Yeay! Momen libur panjang sudah di depan mata! Tapi, siap-siap gendut karena pasti banyak makanan deh habis ini 🙁

Memang sih, momen liburan identik dengan kegiatan bersantai dan makan sesuka hati. Menghabiskan waktu senggang dengan makan camilan itu sudah jadi tradisi. Enak, tapi juga dilema. Apa kabar mereka yang sedang menjaga berat badan supaya ideal? Atau yang sedang mati-matian diet demi menurunkan berat badan?

Jangan khawatir dulu, sekarang saatnya mengambil langkah cerdas dengan memilih dan menyiapkan sendiri makanan camilanmu. Selain nggak bikin gemuk, makanan ringan pilihan ini bisa menjadi sumber gizi tubuh, pun mengenyangkan. Wah, menarik sekali. Apa saja kira-kira camilannya?

1. Dibandingkan popcorn di pasaran dengan lelehan karamel yang manisnya kebangetan, popcorn buatanmu sendiri jauh lebih aman

popcorn via www.youtube.com

Pilih popcorn mentah dengan label rendah lemak dan tanpa rasa. Masak popcorn dengan minyak tanpa mentega apalagi karamel.

Advertisement

Jika suka pedas, kamu bisa menambahkan sedikit bubuk cabai. Popcorn tanpa tambahan mentega atau gula mengandung serat tinggi yang sangat bermanfaat bagi pencernaan, lho. Dan yang paling penting, nggak bikin gemuk!

2. Biskuit plus keju cocok buatmu yang doyan banget makan, bikin kenyang dan anti melar. Tapi ada syaratnya…

biskuit gandum plus keju via blessingsandgoodfood.com

Pilih biskuit yang mengandung biji-bijian utuh seperti gandum misalnya, serta rendah lemak. Biar nggak hambar, kamu bisa tambahkan dengan keju parut atau krim keju oles rendah lemak secukupnya, ya!

3. Kacang-kacangan adalah camilan rendah lemak dan cocok banget buatmu yang katanya nggak bisa berhenti ngunyah

kacang almond via wall.alphacoders.com

Kacang-kacangan bisa jadi makanan ringan yang mudah dibawa ke mana-mana, selain kaya protein dan serat. Selain itu, edamame dan kacang kedelai muda juga bisa jadi pilihan camilan yang menyegarkan. Jenis kacang-kacangan yang paling direkomendasikan adalah kacang almon karena mampu menstabilkan gula darah dan bikin kenyang.

4. Selain baik untuk sarapan, oatmeal juga bagus untuk jadi makanan ringan. Daripada makan mi rebus, ‘kan?

Makanan ini jelas mengenyangkan karena mengandung serat yang tinggi dan kemampuannya untuk menyerap cairan. Belum lagi saat oatmeal ini dikombinasikan dengan air atau susu skim, oat butuh waktu lebih lama untuk melewati sistem pencernaan sehingga kamu akan lekas kenyang.

5. Budayakan makan puding sebagai camilan di antara waktu makan. Nggak cuma kenyang, tapi juga bisa menurunkan berat badan

Agar-agar dan jeli menjadi dua bahan utama untuk membuat puding. Selain menghasilkan tekstur yang kenyal, bahan ini juga mempunyai kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Bahkan jika dikonsumsi teratur, puding ternyata bisa membuat tubuh langsing! Nah, cocok ‘kan buat camilan. 🙂

6. Untuk buah, apel adalah yang paling disarankan. Bikin kenyang padahal kalorinya nggak seberapa

apel via umad.com

Apel hanyalah satu dari sedikit buah-buahan yang mengandung pektin yang secara alami dapat memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang. Sebutir apel butuh waktu lama untuk dimakan, berita baiknya, kalorinya sangat kecil. Setiap orang bisa makan banyak apel sembari tetap menurunkan berat badan. Cocok banget nih buatmu yang suka makan buah.

7. Yang suka camilan sederhana a la rumahan, bikin saja ketela atau ubi jalar rebus. Yakin deh, langsung kenyang!

Ubi jalar kaya flavonoid, mineral serta serat yang sehat untuk pencernaan sehingga bikin kenyang lebih lama. Ubi jalar nggak bikin gemuk jika dikonsumsi dengan cara direbus. Kalau sudah digoreng atau diberi campuran macam-macam, alamat jadi melar deh badanmu.

Selain ubi jalar, singkong yang juga setipe dengan ubi jalar juga bisa kamu jadikan pilihan camilan sederhana. Murah tapi sehat.

8. Untuk jenis minuman, kamu bisa andalkan smoothies pisang sebagai camilan yang bikin kenyang dan anti melar

smoothies pisang via www.huffingtonpost.com

Smoothies dan milkshake dapat dikategorikan sebagai minuman sekaligus makanan ringan karena teksturnya yang lebih kental dari jus dan minuman lain pada umumnya. Blender pisang matang bersama dengan susu rendah lemak. Jika kamu suka, tambahkan bubuk kayu manis. Selain mengenyangkan, milkshake penuh dengan energi dan bebas lemak.

Hipwee Tips juga pernah menayangkan artikel aneka resep smoothies. Simak di sini!

Ngemil nggak bakal bikin kamu gemuk kok, asal dilakukan dengan cara yang benar. Jadi, nggak takut ngemil lagi ‘kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya