Impian para cewek untuk tampil cantik nggak hanya diwujudkan dengan perawatan wajah saja. Bentuk dan ukuran kaki juga perlu diperhatikan. Paha dan betis dengan ukuran proporsional, kencang dan menarik akan menambah rasa percaya diri saat beraktivitas.

Sementara banyak cewek yang ingin memiliki kaki jenjang mirip artis-artis Korea, beberapa cewek lainnya justru merasa kurang percaya diri dengan bentuk kaki mereka yang terlampau jenjang alias kurus banget. Dibilang mirip lidi atau belalang sudah biasa. Atau kamu yang punya betis bergelambir lalu jadi bahan olokan. Adakah diantara kamu yang mengalaminya?

Tenang Ladies, kamu nggak perlu kuatir. Memang sudah semestinya kita bersyukur dengan apa yang kita punya. Tapi, selagi bisa diupayakan, kenapa nggak? Yuk, praktikkan gerakan-gerakan sederhana ini bareng Hipwee Tips!

1. Biar nggak kaget, lakukan gerakan pemanasan otot kaki di atas kasur saat bangun tidur. Yuk, jangan malas!

stretching di atas kasur via www.capetownbeds.com

Latihan sederhana ini bisa dimulai saat kamu bangun tidur sebelum beranjak dari kasur. Menggerak-gerakkan otot kaki ini selain mengencangkan, juga sebagai upaya agar badanmu nggak kaget dan siap beraktivitas.

Advertisement
  • Dalam posisi terlentang, gerakkan kaki ke atas dan ke bawah, bergantian kaki kanan dan kiri. Lakukan masing-masing 10 kali.
  • Angkat kedua kaki bersamaan dan tahanlah selama beberapa detik.
  • Lakukan juga gerakan seperti mengayuh sepeda tetapi jangan menggerakkan terlalu cepat. Santai dan rileks saja.

Kalau latihan yang dilakukan di atas kasur saja kamu malas melakukannya, mending lupakan saja punya impian kaki yang kencang dan berisi deh!

2. Lakukan gerakan jinjit dalam posisi badan tegap, dorongan jari-jari ke atas dan ke bawah akan mengencangkan otot betis

jinjit via www.youtube.com

Gerakan ini merupakan gerakan yang paling sederhana. Gerakan ini memfokuskan latihan pada otot betis.

Berdiri tegap lalu jinjitkan kaki, tahan selama beberapa detik dan kembali lagi ke posisi semula. Ulangi hingga 10 kali.

Untuk meningkatkan tingkat kesulitan latihan ini, kamu bisa membawa beban di kedua tangan atau gunakan pijakan ujung kaki setinggi tumit ketika melakukan gerakan ini.

3. Dalam posisi berdiri, langkahkan satu kaki ke depan dan turunkan lutut kaki satunya hingga menyentuh lantai, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan tadi hingga beberapa kali

lutut belakang menempel lantai via www.google.com

Latihan yang efektif untuk melatih otot paha dan betis. Jika gerakan dasarnya sudah lulus kamu praktikkan, tambahkan beban tubuh dengan membawa barbel atau botol yang diisi pasir di tangan kanan dan kiri.

4. Gerakan berdiri-jongkok-berdiri yang biasa dikenal dengan squat juga efektif kencangkan otot paha dan betis. Nggak perlu pakai lompat nggak masalah, kok

jongkok-berdiri via www.google.com

Squat merupakan latihan klasik yang praktis dengan hasil yang hebat. Kuncinya, kamu harus melakukannya dengan benar. Jika kamu melakukannya dengan postur yang keliru, bisa-bisa kamu mengalami cidera yang fatal, terutama pada punggung bawah.

  • Berdiri tegak dengan kaki sedikit terbuka, kedua tangan diluruskan ke depan.
  • Turunkan tubuh hingga posisi jongkok (squat) lalu kembali ke posisi semula.
  • Ulangi gerakan hingga 10 kali.

5. Skipping atau lompat tali bisa kamu lakukan kapan saja untuk mendapatkan otot pergelangan kaki dan betis yang kuat

kakinya lurus, ya! via www.efektips.com

Kunci melakukan gerakan ini adalah usahakan untuk tetap berdiri tegak tanpa menekuk lutut kaki saat melakukan lompatan. Lakukan setiap hari minimal 20 menit untuk mendapatkan otot betis yang kuat.

6. Sesederhana naik turun tangga juga bisa kamu lakukan demi otot paha, betis, dan pergelangan kaki yang kuat

naik turun tangga via pinkycloud.com

Agar terbiasa melakukan gerakan ini, jangan lagi tergantung pada lift atau escalator saat di manapun.

Berjalan melalui tangga dapat mengencangkan otot paha, betis dan pergelangan kaki. Kamu bisa gunakan kursi atau meja setinggi lutut sebagai pengganti anak tangga agar bisa kamu lakukan sehari-hari di rumah.

7. Box jump merupakan latihan membentuk otot betis dengan menggunakan kotak pijakan untuk dilompati

Sebelum melakukan latihan, siapkan kotak yang kokoh atau bangku latihan yang nggak mudah bergeser jika diinjak atau dilompati. Semakin tinggi kotak, semakin sulit latihan yang dilakukan.

  • Berdirilah di depan kotak dengan jari kaki mengarah pada kotak.
  • Melompatlah ke kotak dengan mendaratkan kaki secara bersamaan dan posisi tubuh condong ke depan.
  • Melompat lagi ke bawah untuk kembali ke posisi awal.
  • Ulangi 15 kali, kemudian istirahat dan lakukan lagi sebanyak yang kamu bisa.

Jangan melaukannya berlebihan supaya kamu nggak cidera, ya!

8. Lari cepat jarak pendek atau sprint ternyata bukan hanya digunakan sebagai olahraga kompetisi, tapi juga efektif membentuk otot betis

lari cepat via www.getfitnowpt.com

Saat melakukan sprint, tubuh bekerja mendorong dan memberikan tekanan pada kaki hingga ke bagian lengan. Lakukan pemanasan sebelum berlari untuk menghindari kram otot. Nggak perlu jauh-jauh, lakukan sprint dengan jarak dekat seperti 30 meter, 50 meter atau 100 meter. Praktikkan gerakan ini berulang-ulang agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, gerakan-gerakan tersebut baiknya kamu lakukan secara rutin, nggak terbatas dilakukan dalam seminggu atau dua minggu saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, menjaga pola makan juga diperlukan. Perbanyak konsumsi protein seperti telur, daging atau susu untuk mempercepat proses pembentukan otot betis dan paha yang kamu inginkan, ya. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya