Cerita yang disuguhkan drama Korea memang tiada duanya. Berbeda dengan seri televisi (tv) kebanyakan, drama asal Negeri Gingseng ini mampu menyentuh hati siapapun yang nonton. Mulai dari cerita sedih hingga kisah konyol dengan mengangkat tokoh hantu di era modern seperti drama 49 Days tetap saja ada penggemarnya. Dan nggak melulu soal kisah cinta yang klise, drama korea juga banyak yang mengisahkan kehidupan masak-memasak yang unik.

Jangan pernah remehkan drama Korea bertema kuliner ini. Selain seru dengan konflik bisnis makanannya, kamu yang tadinya males-malesan jadi tergugah buat segera masak.

Yup! Adegan memasaknya pada beberapa episode bikin kamu jadi semangat buat kembali menjamah dapur yang telah lama nggak disentuh. Walau kamu masak makanan Indonesia juga, setidaknya kamu ada mood booster untuk hal satu ini. Lagipula, pengetahuan kamu tentang ragam kuliner Korea jadi bertambah, lho. Nah, kira-kira drama Korea apa saja ya bisa menumbuhkan inspirasimu buat masak? Simak 8 drama yang udah Hipwee Tips siapkan berikut ini, yuk!

1. Buat kamu yang pengen kelak ingin punya usaha roti sendiri, belajar deh dari drama Baker King Kim Tak Goo

jadi pengen belajar bikin roti via id.pinterest.com

Drama satu ini populer banget pada 2010 lalu. Mengangkat tema bisnis roti yang super enak, drama Baker King Tak Goo atau dikenal juga dengan Bread, Love, Dreams dan Kim TakGu Bakery menuai sukses diberbagai negara. Indonesia pun nggak ketinggalan – yang berimbas pada pecinta K-drama seketika punya impian bisnis toko roti atau jadi suka makan camilan satu ini.

Advertisement

Kisah yang diangkat drama ini memang tentang roti, tapi juga diselipi adanya konflik keluarga rebutan hak waris perusahaan kuliner roti. Drama ini pun tak lupa dibumbui dengan kisah cinta yang cukup rumit – yang sukses bikin kamu jadi betah nonton. Meski begitu, kegigihan yang diperlihatkan tokoh utama Kim Tak Goo yang diperankan oleh Yoon Si Yoon dalam memulai karier cemerlangnya dari nol sebagai pembuat roti patut kamu tiru.

Pada beberapa episode pun diperlihatkan kayak gimana Kim Tak Goo mengolah adonan jadi roti yang super enak. Rugi kalau nggak nonton!

2. Mau tahu bagaimana makanan khas Korea kayak kimchi dibuat? Tonton deh film Kimchi Family yang pemeran utamanya seorang gangster

pinter masak, penyayang lagi via forums.soompi.com

Kimchi Family atau populer juga dengan nama Frementation Family ini mengambil tema salah satu kuliner khas Korea, yaitu kimchi. Bercerita tentang kehidupan seorang gangster yang tobat dan coba peruntungannya kerja di restoran kimchi. Sebuah kisah menarik yang bisa kamu jadikan inspirasi, ‘kan?

Apalagi saat adegan tokoh utama yang dimainkan oleh Song Il-gook memulai hari-hari awalnya di restoran kimchi itu. Ada banyak hal inspiratif yang kamu dapatkan dari sana.

3. Bagaimana jadinya kalau kuliner khas Italia yang dikemas dengan sentuhan Korea, ya? Tonton deh film Pasta

Pasta via viki.com

Selain Baker King Kim Tak Goo, ada drama Korea berjudul Pasta pada 2010 yang nggak kalah populer, lho. Drama yang dibintangi oleh Kong Hyo-jin dan Lee Sun Gyun ini mengajak kamu buat mengetahui kayak gimana keseruan kompetisi antar chef restoran.

Cara mereka dalam meramu kuliner khas Italia dengan konsep Korea ini bikin kamu penasaran kayak gimana ceritanya, terutama isi dapur restoran La Sfera. Ditambah lagi kisah cinta yang disajikan buat kamu gregetan mengikuti setiap episodenya.

4. Karena masakan khas Negeri Gingseng bukan cuma kimchi, kamu harus nonton Feast of The Gods biar tahu apa saja jenis kulinernya

Feast of The Gods via sritown.com

Dijamin deh kamu bakal ngiler kalau nonton drama Korea satu ini. Karena drama Feast of The Gods menyajikan berbagai kuliner khas Korea yang bikin kamu jadi “lapar mata”. Keseruan kisahnya berada pada dua tokoh cewek yang identitasnya tertukar, lalu dipertemukan saat bersaing jadi koki handal di kerajaan. Belum lagi para pemainnya seperti Sung Yu-ri, Seo Hun-jin, Joo Sang-wook, dan Lee Sang-woo, buat kamu jadi betah ikuti ceritanya!

5. Gourmet, drama korea yang bakal menegaskan kalau memasak pun perlu keseriusan dan ketulusan dari hati

gourmet! via forums.soompi.com

Drama satu ini merupakan adaptasi dari Sikgaek – komik terkenal karya Huh Young-man yang ditampilkan dalam sebuah serial tv pada 2008. Persaingan antar koki dalam menghasilkan masakan terbaiknya merupakan bumbu menarik dalam drama Gourmet ini.

Cara para koki menciptakan kuliner paling top sampai ada yang berkeliling negara hanya untuk mencari-cari bahannya tanpa disadari bikin kamu takjub. Nggak percaya? Coba nonton deh!

6. Kemasan unik antara cinta dan cerita masak-memasak disajikan apik dalam film Sensory Couple

semangat masak! via www.dramabeans.com

Kalau kamu penggemar boyband JYJ, sepertinya bakal sumringah saat nonton drama Sensory Couple atau dikenal dengan The Girl Who Sees Smells yang termasuk drama laris pada 2015. Soalnya sang aktor utama, Park Yoo-chun adalah anggota JYJ – yang bukan cuma jago nyanyi saja, tapi juga berakting.

Drama ini bikin kamu takjub lantaran hadirnya Nam Goong Min yang berperan sebagai chef ganteng, tapi jiwanya psikopat. Ditambah lagi karakternya ini juga nggak bisa mengenali wajah orang. Tuh, siapa yang nggak penasaran? Semangat lihat suasana masak-masaknya, eh ditambah muncul berbagai intrik cerita drama. Wah!

7. Tak hanya bertabur bintang ngetop, drama Late Night Restaurant jadi perbincangan karena kisah dunia kulinernya yang nggak biasa

Late Night Restaurant via dramakorea.web.id

Ingin lihat kemampuan para bintang terkenal berperan jadi chef? Kamu bisa nilai akting mereka dalam drama Late Night Restaurant!

Yup! Drama yang muncul pada 2015 ini terbilang unik lantaran kisah kulinernya yang nggak biasa. Hal ini karena Late Night Restaurant bercerta tentang restoran yang buka pada waktu midnight dan tutup saat pagi hari. Meski dimotori oleh aktor kawakan yang usianya udah sangat matang, Kim Seung Woo mampu menunjukkan kepiawaiannya sebagai seorang master chef.

Kemampuannya dalam mengolah bahan-bahan makanan jadi sajian yang bikin lidah berdecak ini buat kamu terinspirasi punya restoran yang buka tengah malam. Apalagi semua pengunjung terlayani dengan baik. Salut!

8. Kisah Jewel In The Palace memang tentang pengobatan zaman kerajaan. Tapi, juga terselip pengenalan jenis kuliner Korea pada saat itu

ada adegan masaknya via chinonakamexz.blogspot.co.id

Cerita yang dihadirkan drama Jewel In The Palace atau dikenal juga dengan Dae Janggeum memang tentang dunia pengobatan zaman kerajaan Dinasti Joseon. Tapi, nggak menutup kemungkinan juga kalau kamu bakal ngiler gara-gara lihat kuliner tradisional Korea zaman dulu disajikan dalam drama.

Apalagi dengan cara pembuatannya – walau nggak detail, tapi udah bikin kamu semangat buat masak. Dan kegigihan yang ditunjukkan sama tokoh yang dimainkan Lee Young Ae ini sukses menyemangati kamu buat melakukan segala sesuatu jadi yang terbaik.

Karena drama Korea nggak melulu bertema cinta-cintaan anak sekolah atau perebutan hak waris, konsep seputar kulineran ini mampu “mengenyangkan” imajinasimu buat punya bisnis makanan. Bahkan, kamu juga bisa tergugah untuk meningkatkan skill memasakmu dengan berlatih sendiri yang sebelumnya terinspirasi dari adegan-adegan masak 8 drama Korea tadi. Lumayan juga ‘kan kalau kamu bisa tahu ragam kuliner Korea sebenarnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya