Mendaur ulang barang di sekitarmu menjadi lebih berguna dengan hasil tangan sendiri mungkin akan jadi sesuatu yang menyenangkan. Terlebih jika yang dibuat itu merupakan sebuah hal nan begitu kamu butuhkan atau berguna dalam keseharian. Tentu selain kamu jadi kreatif, keseharianmu lebih praktis, barang-barang bekas yang ada di sekitarmu pun akan jadi lebih bermanfaat.

Nah, membicarakan hal tersebut, kali ini Hipwee memiliki deretan life hack dari barang-barang yang bisa dengan mudah kamu temukan di keseharian untuk menjadi sesuatu yang lebih berguna daripada sekadar jadi sampah saja. Kira-kira apa saja dan bagaimana membuatnya? Langsung saja lihat di bawah ini, yuk!

1. Kalau kamu punya kaleng bekas makanan ringan, jangan langsung dibuang, sebab itu bisa berguna untuk tempat bubuk atau bumbu milikmu

bisa jadi tempat bumbu~ via www.kizlarsoruyor.com

Kalau kamu nggak punya tempat bumbu atau segala bubuk yang bisa langsung kamu gunakan untuk menaburkannya di atas makananmu, maka kamu bisa membuatnya sendiri. Berbekal kaleng bekas makanan ringan, sebuah paku, dan palu itu bisa langsung tercipta. Carannya pun mudah, kamu cukup memberikan lubang pada bagian bawah kaleng. Lubangilah dengan menggunakan paku dan palu yang sudah kamu siapkan. Berikan lubang secukupnya, di mana sekiranya bubuk-bubuk itu nantinya akan bisa tertabur sempurna.

2. Buat kamu yang sering menggunakan talenan dan kesal karena benda tersebut licin saat digunakan, maka kamu nggak perlu khawatir lagi

anti licin! via baabin.com

Advertisement

Bagi kamu yang mengandalkan talenan untuk membantumu dalam urusan motong-memotong, mungkin seringkali dibuat kesal dengan kelicinannya. Ya, saat asyik memotong, biasa terjadi kalau tiba-tiba si talenan harus “jalan-jalan” ke sisi lainnya. Dan, mulai sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi, karena kamu bisa menyiasati talenan tersebut dengan menempelkan penghapus di tiap sisi talenan bagian belakang. Dengan begitu talenanmu akan aman, nggak lagi jalan-jalan.

3. Kaleng bekas makanan ringanmu ternyata juga bisa beralih fungsi jadi pengeras suara bagi ponselmu. Dengar lagu kan jadi kian asyik!

jadi mau setel lagu terus~ via brightside.me

Siapa kira kalau kaleng bekas makanan ringanmu juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi pengeras suara. Mendengar lagu dari ponsel pun rasanya akan jadi semakin asyik. Kalau kamu mau membuatnya, kamu siapkan saja dulu kaleng bekas, sepidol untuk membuat tanda, cutter untuk memotong bagian kaleng, dan paku pines untuk mengganjal bagian bawah kaleng.

Bagian kaleng yang harus kamu lubangi hanya satu sisi, di bagian yang kiranya kamu gunakan untuk meletakkan HP-mu. Jangan lupa ukurannya perlu disesuaikan, ya, agar HP-mu nggak jatuh. Selain itu, jangan lupa buang sisi kaleng yang tertutup, agar suaranya bisa keluar dengan nyaring.

4. Ingin punya stress ball kamu pun nggak harus beli, bisa bikin sendiri

stres ball! via breakbird.com

Buat kamu yang sering merasa banyak pikiran atau kurang rileks, dan ingin memiliki stress ball sebagai mainan, nggak perlu kok jauh-jauh membelinya. Sebab kamu bisa membuatnya sendiri dengan hanya berbekal balon dan pasta gigi saja. Caranya sangat sederhana, masukan pasta gigi dalam balon sampai memiliki volume, lalu ikat bagian balon. Stress ball kamu pun sudah bisa kamu mainkan.

5. Dengan keberadaan key holder hasil karyamu, kunci-kunci pun akan selalu tertata dengan baik

key holder… via www.newsdogshare.com

Kalau selama ini kamu selalu bermasalah dengan letak kunci yang sering lupa kamu taruh di mana, maka mungkin key holder satu ini bisa jadi solusi. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan, penghapus, lem, dan paku pines. Sederhana dan begitu bermanfaat.

6. Bukan suatu yang nggak mungkin diciptakan, botol bekas nyatanya juga bisa berubah jadi gelas bermanfaat!

gelas lucuk! via baabin.com

Botol bekas minumanmu juga nggak hanya bisa jadi sekadar sampah, kamu bisa mengubahnya jadi sebuah gelas. Caranya mudah, pertama kamu hanya perlu membuat pola terlebih dulu sesuai dengan gambar di atas, kemudian potonglah mengikuti polanya. Dan, bagian gagang yang tersisa hanya kamu perlu rekatkan menggunakan lem. Gelas sederhana bermanfaat ini pun rasanya bisa kamu buat dalam waktu yang cukup singkat.

7. Main busa seperti anak kecil saat mandi rasanya akan bisa kamu lakukan dengan benda hasil karyamu satu ini

main balon~ via brightside.me

Untuk bisa main busa layaknya si dedek-dedek kecil saat mandi, kamu bisa memanfaatkan botol bekas dan kaus kaki yang sudah nggak terpakai. Mula-mula, potong botol menjadi dua bagian, lalu ikatkan beberapa kain atau sebuah kaus kaki pada bagian botol yang terpotong. Dengan posisi botol seperti itu, masukkanlah ke dalam air sabun yang sudah kamu siapkan. Maka seketika kamu mengeluarkan botol tersebut, sekumpulan busa pun sudah bisa kamu nikmati.

8. Alat pemeras jus turut bisa kamu ciptakan sendiri dari tanganmu, lho…

peres terusss~ via brightside.me

Nggak perlu lagi repot untuk membuat jus saat kamu harus memeras sendiri buah yang kamu miliki. Lagi-lagi, berbekal botol bekas kamu sudah bisa membuatnya. Sandingkan botol bekas tersebut dengan sebuah kawat bersih yang terlebih dulu kamu panaskan agar sekaligus bisa membuat bagian botol plastik itu menjadi bolong. Caranya cukup mudah, buatlah kawat itu saling menyilang sebagai sanggahan dari botol tersebut, sesuai dengan gambar. Setelah jadi, kamu bisa memeras dan menikmati jusmu sendiri dengan praktis, tanpa harus keluar dan membeli.

Itu dia sederet daur ulang yang rasanya bisa banget kamu buat dalam keseharian hanya dengan memanfaatkan barang bekas di sekitar. Selain mengasah kreativitas, keseharian kamu rasanya akan bisa lebih praktis dengan keberadaan benda-benda bermanfaat tersebut. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya