jelas maksudnya

kreasikan sesuka hati via plumetisbazaar.tumblr.com

Kamu pasti bosan ketika melihat daftar tugas yang cuma ditempel atau digantung saja bukan? Hal ini pun bikin kamu jadi malas atau (bahkan) bosan melakukan segalanya, padahal sudah terjadwal. Oleh karena itu, silakan saja kalau kamu mau mengkreasikan to-do list dengan berbagai macam tempelan, gambar, atau tulisan-tulisan lucu buat penambah semangat.

Tapi ingat, daftar tugasmu ini jangan terlalu ramai atau penuh warna biar kamu jadi nggak salah fokus saat melihat to-do list-nya.

5. Nggak ada salahnya tulis deadline dalam to-do list, supaya aktivitasmu makin disiplin dan tertata

to do list via munichmakerlab.de

Alangkah baiknya jika kamu menuliskan target penyelesaian setiap aktivitas pada to-do list. Hal ini penting karena mampu memacumu dalam mengerjakannya. Karena kadang kamu suka lupa waktu, misalnya terlalu terbawa suasana santai dan kamu jadi lupa dengan tugas yang semestinya.

Daripada kamu keteteran, nggak ada salahnya ‘kan cantumkan target waktu penyelesaian?

6. Jangan lupa selalu update to-do list dan coret yang sudah kamu kerjakan. Ini penting biar kamu nggak bingung

biar tertata via www.entrepreneur.com

Selain memudahkan, kamu perlu mencoret biar nggak sampai 2 kali kerja. Setelah itu, to-do list milikmu juga harus di-update agar kamu jadi tahu tugas mana saja yang telah selesai dan yang belum. Dengan begitu, kamu jadi bisa mengukur kemampuan sendiri dari to-do list yang berhasil dikerjakan. Gampang, kok!

7. Nggak perlu menaruh to-do list mu di tempat tersembunyi! Buatlah ‘dia’ selalu terlihat dan terjangkau olehmu. Di dalam tas atau meja belajar, misalnya

letakkan di tempat yang sering kamu berada via unswfuturestudents.tumblr.com

Satu hal yang pasti, kamu harus tempatkan to-do list yang sering kamu lewati. Misalnya saja menempelkan di pintu kulkas, lemari pakaian, atau letakkan di meja sebelah tempat tidur. Hal ini supaya kamu gampang meng-update dan melihatnya, sehingga nggak ada lagi yang terlewatkan.

Supaya hidup makin tertata dan aktvitasmu berjalan secara optimal, membuat to-do list itu memang perlu. Nggak ada lagi tugas-tugas terabaikan dan bisa berjalan sesuai rencana. Hidupmu juga menjadi disiplin dan berkualitas!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya